Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
Hikmah Bayar Zakat FItrah

6 Hikmah Membayar Zakat Fitrah yang Harus Diketahui

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Membayar zakat fitrah di bulan Ramadan sama pentingnya dengan ibadah shalat dan puasa, artinya zakat ini wajib ditunaikan oleh setiap Muslim yang memenuhi syarat.

Zakat ini juga disebut sebagai salah satu amalan wajib yang akan menyempurnakan ibadah puasa Ramadan yang dilaksanakan oleh setiap orang Muslim selama satu bulan penuh. Agar lebih semangat, mari ketahui enam hikmah zakat fitrah secara lengkap dalam artikel ini.

Hikmah Membayar Zakat Fitrah

Hikmah Bayar Zakat FItrah

Berikut adalah enam hikmah membayar zakat fitrah yang dapat kamu jadikan sebagai motivasi untuk menunaikannya tepat waktu.

1. Mensucikan jiwa

Salah satu hikmah zakat fitrah adalah mensucikan jiwa, hal ini sebagaimana penjelasan yang telah Allah sebutkan dalam firman-Nya QS At-Taubah ayat 103 sebagai berikut.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnnya do’a kamu itu ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Zakat fitrah yang ditunaikan dengan ikhlas oleh umat islam dapat membawa umat muslim kepada kepada fitrahnya yaitu jiwa yang bersih dan senantiasa tulus dalam beribadah kepada Allah.

2. Memperoleh Keberkahan Harta

Pada harta yang kita miliki terdapat hak orang lain yang harus kita keluarkan salah satunya dengan menunaikan zakat. Saat kita mampu mengeluarkan hak orang lain tersebut, maka insyaallah akan menjadikan harta yang kita miliki kian berkah.

Selain itu, pada saat proses memperoleh harta juga barang kali ada cara-cara yang kurang berkenan, yang mana dengan cara tersebut menjadi pengganjal hati orang lain. Untuk itu, salah satu peran zakat ialah menjadi penawar dari proses yang kurang baik dalam memperoleh harta atau kekayaan.

3. Sarana Menjalin Kepedulian dan Silaturahim

Islam mengajarkan umatnya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan salah satunya melalui anjuran zakat fitrah di bulan Ramadhan. Zakat fitrah sendiri merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh oleh seorang muslim untuk membantu orang lain dalam menyambung kehidupan.

Selain bentuk kepedulian terhadap sesama, menunaikan zakat fitrah dapat menjadi salah satu sarana terjalinnya silaturahim antara mustahik dan muzaki. Silaturahim dalam hal ini merupakan salah satu penguat ikatan persaudaraan antar sesama dalam hal ini antara mustahik dan  muzaki.

4. Sebagai Bentuk Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Selanjutnya, menunaikan zakat juga dapat menjadi salah satu sarana untuk melatih diri agar lebih bersyukur dengan cara mengeluarkan harta kepada orang lain yang berhak dan membutuhkan. Tentunya kita menyadari bahwa pada setiap harta yang kita peroleh terdapat peran Allah dan peran orang lain sehingga harta tersebut dapat kita peroleh.

Sebagai bentuk rasa syukur, menunaikan zakat tentunya akan menjadikan harta yang dimiliki lebih berkah dan bertambah kebaikan serta manfaatnya. Dengan menunaikan zakat, sifat serakah dan kikir secara perlahan akan terurai dalam diri kita.

5. Berbagi Kebahagiaan Sesama Umat Muslim

Salah satu tujuan dari adanya anjuran zakat fitrah ialah agar tidak ada satu orang pun yang merasa kelaparan saat merayakan hari raya Idul Fitri, yang mana pada hari tersebut kebanyakan orang menggelar makan bersama atau saling bersilaturahim kepada sanak saudara.

Zakat fitrah disini berfungsi untuk membantu orang-orang yang tidak mampu untuk melaksanakan perayaan hari raya seperti orang lain pada umumnya. Sehingga, hari kemenangan dapat dirasakan dengan penuh kebahagiaan oleh para mustahik tanpa merasa kekurangan makanan pada hari raya.

6. Membersihkan Diri dari Perbuatan yang Sia-sia

Saat menjalankan ibadah puasa, seberapa banyakkah perbuatan sia-sia yang telah kita perbuat? Mulai dari marah dan kesal akan sesuatu hingga memaki-maki.

Zakat fitrah merupakan salah satu amalan yang dapat membersihkan diri seorang muslim dari perbuatan yang sia-sia. Rasulullah SAW bersabda: “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah itu sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan perkataan kotor dan sebagai makanan bagi orang miskin. Karena itu, barang siapa mengeluarkan sesudah salat maka dia itu adalah shadaqoh biasa.”

Bayar Zakat Fitrah Segera

Hikmah Bayar Zakat FItrah

Zakat fitrah dapat ditunaikan dari awal Ramadhan hingga menjelang waktu shalat Ied, dalam hal ini harus segera kamu tunaikan sehingga tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan. Bayar zakat fitrahmu segera di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur lembaga penghimpun dan penyalur zakat resmi dan terpercaya. Tunaikan zakatmu segera di bawah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *