Jumat Berkah, Yuk Perbanyak Shalawat dan Sedekah

You are currently viewing Jumat Berkah, Yuk Perbanyak Shalawat dan Sedekah

Jumat Berkah – Sahabat, Alhamdulillah kita semua diberikan umur panjang sehingga bisa menghirup napas dan mengerjakan berbagai amal baik di hari Jumat yang berkah ini. Hari Jumat merupakan puncaknya hari dan memiliki kedudukan yang istimewa lagi tinggi. Hari Jumat juga menjadi hari terbaik bagi mukmin untuk meningkatkan intensitas amal dan mengucapkan banyak doa.

Mengisi hari Jumat dengan amal baik tentunya menjadi sebuah keharusan agar kita senantiasa mendapatkan ridha dan pahala kebaikan dari-Nya. Melaksanakan amal baik tak selamanya harus di hari Jumat, pada hari-hari yang lain juga kita diharuskan untuk mengisi setiap waktu kita dengan kebaikan. Adapun di hari Jumat, ada beberapa keutamaan sehingga kita dianjurkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas amal kita pada hari tersebut dengan maksimal.

Jumat Berkah
Shalawat dan doa bersama malam Jumat Asrama Pusat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin.

Diantara banyaknya amalan yang dianjurkan pada hari Jumat dua diantaranya adalah shalawat dan sedekah. Shalawat merupakan amalan sunnah yang baik dilakukan pada hari Jumat. Rasulullah menyebutkan bahwa hari Jumat adalah hari yang paling utama dan beliau menyerukan pada umatnya untuk memperbanyak Shalawat pada hari Jumat.  

Dari Aus ibnu Aus ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat, maka perbanyaklah bershalawat kepadaku hari itu. Karena sesungguhnya shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

Aus berkata, ”Kemudian para shahabat bertanya, ”Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami akan disampaikan kepada Anda, sedangkan jasad Anda telah hancur? Beliau menjawab, ”Sesungguhnya Allah mengharamkan jasad para nabi bagi tanah.” (HR. Abu Daud)

Jumat Berkah
Shalawat dan doa bersama malam Jumat Asrama Cibubur Yayasan Rahmatan Lil-Alamin.

Shalawat memiliki banyak keutamaan bagi seoang muslim diantaranya, bentuk ketaatan kepada Allah SWT, menjadi sebab diijabahnya doa, mendapat ampunan, mengangkat derajat seorang muslim, dan dekat serta mendapat syafaay Nabi di hari akhir kelak.

Selanjutnya, sedekah juga merupakan amal yang paling dianjurkan untuk diperbanyak dan disempurnakan di hari Jumat. Sebagai amalan yang utama dan senantiasa dicontohkan oleh Rasulullah, sedekah pada hari Jumat memiliki keutamaan yang lebih besar jika dibandingkan pada hari-hari biasa. Keutamaan sedekah di hari Jumat antara lain: lebih besar pahalanya, seperti sedekah di bulan Ramadhan, serta mendapatkan doa dari para Malaikat.

Hari Jumat merupakan puncaknya hari bagi umat islam untuk menunaikan ibadah terbaik seperti halnya shalawat dan sedekah. Jangan sampai kesempatan terbaik ini pergi dan berlalu begitu saja tanpa kita gunakan dengan baik.

Jumat Berkah
Sedekah Makan Siang Jumat Berkah.

Sahabat, yuk isi hari Jumat yang berkah ini dengan melantunkan shalawat kepada Nabi serta menunaikan sedekah terbaik untuk kebermanfaatan yang luas. Semoga banyak pahala kebaikan yang kita raih di hari Jumat yang berkah ini. Aamiin

Bagi sahabat yang berniat untuk meraih berkah hari jumat dengan sedekah, sahabat bisa mengakses tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi/

Share on Whatsapp

Leave a Reply