Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
Cara membayar zakat mal sesuai sunnah

Cara Membayar Zakat Mal Sesuai Sunnah Lengkap

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Pembayaran zakat mal diberikan kepada para mustahik zakat yang terdiri dari 8 asnaf yakni fakir, miskin, amil, mu’allaf, hamba sahaya, gharimin (orang yang memiliki hutang), fisabilillah dan ibnu sabil. Cara membayar zakat mal sendiri dapat dilakukan secara langsung kepada para mustahik ataupun melalui amil atau lembaga zakat.

Dari sisi historis, zakat mal diwajibkan terhadap umat Islam sejak tahun kedua Hijriyah kurang lebih satu bulan setelah diwajinkannya zakat fitrah. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i sebagai berikut:

“Rasulullah saw memerintahkan kepada kami untuk mengeluarkan shadaqatul fithr (zakat fitrah) sebelum perintah zakat (zakat harta).“ (HR Nasa’i).

Cara Membayar Zakat Mal Sesuai Sunnah

Pembayaran zakat mal dilakukan setahun sekali sesuai dengan batasan waktu kepemilikan harta (haul). Cara pembayaran yang dilakukan pada umumnya terdapat dua cara yakni memberikan zakat langsung kepada para mustahik atau memberikannya kepada amil atau lembaga zakat.

Pembayaran zakat yang disebut sesuai dengan sunnah Nabi ialah pembayaran zakat yang dilakukan kepada amil atau lembaga penerima dan pengelola zakat. Hal itu dikarenakan cara tersebut telah dilakukan oleh Nabi yang mana pada waktu itu beliau memerintahkan para sahabat untuk bertugas mengumpulkan zakat dari kaum Muslimin.

Pembayaran zakat melalui amil juga sesuai dengan firman Allah dalam QS At-Taubah yang menyerukan untuk berzakat untuk membersihkan diri dan harta. Adapun cara membayar zakat mal kepada amil zakat antara lain sebagai berikut.

1. Memastikan bahwa harta yang hendak dizakati telah mencapai haul dan nisab.

2. Hitung zakat sesuai dengan jenis harta yang akan dizakati, misalkan zakat penghasilan nisabnya 85 gram emas dan zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dari seluruh penghasilan selama satu tahun.

3. Tunaikan zakatmu kepada amil atau lembaga penghimpun zakat, jangan lupa untuk membaca niat zakat mal sebagai berikut.

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ مَالِى فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

“Nawaitu an ukhrija zakaatal maali fardhon lillahi ta’ala,”

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat hartaku, fardhu karena Allah Ta’ala.”

4. Setelah itu, serahkan zakatmu kepada amil yang kemudian akan disalurkan kepada yang berhak (para mustahik).

Bolehkah Bayar Zakat Mal Secara Online?

Kemajuan teknologi telah memberikan banyak kemudahan bagi umat manusia, salah satunya kemudahan untuk menunaikan zakat dan sedekah. Zakat yang lebih utama dilakukan melalui amil atau lembaga zakat kini dapat dilakukan melalui smartphone yang berada dalam genggaman semua.

Dari sisi hukum, zakat online sah dan boleh dilakukan selama memenuhi persyaratan zakat, mulai dari harta hingga cara membayarnya. Dalam hal ini, syarat membayar zakat terdiri dari niat dari pemberi zakat (muzaki).

Pembayaran zakat mal online dalam hal ini hanyalah sebuah cara dan metode saja, namun tidak mengurangi esensi dan nilai dari zakat tersebut. Karena, pada akhirnya zakat yang telah terkumpul akan disalurkan kepada orang yang berhak.

Kelebihan Membayar Zakat Online

1. Memudahkan orang yang berzakat (muzaki) untuk menunaikan kewajibannya kapan saja dan di mana saja.

2. Memudahkan amil atau lembaga zakat untuk membuat laporan secara transparan dan memiliki bukti transaksi pembayaran yang sah.

3. Lembaga pengelola zakat dapat dengan mudah dan cepat menyalurkan zakat kepada para mustahik.

4. Zakat akan disalurkan kepada penerima manfaat yang tepat melalui program yang sifatnya produktif.

Cara Membayar Zakat Mal Secara Online

Berikut adalah cara membayar zakat mal secara online:

1. Hitung berapa kewajiban zakat yang harus dikeluarkan

Hal pertama yang harus sahabat lakukan dalam membayar zakat mal secara online adalah menghitung harta kita secara kesuluruhan sesuai dengan jenis zakatnya. Setelah meyakini telah mencapai haul dan nisab, hitunglah berapa kewajiban zakat yang harus dikeluarkan.

2. Ucapkan niat zakat minimal dalam hati

Seperti dijelaskan di atas, niat zakat dari muzaki menjadi syarat sahnya zakat mal. Sahabat dapat mengucapkannya secara lisan atau cukup dalam hati.

3. Transfer dana zakat

Setelah niat zakat dibaca, bayar zakat mal sahabat dengan cara transfer ke rekening resmi lembaga pengelola zakat.

4. Konfirmasi zakat ke admin

Setelah mengirim zakat, sahabat dapat mengonfirmasi pembayaran zakat melalui admin lembaga yang dituju. Di Yayasan Rahmatan Lilalamin Jakarta Timur, pembayaran zakat dapat dikonfirmasi melalui nomor Whatsapp serta media pendukung lainnya.

Sahabat, itulah informasi mengenai cara membayar zakat mal sesuai dengan sunnah. Dalam hal ini kita dapat mengetahui bahwasannya pembayaran zakat yang lebih utama ialah dengan cara membayarnya melalui amil atau lembaga zakat. Selain itu, sahabat juga dapat membayar zakat secara online, yang mana transaksi tersebut sah dan boleh dalam pelaksanaan zakat.

Yuk ketahui cara melakukan transaksi pembayaran zakat melalui platform Indonesia Berbagi dalam artikel berikut ini: Bayar Zakat Mal Online Melalui Indonesia Berbagi