Sedekah Subuh Diberikan Kepada Siapa? Simak ini Penjelasannya

You are currently viewing Sedekah Subuh Diberikan Kepada Siapa? Simak ini Penjelasannya

Sedekah Subuh Diberikan Kepada Siapa – Sedekah merupakan salah satu amalan yang memiliki salah satu keutamaan istimewa yakni dapat mengetuk pintu langit agar doa terkabul. Adapun waktu yang paling utama untuk menunaikan sedekah ialah diwaktu subuh atau kita kenal dengan istilah sedekah subuh.

Sedekah subuh merupakan aktivitas atau kegiatan berbagi dengan cara mengeluarkan sebagian harta untuk kebaikan mereka yang membutuhkan yang waktunya dilaksanakan setelah sholat subuh sebelum matahari terbit.

Sedekah Subuh Diberikan Kepada Siapa

Pada dasarnya sedekah tidak harus terpaku pada waktu ataupun hari tertentu. Waktu-waktu yang dilakukan untuk bersedekah itu sama baiknya. Adapun waktu subuh merupakan waktu dimana malaikat turun ke bumi dan mendoakan hamba-Nya yang berinfak pada saat itu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya” ( HR. Bukhari & Muslim).

Berdasarkan sabda nabi diatas, kita dapat mengambil dua hikmah dari sedekah yang ditunaikan pada waktu berikut ini. Pertama, Mendapatkan doa dari malaikat. Dalam kutipan hadits diatas disebutkan bahwa para malaikat turun ke bumi di waktu subuh agar mendoakan orang yang berinfak di waktu itu. Adapun doa para malaikat ini merupakan doa yang insyaallah diijabah langsung oleh Allah.

Kedua, Melipat gandakan Harta. Dalam hadits diatas disebutkan bahwa malaikat mendoakan orang yang berinfak di waktu subuh dengan doa agar Allah melipat gandakan harta orang yang berinfak. Tentunya sedekah yang ikhlas akan menjadi pembuka pintu-pintu rezeki dari manapun arahnya.

Selanjutnya, sedekah subuh diberikan kepada siapa? Pada umumnya, sedekah subuh sama halnya sedekah yang ditunaikan pada waktu-waktu yang lain. Dan yang berhak menerima sedekahnya pun sama yakni bisa saudara, tetangga, fakir miskin ataupun bisa dilakukan dengan mengisi kotak amal di masjid yang akan digunakan untuk operasional masjid dan kegiatan pemberdayaan umat.

Namun, akan lebih baik jika sedekah yang ditunaikan pada waktu subuh tersebut diberikan kepada orang yang membutuhkan yakni fakir miskin. Sebab, sedekah yang diterimanya dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhannya di pagi  hari.

Cara Menunaikan Sedekah Subuh

Sedekah Subuh Diberikan Kepada Siapa

Sahabat, sedekah subuh adalah sedekah yang ditunaikan pada waktu subuh sebelum matahari terbit. Bersedekah melebihi waktu tersebut tentunya bukan sesuatu yang dilarang, akan tetapi jika ingin menjemput kebaikan dan keutamaan sedekah subuh maka sebaiknya sedekah subuh ditunaikan pada waktu yang tepat.

Berikut adalah cara menunaikan sedekah subuh yang bisa sahabat tunaikan mulai dari rumah sampai di mesjid.

1. Mengantar makanan

Mengantar makanan atau menu sarapan pagi adalah hal yang bisa sahabat lakukan untuk bersedekah di waktu subuuh. Sahabat bisa mengantar makanan ke tetangga, pondok pesantren, panti asuhan, lembaga sosial, kepada fakir miskin dan lain sebagainya.

2. Mentransfer atau memberikan sejumlah uang

Setelah menunaikan shalat subuh, sahabat bisa mentransfer atau memberikan sejumlah uang untuk disedekahkan. Baik itu kepada fakir miskin, lembaga sosial kemanusiaan, atau kerabat yang sedang membutuhkan.

3. Mengisi Kotak Amal di Mesjid

Setelah menunaikan shalat subuh berjamaah di mesjid, sebelum pulang ke rumah sahabat bisa mengisi kotak amal dengan uang yang sahabat bawa dari rumah. Adapun bagi kaum wanita yang tidak bisa menunaikan shalat berjamaah di mesjid, ia bisa menitipkan sedekahnya pada suami, adik atau anak yang pergi ke mesjid.

4. Memasukan uang sedekah pada kaleng sedekah pribadi

Bagi sahabat yang sudah memiliki program sedekah harian bisa memasukan sejumlah uang pada kaleng sedekah pribadinya dengan niat sedekah subuh.

Sahabat, dalam menunaikan sedekah subuh dengan cara yang manapun, mendiang Syeikh Ali Jaber menyarankan agar setiap satu kali sedekah subuh difokuskan pada satu hajat sahabat.  Semoga dengan menunaikan sedekah subuh dapat menjadi pembuka aktivitas yang baik sekaligus pembuka pintu-pintu rezeki dan kebaikan.

Siap menunaikan sedekah subuh? Yuk tunaikan dengan mengakses tautan berikut ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi

Share on Whatsapp

Leave a Reply