Menanti Keistimewaan Bulan Ramadhan

You are currently viewing Menanti Keistimewaan Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash/abdullah-arif)

Ramadhan kian dekat, kerinduan umat islam terhadap bulan ini semakin kuat. Doa terus dipanjatkan agar senantiasa diberikan umur yang panjang sehingga dapat meraih keistimewaan di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan bagi umat Islam disebut sebagai bulan berkah, bulan sejuta hikmah, dan bulan yang lebih baik daripada seribu bulan.

Sungguh beruntung bagi seorang mukmin yang disampaikan umur hingga bulan Ramadhan dan mampu meraih keistimewaan pada bulan ini.

Untuk meraih keistimewaan bulan Ramadhan, setiap Muslim dianjurkan agar melakukan ragam persiapan, mulai dari persiapan iman dan ilmu, persiapan fisik, hingga persiapan ekonomi supaya maksimal dalam menjalankan ibadah dan amal shaleh lainnya di bulan ini.

Pada bulan ini, Allah meluaskan pintu ampunan serta menawarkan balasan pahala yang berlipat bagi Muslim yang melakukan ibadah dan amal shaleh.

Keistimewaan Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash/sid-balachandran)

Tak hanya itu, ada beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang perlu diketahui oleh muslim, apa saja? Dikutip dari republika, berikut adalah beberapa keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan.

1. Syahrul Adzhim (Bulan yang Agung)

Ramadhan adalah bulan yang mulia dan agung, terdapat banyak kesempatan bagi seorang muslim untuk meraih keagungannya dengan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan ini serta melakukan ibadah dan amal shaleh lainnya.

2. Syahrul Mubarak (Bulan yang Berkah)

Ramadhan adalah bulan yang berkah, setiap detik yang berjalan di bulan ini diibaraktan seperti berlian yang sangat berharga bagi orang beriman. Hal tak lain karena pada  setiap detik yang dilaluinya diberkahi dan amal ibadahnya dilipatgandakan.

3. Syahru Shiyam

Pada bulan Ramadhan, umat islam dianjurkan untuk menegakkan ibadah puasa selama satu bulan penuh, yang mana puasa ini merupakan salah satu rukun Islam yang wajib untuk ditegaakkan. Selain itu, hikmah dari puasa ialah berupa naiknya derajat ketakwaan seorang mukmin.

4. Syahru  Nuzulil Quran (Bulan turunnya Al-Quran)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya Allah menurunkan Al-Quran yang menjadi pedoman hidup bagi manusia. Al-Quran sendiri merupakan mukjizat bagi Rasulullah yang bernilai pahala jika seorang muslim membacanya.

Keistimewaan Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash/mesjid-pogung-dalangan)

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa setiap huruf yang dibaca dalam Al-Quran bernilai sepuluh kebaikan. Demikian juga di bulan Ramadhan, umat islam dianjurkan untuk memperbanyak tilawah Al-Quran.

5. Syahrul Musawwah (Bulan Santunan)

Bulan Ramadhan juga dikenal dengan bulan sedekah dan bulan zakat, yang mana pada bulan ini umat islam dianjurkan untuk saling berderma dan berbagi dengan sesama yang kondisinya kurang beruntung.

Rasulullah SAW merupakan sosok yang dikenal paling dermawan, dan pada bulan Ramadhan kedermawanannya lebih meningkat lagi daripada hari-hari yang lain.

6. Keenam Syahrus Shabr (Bulan Sabar)

Pada bulan Ramadhan, kesabaran seorang muslim diuji melalui ibadah puasa selama satu  bulan penuh, artinya selama satu bulan ini umat islam akan menahan diri dari haus dan lapar serta perbuatan lainnya yang dapat mengurangi pahala atau membatalkan puasa.

Ibadah puasa menjadi latihan bagi seorang muslim agar tidak selalu mengeluh dan tahan uji dengan berbagai ujian dan cobaan yang bisa saja datang. Sabar sendiri dapat dimaknai sebagai kekuatan jiwa dari segala bentuk kelemahan mental, spiritual, dan operasional.

Sahabat, Ramadhan sebentar lagi tiba, mari jadikan Ramadhan sebagai momen untuk menjadikan diri lebih baik dan bermakna. Mari jadikan Ramadhanmu lebih bermakna bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, kamu dapat mengakses info seputar Program Ramadhan kami di situs kami https://ramadhanberbagi.id/.

Share on Whatsapp

Leave a Reply