Meredam Wabah dengan Banyak Sedekah

You are currently viewing Meredam Wabah dengan Banyak Sedekah

Meredam Wabah dengan SedekahSedekah merupakan amaliah yang sudah selayaknya dilakukan oleh setiap Muslim. Selain untuk menjalankan syariat Islam, bersedekah juga memiliki manfaat bagi yang menunaikannya. Bahkan manfaat tersebut dapat dirasakan saat di dunia.

Diantara manfaat yang dapat dirasakan saat bersedekah ialah mengokohkan iman, memanjangkan umur, mencegah bala atau musibah yang datang pada kita. Lebih dari itu sedekah juga dapat meredam kemurkaan Allah.

Meredam Wabah dengan Sedekah

Sahabat, saat ini negara kita dan berbagai negara lainnya di dunia sedang diuji dengan mengganasnya wabah Covid-19. Tentunya kita semua merasa was-was dengan banyaknya berita dari mulai penambahan kasus sampai berita meninggalnya saudara-saudara kita.

Menyikapi wabah yang saat ini sedang mengganas, kita harus memperketat protokol kesehatan kita dan menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat.

Selanjutnya, dalam menolak dan mengatasi wabah ini kita juga dianjurkan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah. Memperbanyak waktu untuk dzikir, tilawah sampai menunaikan sedekah. Sebab, segala bencana yang terjadi di bumi ini bisa jadi hal itu kemurkaan Allah pada kita karena kelalaian dan dosa-dosa kita.

Dalam hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik RA, disebutkan bahwa sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat meredam murka Allah.

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya sedekah benar-benar memadamkan kemurkaan Rabb dan mencegah kematian su’ul khatimah (HR. at-Tirmidzi)

Selanjutnya, dalam Kitab Badzl al Ma’un disebutkan Saat terjadi bencana gempa bumi, khalifah Umar bin Abdul Aziz memerintahkan rakyatnya untuk berkumpul dan melaksanakan shalat serta jika mereka memiliki sesuatu yang bisa disedekah untuk menyedekahkannya serta berdoa seperti doa Nabi Adam AS.

Sedekah tidak selamanya dilakukan oleh orang kaya dan tidak juga diperkenankan menunggu kaya terlebih dahulu lalu kemudian sedekah. Sedekah bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun, baik dia kaya ataupun miskin.

Ditengah kondisi banyaknya orang yang kena PHK dan usahanya gulung tikar seperti saat ini. Bagi yang memiliki rezeki dan harta berlebih, ia bisa bersedekah dengan apa yang dimilikinya untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Baik dengan cara membeli dagangan tetangga ataupun memberikan dana bantuan kepada orang yang membutuhkan, secara langsung ataupun melalui lembaga sosial.

Baca Juga : Mencetak Generasi Unggul dan Berprestasi

Adapun bagi yang tidak memiliki harta berlebih, maka kesempatan untuk bersedekah tetap terbuka untuknya. Tenaga dan ilmu yang dimiliki bisa kita berikan dalam bentuk sedekah untuk membantu orang lain.

Mudah-mudahan kita semua dimudahkan untuk menyedekahkan harta yang kita miliki. Semoga dengan sedekah yang ditunaikan dapat mencegah dan meredam wabah yang saat ini masih melanda ini.  Semoga juga dengan sedekah yang ditunaikan saudara yang membutuhkan bantuan dapat teringankan dan tercukup kebutuhannya. Aamiin

Siap Sedekah? Klik tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi

Share on Whatsapp

Leave a Reply