Alhamdulillah Gajian Telah Tiba, Yuk Sempurnakan Kebahagiaanmu dengan Zakat Profesimu

You are currently viewing Alhamdulillah Gajian Telah Tiba, Yuk Sempurnakan Kebahagiaanmu dengan Zakat Profesimu

Menciptakaan Kebahagiaan dengan Zakat – Sahabat, sudahkah kamu merasakan bahagia hari ini? Bahagia adalah kondisi emosi pada seseorang yang dipenuhi rasa tenang, penuh syukur, dan kepuasan. Setiap orang pasti memiliki definisi bahagianya masing-masing, hanya saja karakteristik utamanya adalah kepuasaan terhadap hidup atau momen yang saat ini sedang dijalani.

Lantas bagaimana cara kita menciptakan bahagia dalam diri kita?

Menciptakan kebahagiaan tidak selamanya harus menunggu orang lain datang menghampiri. Bahagia juga tidak selamanya diciptakan dengan memenuhi segala kebutuhan dan bertafakur ke berbagai tempat agar hati merasa tenang dan penuh syukur.

Menciptakaan Kebahagiaan dengan Zakat
Menciptakan kebahagiaan dengan menunaikan zakat.

Kita bisa menciptakan kebahagiaan dengan kebiasaan yang penuh empati dan manfaat bagi sesama. Salah satu cara yang bisa kita lakukan ialah dengan menunaikan zakat dari apa yang kita peroleh, dalam hal ini zakat penghasilan.

Secara sederhana, zakat dapat diartikan sebagai pemberian dari seseorang yang mampu kepada orang yang kurang mampu atau membutuhkan. Dari saling memberi itulah kebahagiaan kita peroleh, percayalah dengan mengeluarkan 2,5 % dari harta perolehanmu akan mendatangkan kebahagiaan. Bahkan, hal tersebut bisa juga menjadi kunci kebahagiaan dalam diri kita.

Tak seorangpun di muka bumi ini yang tak menginginkan hidup dengan penuh kebahagiaan. Sebuah penelitian di Inggris mengemukakan bahwa orang-orang bahagia dalam kesejahteraan, cenderung hidup lebih lama dan lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang terus menerus jatuh ke dalam kesedihan.

Adapun cara untuk menghindarkan diri dari kesedihan ialah dengan menciptakan kebahagiaan itu sendiri. Tahukah sahabat bahwasannya zakat juga dapat membersihkan hati dari berbagai kotoran yang dapat menjadi penyakit jiwa. Dalam hal ini zakat memiliki manfaat untuk membersihkan segala sifat buruk dalam diri kita mulai dari tamak, serakah, sifat pelit dan sifat buruk lainnya.

Sahabat, Sahabat, bagi seorang muslim yang telah baligh, memiliki penghasilan tetap, dan jumlah penghasilannya telah memenuhi syarat nisab zakat, maka wajib hukumnya mengeluarkan zakat penghasilan atau zakat profesi.

Zakat penghasilan dibayarkan per bulan atau per tahun. Namun, alangkah baiknya jika zakat penghasilan dibayarkan per bulan setelah menerima gaji agar dapat meringankan penunai zakat.  Menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 17/08/BR/VII/2017 disebutkan bahwa yang wajib mengeluarkan zakat penghasilan adalah mereka yang berpenghasilan Rp 5.240.000 per bulan dan zakat yang dikeluarkan adalah senilai 2.5% dari total penghasilan selama satu bulan atau setahun.

Menciptakaan Kebahagiaan dengan Zakat
Raih kebahagiaanmu dengan menunaikan zakat.

Nah, bagi sahabat yang telah memenuhi syarat minimal diatas bisa menunaikan zakatnya sekarang juga. Adapun bagi sahabat yang gajinya belum sesuai dengan ketentuan diatas bisa mengeluarkan sebagian dari penghasilannya untuk donasi lain seperti halnya sedekah, infaq, ataupun wakaf.

Sahabat, setiap penghasilan yang kita peroleh didalamnya hak orang lain yang wajib dikeluarkan untuk meraih keberkahan dari apa yang kita peroleh. Selain mendapat keberkahan, mengeluarkan hak orang lain tersebut dapat memberikan efek kebahagiaan dalam diri kita.

Yuk sempurnakan kebahagiaanmun dengan menunaikan zakat profesi, insyaallah 2,5 % harta yang kamu keluarkan akan mendatangkan kebahagiaan dan keberkahan. Sahabat bisa menunaikan zakat profesinya melalui tautan di bawah ini.

https://indonesiaberbagi.id/donasi/donasi-zakat/

Share on Whatsapp

Leave a Reply