6 Manfaat Berbagi Terhadap Sesama

You are currently viewing 6 Manfaat Berbagi Terhadap Sesama

Berbagi merupakan bentuk aksi nyata dari gotong royong, berikut adalah beberapa manfaat berbagi terhadap sesama yang akan didapat oleh orang yang melakukannya.


Indonesiaberbagi.id – Manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Salah satu nilai yang harus dimiliki seorang manusia dalam kehidupan sosialnya ialah saling berbagi terhadap sesama dan saling menolong antara satu dengan yang lainnya.

Berbagi terhadap sesama merupakan sebuah cara yang ditempuh untuk menebar manfaat yang lebih luas. Seperti disebutkan dalam sebuah hadits Nabi bahwasannya orang yang gemar menebar manfaat merupakan manusia terbaik.

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (H.R. Bukhari).

Dalam berbagi terhadap sesama, diperlukan adanya keikhlasan dan juga rasa tanggung jawab untuk bisa menjalankan aktivitas tersebut dengan baik sehingga mampu menghasilkan nilai manfaat.

Dalam islam, berbagi terhadap sesama merupakan amalan luar biasa yang dapat mendatangkan banyak pahala bagi siapa saja pelakunya. Tentu kuncinya ia harus ikhlas melakukannya semata-mata mengharap keridhoan Allah Ta’ala.

Manfaat Berbagi Terhadap Sesama

Manfaat Berbagi Terhadap Sesama

Islam menganjurkan umatnya untuk saling menolong terhadap sesama, hal itu sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al Maidah ayat 2 sebagai berikut:

“dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya”.

Berikut adalah beberapa manfaat berbagi terhadap sesama dalam Islam.

1. Menambahkan Perasaan Bahagia

Aktivitas berbagi atau melakukan sebuah pemberian yang didasari dengan ketulusan dan keikhlasan akan membawa banyak kebaikan, entah itu untuk pemberinya mapun para penerima manfaatnya. Salah satu kebaikan yang dapat dirasakan saat berbagi ialah bertambahnya kebahagiaan.

Perasaan bahagia yang timbul saat aktibitas berbagi di samping dirasakan oleh para penerima manfaatnya namun juga turut dirasakan oleh pelakunya.

Di lain sisi, saat kita secara konsisten melakukan aktivitas berbagi, dengan catatan ikhlas dan tanpa ada tujuan lain sedikitpun. Hal tersebut akan menjadikan kita lebih dihargai oleh orang lain, hal ini tentu menjadikan seorang penunai kebaikan lebih bahagia lagi meskipun tujuan dari berbagi yang dilakukannya bukan untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain.

Baca Juga: Sahabat Nabi yang Kaya Raya dan Dermawan

2. Menumbuhkan Rasa Syukur

Menyisihkan sebagian harta yang dimiliki dengan berbagi terhadap sesama merupakan aktivitas yang dapat menumbuhkan rasa syukur. Tentunya saat memberi, kamu tidak harus selalu dalam jumlah yang besar. Artinya kamu tidak perlu menunggu kaya terlebih dahulu dan kemudian berbagi dengan orang lain.

3. Mengurangi Rasa Stres

Berbagi terhadap sesama ternyata dapat menjadi salah satu aktivitas yang dapat mengurangis rasa stres pelakunya. Sepintas hal ini terlihat tidak masuk akal, namun mengingat ada sesuatu proses yang terjadi pada hormone kita saat berbagi, hal ini menjadi mungkin terjadi dan masuk akal.

Saat kamu berbagi terhadap sesama, hormone dopamine di dalam otak akan meningkat, dan disaat yang bersamaan produksi hormone oxytocin akan ditekan sehingga stres yang kamu alami dapat dihindari.

4. Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial

Sebagai manusia yang notabenenya adalah makhluk sosial, saling keterkaitan dengan orang lain merupakan sesuatu yang tak dapat kita hindari. Artinya, sebagai makhluk sosial, seorang manusia tidak bisa hidup tanpa adanya peran dan dukungan dari orang lain.

Salah satu hal yang perlu dimiliki dalam kehidupan sosial ialah rasa kepedulian terhadap sesama. Adapun untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial adalah dengan cara berbagi terhadap sesama terlebih kepada orang yang membutuhkan.

Tidak harus dengan jumlah yang besar, sebab berbagi dengan hal yang sederhana pun terkadang dapat memberi manfaat yang jauh lebih besar.

5. Menumbuhkan Rasa Persaudaraan

Berbagi terhadap sesama menjadi salah satu aktivitas yang dapat mengikat dan mempererat persaudaraan dengan sesama. Saat kamu berbagi terhadap sesam, seringnya para penerima manfaat akan mengingat hal tersebut dengan baik, meskipun kamu sebagai pemberi telah melupakannya.

Hal ini yang kemudian dapat membuat rasa persaudaraan menjadi lebih era tantara orang yang memberi dan menerima, meskipun pada awalnya tidak begitu akrab.

Rasa persaudaran seperti itu kemudian akan membuat hubungan menjadi lebih hangat. Bahkan, bisa jadi kelak kebaikan yang kita berikan tersebut akan dibalas kembali oleh penerimanya. Meski tidak dalam bentuk yang sama, hal ini jelas akan bermanfaat bagi bagi kita di masa yang akan datang.

6. Menularkan Kebaikan Kepada Orang Lain

Kebiasaan berbagi terhadap kebiasaan positif yang dapat ditularkan kepada orang lain. Saat kamu berhasil menularkan kebiasaan positif yang satu ini, maka kamu akan semakin senang dan semangat lagi dalam berbagi terhadap sesama.

Baca Juga: Empat Waktu Terbaik untuk Sedekah

Sudah Siapkah Berbagi Terhadap Sesama?

Sebagai aktivitas yang positif, berbagi terhadap sesama memiliki nilai manfaat bagi siapa saja, baik pelakunya maupun penerima manfaatnya. Sepintas, berbagi dapat kita lihat sebagai aktivitas yang mengharuskan pelakunya mengeluarkan harta, dan jelas akan mengurangi harta orang tersebut.

Namun tidak demikian, aktivitas berbagi terhadap sesama tidak sama sekali mengurangi harta yang dimiliki oleh seseorang. Melainkan harta yang dibagikanlah yang sesungguhnya akan menjadi miliki pemberinya dan kelak akan penyelamat di hari perhitungan kelak.

Share on Whatsapp

Leave a Reply