Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
Manfaat Wakaf Al-Quran

6 Manfaat Wakaf Al-Quran Bagi Wakif dan Penerima Manfaat

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Program wakaf Al-Quran menjadi bagian dari proses mengurangi angka buta aksara Al-Quran yang ada di Indonesia. Manfaat yang diharapkan dari program wakaf Al-Quran salah satunya adalah berkurangnya angka buta akasara Al-Quran dengan terpenuhinya kebutuhan akses Al-Quran.

Sahabat, perlu diketahui bahwasannya data dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Insitut Ilmu Al-Quran (IIQ)  menyebutkan bahwa sebanyak 72,25% masyarakat Muslim di Indonesia masih berada dalam kategori belum dapat membaca Al-Quran.

Hal itu menjadi tantangan bagi kita semua untuk berkontribusi sesuai dengan kemampuan dan cara masing-masing. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah memberikan kemudahan akses Al-Quran yang layak melalui program sumbangan Al-Quran atau wakaf Al-Quran.

Manfaat Wakaf Al-Quran

Berikut adalah beberapa manfaat wakaf Al-Quran baik bagi orang yang berwakaf maupun penerima manfaatnya.

1. Mempermudah umat Islam mengakses Al-Quran

Sebagian besar masyarakat yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdalam) memiliki kesulitan unutk mendapatkan akses Al-Quran yang layak sehingga mereka memanfaatkan Al-Quran seadanya. Wakaf Al-Quran menjadikan Al-Quran terdistribusikan secara merata, tak hanya di daerah perkotaan namun juga hingga daerah pedalaman.

2. Mewujudkan generasi Qurani

Berbagai program wakaf Al-Quran diharapkan menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan generasi Qurani yang mampu membaca Al-Quran dengan baik, menghafalkannya, serta memahami dan mampu mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari.

Generasi tersebut tak hanya hadir di daerah yang notabenenya serba mudah, namun juga hadir di daerah terpencil yang jauh dari hiruk pikuk majunya perkotaan.

3. Menebar semangat untuk belajar Al-Quran

Kemudahan dalam mengakses Al-Quran menjadikan semua masyarakat Muslim mampu dengan mudah mendapatkan Al-Quran sehingga menjadi penyemangat bagi semuanya untuk senantiasa belajar Al-Quran. Baik dari sisi bacaan, hafalan, maupun tafsir atau tadabur Al-Quran itu sendiri.

4. Mengurangi angka buta huruf Al-Quran

Salah satu manfaat dari kemudahan akses terhadap Al-Quran yang layak ialah memberantas angka buta huruf Al-Quran. Hal ini tentunya menjadi harapan semua kalangan, terlebih ketika melihat angka survei yang dilakukan oleh salah satu perguruan tinggi Islam yang mengatakan bahwa angka buta huruf Al-Quran masih sangat tinggi beberapa tahun lalu.

5. Merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah

Seluruh amalan yang diperintahkan bagi umat Islam, baik hukumnya wajib atau pun sunnah termasuk wakaf Al Quran adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini menjadi bentuk ketaatan dan rasa syukur atas segala karunia dan nikmat yang telah dilimpahkan-Nya.

Dengan keikhlasan memberikan Al Quran kepada pihak yang membutuhkan dan kemudian menjadikan banyak orang dengan mudah mendapatkan Al Quran serta membacanya setiap waktu, hal ini akan menjadi aliran kebermanfaatan yang terus mengalir.

6. Pahalanya kekal dan abadi

Membaca Al Quran adalah salah satu amalan yang nilai pahala kebaikannya berlipat ganda, dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa satu huruf yang dibaca dalam Al Quran akan dikalikan dengan sepuluh kebaikan.

Pahala membaca Al Quran tersebut insyaallah akan juga mengalir kepada orang yang telah mewakafkan sejumlah harta untuk menebarkan Al Quran kepada pihak yang membutuhkan. Pahala tersebut akan terus mengalir seiring berkelanjutannya kebermanfatan Al Quran tersebut.

Sahabat demikianlah beberapa manfaat wakaf Al-Quran yang dapat diketahui, semoga bermanfaat bagi semuanya. Wakaf Al-Quran merupakan salah satu jenis wakaf yang mudah dan ringan untuk ditunaikan, ketahui cara menunaikannya dalam artikel berikut ini: Cara Wakaf Al-Quran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *