Amalan Pembuka Rezeki, Salah Satunya Shadaqah

You are currently viewing Amalan Pembuka Rezeki, Salah Satunya Shadaqah

Setiap orang telah ditetapkan jatah rezekinya dimuka bumi ini. Namun Sebagai konsekuensi hidup, manusia harus tetap bekerja untuk dalam upaya menjemput rezeki guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi ada kalanya rezeki tersebut sangat sempit dan sukar untuk didapatkan. Dalam hal ini ada beberapa amalan pembuka rezeki yang dapat dikerjakan oleh seseorang.

Tentunya rezeki yang dimaksud adalah rezeki yang halal, baik dari dari dzatnya maupun cara mendapatkannya. Berikut adalah amalan pembuka rezeki yang bisa dijadikan sebagai amalan sehari-hari.

Perbuatan Baik

Berbuat baik menjadi amalan yang dapat menjadi pembuka rezeki seseorang. Berbuat baik disini ialah melakukan berbagai amal shaleh yang bermanfaat dan di ridhoi Allah. Adapun amalan tersebut diantaranya menolong orang lain, membuang sampah pada tempatnya, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi jalan dan lain sebagainya.

Sedekah

Dalam berbagai sumber disebutkan bahwa sedekah merupakan salah satu amalan pembuka pintu-pintu rezeki seorang hamba. Selain itu bersedekah juga dapat melipatgandakan harta yang dimiliki oleh seorang hamba, sebab Allah akan mengganti berkali lipat harta seorang hamba yang dikeluarkan untuk berinfaq dan bersedekah di jalan Allah. Yuk lapangkan pintu rezekimu dengan menunaikan sedekah.

Silaturahmi

Silaturahmi juga dapat menjadi pembuka rezeki , bahkan silaturahmi menjadi amalan yang bisa melipatgandakan rezeki seorang hamba. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa selain melapangkan rezeki, silaturahmi juga dapat memanjangkan umur seseorang. Hal tersebut terdapat dalam sabda nabi sebagai berikut.

“Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (HR. Muttafakun ‘alaih dari Anas bin Malik r.a).

Dalam memahami makna dipanjangkan umur dalam hadits tersebut, ada dua pendapat ulama yang sebagai berikut. Pertama, maksud dari dipanjangkan umur dalam hadits tersebut ialah dipanjangkan dipanjangkan umur dalam bentuk ril. Kedua, maksud dari dipanjangkan umur disini ialah umurnya berkah. Dimana keberkahan itu ditandai dengan banyak orang yang mengingat dan mendoakannya meskipun orang tersebut telah tiada.

Taubat

Taubat merupakan sarana untuk memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah diperbuat oleh hambanya. Selain itu taubat juga dapat menjadi amalan pembuka rezeki, hal itu dikarenakan dengan bertaubat dosa-dosa yang menghalangi seorang hamba untuk mendapatkan rezeki terhapuskan.

Selain dua keutamaan diatas, taubat juga menjadi amalan yang dapat mendekatkan seseorang kepada Allah, sehingga dengan kedekatan tersebut dapat menjadi pembuka rezeki bagi seorang hamba.

Bersyukur

Bersyukur adalah pintu kebahagiaan dan kesuksesan seorang muslim, sebab dengan bersyukur hati akan mendapatkan ketenangan dan kelapangan.

Selain itu, bersyukur juga menjadi salah satu amalan hati yang dapat menjadi pembuka rezeki seseorang. Sebab dengan bersyukur rezeki seseorang akan dilipatgandakan oleh Allah. Hal itu sesuai dengan janji Allah bagi orang yang bersyukur yakni akan menambahkan nikmat-Nya.

Semoga kita semua  bisa mengamalkan kelima perkara diatas, sehingga pintu-pintu rezeki kita Allah bukakan dan lapangkan seluas-luasnya. Adapun substansi dari amalan-amalan diatas ialah mendapatkan ridha Allah swt, dengan demikian, dalam melakukan amalan-amalan diatas kita semua harus meniatkan amalan-amalan tersebut ikhlas karena Allah swt.

Semoga dengan mengamalkan amalan-amalan diatas menjadi amalan pelapang rezeki kita, dan semoga juga dengan mengamalkannya Allah swt. memberikan banyak kemudahan dalam setiap langkah aktivitas kita semua. Aamiin.

Yuk bukan pintu-pintu rezeki dan kebahagiaan dengan menunaikan sedekah, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin membuka kesempatan bagi sahabat semua untuk menunaikan sedekah terbaik semuanya. Semoga sahabat semua diberi kemudahan dan kesehatan oleh Allah swt, sehingga bisa menunaikan sedekah terbaiknya. Aamiin.

Yuk segera tunaikan sedekah terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin dengan cara meng-klik link donasi ini.

Share on Whatsapp

Leave a Reply