Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
celengan sedekah subuh

Manfaat Memiliki Celengan Sedekah Subuh Beserta Tata Caranya

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Sedekah subuh dapat diberikan secara langsung kepada penerima manfaat ataupun dikumpulkan terlebih dahulu dalam celengan sedekah sehingga jumlahnya semakin besar dan diberikan kepada yang berhak.

Membuat celengan sedekah subuh jadi salah satu cara untuk mengumpulkan sedekah secara pribadi. Caranya dengan membuat dari kardus atau kaleng yang tersedia, jika memungkinkan sahabat dapat membeli celengan sedekah subuh secara langsung.

Manfaat Memiliki Celengan Sedekah Subuh

Memiliki celengan sedekah subuh bermanfaat bagi diri kita untuk belajar istiqamah dalam menunaikan salah satu amalan terbaik di waktu pagi tersebut. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya antara lain:

1. Menghargai sesuatu yang kecil

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat sesuatu yang kecil seperti uang receh kembalian yang dianggap tidak memiliki harga sama sekali. Dengan memiliki celengan sedekah subuh, sahabat dapat memasukan uang sisa ke celengan tersebut dengan niat sedekah sehingga sesuatu yang kecil tersebut dapat menjadi nilai manfaat.

2. Menjadi media untuk belajar disiplin

Istiqamah dalam kebaikan berawal dari sikap disiplin dalam hal-hal yang sifatnya kecil. Begitupun dengan sedekah subuh, untuk istiqamah menunaikannya langkah pertama adalah belajar disiplin menunaikannya melalui celengan sedekah subuh pribadi meskipun dengan jumlah yang kecil.

Dalam hal ini, memiliki celengan sedekah pribadi dapat menjadi salah satu pemicu bagi diri kita untuk disiplin dalam mengisinya. Dengan kedisiplinan tersebut, tidak menutup kemungkinan akan menjadikan kita memiliki manfaat yang besar bagi sesama.

3. Memudahkan dalam bersedekah

Memiliki celengan sedekah subuh sendiri menjadikan sahabat lebih mudah dalam menunaikan sedekah subuh tiap harinya. Tanpa memandang dan berpikir jumlahnya berapa, sahabat dapat memasukan sejumlah uang ke celangan dengan niat sedekah. Setelah terkumpul dalam beberapa hari, sahabat dapat memberikan jumlah uang tersebut kepada orang yang membutuhkan  ataupun ke lembaga sosial terdekat.

4. Menjadi pengingat untuk bersedekah

Terkadang kita membutuhkan pengingat untuk melakukan sebuah amalan termasuk sedekah subuh. Celengan sedekah subuh yang disimpan di lokasi yang sering kita lihat dapat menjadi pengingat bagi kita untuk bersedekah setiap hari.

5. Dapat menunaikan sedekah bersamaan dengan keluarga

Berikutnya, dengan memiliki celengan sedekah subuh, sahabat dapat mengajak seluruh anggota keluarga lain untuk bersama-sama mengisi celengan tersebut. Hal ini menjadi sarana untuk membuat gerakan dan kebermanfaatan kebaikan bersama satu keluarga.

Cara Sedekah Subuh Melalui Celengan Sedekah Subuh

1. Menyiapkan celengan sedekah subuh dengan baik dan rapat, usahakan untuk membuatnya dari barang yang ada misalkan kardus ataupun kaleng yang ada.

2. Usahakan agar menahan diri untuk tidak membukanya sampai waktu yang telah ditentukan, misalkan dibuka selama satu minggu sekali.

3. Mulai untuk mengisi celengan tersebut dengan sejumlah uang yang ada, sahabat dapat mulai menyisihkan uang harian untuk mengisinya.

4. Jika memungkinkan, ajak anggota keluarga lain untuk mengisi bersama celengan tersebut. Hal ini dapat menjadi penyemangat tersendiri agar senantiasa istiqamah dalam mengisinya.

5. Tentukan waktu untuk membuka celengan tersebut, misalkan satu bulan atau satu minggu sekali.

6. Setelah terkumpul, sahabat dapat menghitung jumlah dana yang terkumpul dan bersiap untuk menebarkannya kepada penerima manfaat.

Sedekah Subuh di Celengan Diberikan Ke Mana?

Sahabat dapat memberikan sedekah subuh yang terkumpul kepada orang yang membutuhkan ataupun lembaga yang menerima dan menyalurkan sedekah. Jika memungkinkan sahabat dapat melakukan opsi yang pertama yakni memberikannya secara langsung kepada penerima manfaat. Adapun jika tidak sempat memberikannya secara langsung dapat memberikannya kepada lembaga terpercaya untuk diberikan kepada para penerima manfaat yang lebih luas.

Platform Indonesia Berbagi dapat menjadi salah satu tempat untuk menyalurkan sedekah subuh sahabat kepada para penerima manfaat. Kami akan menyalurkan sedekah sahabat kepada orang yang membutuhkan baik dalam bentuk makanan/sarapan, sembako, ataupun bentuk lainnya. Sahabat dapat menyalurkan sedekahnya secara langsung ke kantor layanan kami ataupun secara online melalui link ini: Sedekah Subuh Online Indonesia Berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *