Keutamaan Berbagi Buka Puasa di Bulan Ramadhan

You are currently viewing Keutamaan Berbagi Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Berbagi Buka Puasa – Ramadhan pada hakikatnya merupakan hadiah istimewa dari Allah SWT bagi seluruh umat islam. Didalamnya terdapat banyak keutamaan, salah satunya ialah dilipatgandakannya pahala kebaikan selama bulan Ramadhan.

Selanjutnya, bulan suci Ramadhan identik dengan kebersamaan dan berbagi dengan sesama. Sedekah menjadi salah satu amalan yang dianjurkan selama bulan Ramadhan, Dalam sebuah hadits disebutkan, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” Adapun salah satu sedekah yang dapat diamalkan di bulan Ramadhan adalah sedekah makanan buka puasa atau takjil.

Berbagi Buka Puasa
Aksi Berbagi buka puasa tim Rahmatan Pandu Kemanusiaan

Berbagi makanan buka puasa atau takjil memiliki keutamaan yang paling utama. Rasulullah SAW Bersabda : “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR Tirmidzi No. 807, Ibnu Majah No 1746, dan Ahmad 5: 192).

Selain akan mendapatkan pahala puasa seperti saudara kita yang lain, keutamaan dari memberi makanan buka puasa juga ialah akan diberikan makanan di surga. Rasulullah SAW bersabda : “Muslim manapun yang memberi pakaian Muslim lain yang tidak memiliki pakaian, niscaya Allah akan memberinya pakaian dari hijaunya surga. Muslim mana saja yang memberi makan Muslim lain yang kelaparan, niscaya Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan di surga. Lalu Muslim mana saja yang memberi minum orang yang kehausan, niscaya Allah akan memberinya minuman ar-Rahiq al-Makhtum.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi). 

Ditengah situasi pandemi yang terjadi sampai saat ini, berbagi buka puasa menjadi sangat penting posisinya. Hal itu dikarenakan pada masa pandemi seperti saat ini, banyak sekali masyarakat yang kesulitan dari segi ekonomi, sehingga berbagi makanan buka puasa akan lebih terasa ketika banyak orang yang sedang mengalami kesulitan.

Pada dasarnya, berbagi makanan untuk buka puasa dipeuntukan bagi siapa saja muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi, pada situasi seperti saat ini alangkah lebih baiknya diprioritaskan kepada orang yang membutuhkan, misalnya anak-anak yatim dan kaum dhuafa’.

Berbagi buka puasa

Demikian juga makanan yang diberikan, ia harus diprioritaskan untuk takjil atau makanan ringan pembuka puasa yang kaya akan minerat dan vitamin. Adapun salah satu makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa ialah makanan yang manis seperti madu, susu, kurma, pisang dan buah-buahan lainnya. Selain mengikuti sunnah, berbagi makanan yang manis dan kaya akan vitamin dan mineral merupakan salah satu upaya mengikuti rekomendasi kesehatan.

Sahabat, berbagi buka puasa menjadi amalan yang dapat melipatgandakan pahala puasa kita. Ketika berbagi makanan kepada saudara kita untuk berbuka puasa, maka kita akan mendapatkan pahala puasa saudara kita tanpa kurang sedikitpun. Yuk kita double-kan pahala ibadah puasa kita dengan berbagi takjil atau makanan buka puasa untuk saudara kita.

Yuk berdonasi untuk buka puasa saudara-saudara kita yang membutuhkan melalui link donasi berikut ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi/

Transfer Donasi :

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A / N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Share on Whatsapp

Leave a Reply