Istiqamah Sedekah Walau Jumlahnya Sedikit

You are currently viewing Istiqamah Sedekah Walau Jumlahnya Sedikit

Istiqamah Sedekah Walau Jumlahnya Sedikit – Sahabat, tahukah kamu ada salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah meskipun jumlahnya sedikit?

Setiap muslim di dunia ini memiliki tugas yang sama dalam hidupnya, yakni beribadah kepada Allah. Adapun ibadah tersebut diwujudkan dalam bentuk amal shaleh yang diridhai-Nya serta memiliki manfaat baik bagi diri sendiri ataupun orang disekitarnya.

Adapun salah satu kunci diterimanya amal ibadah ialah niat yang tulus dan ikhlas semata-mata hanya mengharap ridho-Nya, baik itu dalam jumlah yang sedikit ataupun banyak.

Istiqamah Sedekah Walau Jumlahnya Sedikit
Foto kegiatan Santunan anak yatim di Pondok Bambu.

Dalam hal ini, ada amalan yang sangat dicintai oleh Allah meskipun jumlahnya sedikit. Amalan tersebut ialah amal yang dilakukan secara rutin dan istiqamah oleh seorang muslim.

Rasulullah SAW bersabda :

“Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang berkelanjutan walaupun itu sedikit.” (H.R Muslim).

Sahabat, petikan hadits diatas juga bisa kita terapkan dalam menunaikan sedekah. Artinya, jangan pernah merasa malu ketika sedekahnya berjumlah sedikit. Sebaliknya, kita harus istiqamah walau jumlahnya sedikit.

Terkadang kita merasa malu dengan sedekah yang kita keluarkan karena nominalnya tak sebanyak orang lain.  Namun, perlu kita ingat bahwasannya sedekah yang berasal dari harta tak meski bernominal besar. Semuanya tergantung pada keikhlasan kita dalam menunaikannya.

Terkadang juga sedekah dalam jumlahnya sedikit menjadikan kita ragu dan pada ujungnya menjadikan kita menunda sedekah tersebut. Dalam hal ini kita harus meyakini bahwa Allah akan mencatat amal ataupun sedekah yang kita tunaikan sesedikit apapun itu.

Sahabat, mari kita istiqamah dalam sedekah walau jumlahnya sedikit. Semoga dengan sedekah yang sedikit tersebut menjadi pembuka pintu-pintu kebaikan dan rezeki bagi kita sehingga kelak harta yang kita miliki bertambah dan pada akhirnya sedekah kita juga akan bertambah nominalnya.

Baca Juga : Akhiri Tahun Ini dengan Menunaikan Kebaikan

Mari kita istiqamah dalam sedekah meski jumlahnya sedikit, jangan sampai rasa malu menjadi penghambat bagi kita dalam menunaikan sedekah dan jangan sampai karena malu dengan jumlahnya sedikit kita malah enggan untuk bersedekah.

Semoga Allah meridhoi kita semuanya dan memberikan kesempatan untuk istiqamah dalam menunaikan kebaikan salah satunya istiqamah dalam sedekah.

Share on Whatsapp

Leave a Reply