5 Sahabat Nabi yang Kaya Raya dan Dermawan, Siapa Saja?

You are currently viewing 5 Sahabat Nabi yang Kaya Raya dan Dermawan, Siapa Saja?

Rasulullah SAW semasa hidupnya dikelilingi oleh para sahabat yang setia. Selain setia, ada beberapa juga sahabat Nabi yang kaya raya dan terkenal dermawan.


Indonesiaberbagi.id – Rasulullah SAW merupakan sosok yang hangat dan dikenal sebagai seseorang yang memiliki banyak sahabat dari berbagai golongan, termasuk orang kaya raya.

Seluruh sahabat Rasulullah juga dikenal sebagai sahabat yang setia dalam membersamainya dalam perjalanan dakwah Islam. Mereka bahkan rela mengorbankan apapun yang dimiliki, baik itu harta, benda, atau bahkan nyawa sekalipun guna menunjang pergerakan dakwah Rasulullah.

Diantara mereka, ada para sahabat yang dikenal sebagai sosok yang kaya raya dan juga dermawan. Mereka rela mengeluarkan setengah bahkan seluruh hartanya untuk diinfakan di jalan Allah.

Sahabat Nabi yang Kaya Raya dan Dermawan

Sahabat Nabi yang Kaya Raya dan Dermawan

Para sahabat nabi merupakan para sahabat yang setia, mereka rela mengorbankan apapun demi menopang perjuangan islam. Baik dari segi harta ataupun jiwa mereka akan rela mengorbankannya.

Bagi para sahabat Rasulullah yang kaya raya, harta mereka artikan sebagai titipan yang harus digunakan untuk kepentingan dakwah Islam. Berikut adalah lima sahabat Nabi yang kaya raya dan dermawan.

1. Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf merupakan sahabat Nabi yang dikenal memiliki keahlian dalam berbisnis. Ia  dikenal oleh para sahabat sebagai orang kaya raya dan dermawan.

Ia merupakan sahabat Nabi yang termasuk golongan as-sabiqunal awwalun atau orang-orang yang pertama kali memeluk Islam yakni ke delapan. Usianya 10 tahun lebih muda dari Rasulullah SAW.

Saat meninggal dunia, total kekayaan Abdurrahman bin Auf berjumlah 3.200.000 Dinar dengan aset lainnya yang terdiri dari 100 ekor unta, 100 ekor kuda, 3.000 ekor kambing.

2. Az-Zubair bin ‘Awwam

Selanjutnya, sahabat nabi yang kaya raya dan dermawan ialah Az-Zubair bin ‘Awwam, ia merupakan golongan as-sabiqunal awwalun dan juga keponakan/sepupu dari Nabi SAW.

Sahabat Rasulullah SAW ini juga dikenal keberaniaannya sebagai orang pertama yang menghunus pedang di jalan Allah saat Islam masih merintis di kota mekah.

Zubair bin ‘Awwam juga dikenal sebagai sahabat yang sangat lihai dalam bertempur sembari menunggangi kuda. Kebanyakan harta kekayaannya terdiri dari tanah dan rumah antara lain padang belantara, 11 rumah besar di Madinah, dua di bBasrah, dan satu di Kuffah Mesir.

Sebelum wafat, ia berwasiat agar sepertiga hartanya dibagikan kepada cucu-cucunya dan dua pertiga lainnya diberikan kepada ahli waris.

Saat meninggal dunia, jumlah total hartanya mencapai 57.000.000 Dirham yang terdiri dari 38.400.000 harta waris dan 19.200.000 Dirham harta wasiatnya.

3. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan merupakan sahabat sekaligus menantu Nabi SAW. Ia pernah menikah dia putri Nabi yang kemudian mendapat gelar Dzunnurain (pemilik dua cahaya).

Ia dikenal sebagai sosok pedagang suskes yang kaya raya dan sangat dermawan. Ia tidak tanggung-tanggung untuk menginfakkan hartanya untuk kepentingan Islam. Dikisahkan bahwa ia pernah membeli sumur orang Yahudi yang kemudian sumurnya dipergunakan untuk kepentingan umat Islam seutuhnya.

Adapun kekayaan Ustman bin Affan meliputi 300 juta Dirham, 150.000 Dinar, dan 1000 ekor unta.

4. Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah bin Ubaidilah merupakan sahabat yang kaya raya dan dermawan, ia dijuluki dengan “Syahid yang masih berjalan di bumi.”

Julukan tersebut didapatinya ketika ia membela Nabi dakam perang Uhud saat Nabi dikepung oleh orang-orang quraisy. Thalhah memiliki kekayaan berupa uang 2.200.000 Dinar, tanpa tanah ataupun aset. Meski begitu dirinya tetap menyedekahkan sebagian hartanya sebanyak 300.000 Dirham.

Baca Juga: Lima Tips Sukses Dagang Ala Rasulullah

5. Sa’ad bin Abi Waqqash

Sahabat Nabi yang dikenal kaya dan sangat dermawan berikutnya ialah Sa’ad bin Abi Waqqash, ia merupakan orang yang masuk Islam pada usia belia yakni ketika  berusia 17 tahun.

Sa’ad bin Abi Waqqash senantiasa mengikuti prtempuran melawan kaum Quraisy yang hendak membunuh Nabi SAW.

Ia merupakan sahabat tang ahli dalam menggunakan panah, setiap anak panah yang dilepaskannya selalu mengenai sasaran.

Sebelum wafat, salah satu dari Sahabat Nabi yang kaya ini meninggalkan harta waris sebeasar 250.000 Dirham.

Share on Whatsapp

Leave a Reply