4 Manfaat Utama dari Sedekah

You are currently viewing 4 Manfaat Utama dari Sedekah
Sedekah merupakan salah satu tanda bersyukur kita atas segala rezeki yang diberikan Allah kepada kita.

IndonesiaBerbagi.id – Sedekah merupakan salah satu hal mulia yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Bersedekah tidak selalu berbentuk uang yang banyak, tapi apa saja bisa disedekahkan.

Jika punya makanan, maka bisa bersedekah dengan makanan. Jika memiliki pakaian yang sudah tidak digunakan, namun masih layak digunakan, maka itu juga termasuk bersedekah.

Apapun bisa disedekahkan asalkan memiliki niat yang baik dan tulus untuk bersedekah.

Sedekah yang kita lakukan bisa ditujukan untuk siapa saja. Kita juga bisa mendatangi tempat-tempat sosial, seperti: Panti asuhan atau yayasan anak yatim untuk menjadi tempat kita bersedekah.

Yatim dhuafa Yayasan Rahmatan Lil Alamin berdoa bersama


Misalkan, Anda bertempat tinggal di Jakarta. Anda bisa memberikan sedekah ke yayasan anak yatim di Jakarta yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Pasti anak-anak disana akan senang sekali dengan kehadiran Anda.

Sedekah menjadi salah satu ibadah yang memiliki banyak sekali manfaat serta keutamaan bagi yang melakukannya.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda bersedekah:

1. Harta yang Disedekahkan Tidak Akan Hilang dan Kekal di Sisi Allah

Anda tidak perlu takut kehilangan harta jika mau bersedekah. Sebab Allah akan mengganti apa yang Anda sedekahkan tersebut berkali-kali lipat banyaknya.

Jika Anda memutuskan untuk menyisihkan harta Anda untuk disedekahkan kepada yayasan anak yatim di Jakarta Timur, maka sekecil apapun yang Anda sedekahkan tersebut akan diganti Allah dengan pahala yang lebih besar.

Lagi-lagi, sedekah tidak harus berbentuk uang. Jadi, sudah tidak ada lagi penghalang untuk memulai bersedekah kepada yang membutuhkan.

Santunan dari PT Trigana Air Service


2. Hidup Menjadi Lebih Berkah

Sedekah merupakan salah satu tanda bersyukur kita atas segala rezeki yang diberikan Allah kepada kita selama hidup di dunia ini.
Dan jika Anda masuk ke dalam orang-orang terpilih yang dipilih Allah untuk mendapatkan rezeki lebih.

Maka tugas Anda adalah bagaimana menggunakan rezeki yang diberikan Allah tersebut dengan sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah dengan menyisihkan sebagian harta yang Anda miliki.

Anda bisa memberikan sedekah ataupun zakat ke tempat pembayaran zakat terdekat yang ada di lingkungan Anda.

Salah satu hal yang harus selalu kita ingat adalah, apa yang kita miliki saat ini hanya merupakan titipan yang bisa diambil kapan saja oleh Allah. Maka dari itu, selagi masih bisa berbagi, berbagilah kepada sesama.

3. Dilancarkan Rezeki nya

Bersedekah bisa membukakan pintu rezeki kepada siapa saja yang bersedekah. Hal itu pun juga sudah tertulis dalam ayat Al Quran serta dalam beberapa hadits.

Jadi, sudah tidak ada keraguan lagi bukan untuk bersedekah? Mulailah untuk bersedekah, sebab Anda tidak akan kehilangan apapun, melainkan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah. Dan Allah juga akan mengganti apa yang kamu sedekahkan itu dengan hal yang lebih baik.

4. Disediakan Pintu Surga Khusus

Allah telah menyiapkan beberapa pintu surga sesuai dengan amalan masing-masing. Sedekah merupakan salah satu amalan yang sudah disediakan pintu surga khusus oleh Allah. Kenapa? Sebab sedekah merupakan cara tepat untuk menghapus dosa-dosa kita.

Dengan kata lain, dengan bersedakah bisa menjauhkan kita dari siksa api neraka, serta akan dimasukkan kedalam surga khusus untuk orang-orang yang rajin bersedekah.

Demikian adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda bersedekah. Ada banyak keutamaan yang bisa Anda dapatkan, oleh sebab itu, mulailah untuk bersedekah. Anda bisa bersedekah dimana saja.

Share on Whatsapp

Leave a Reply