Lima Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan

You are currently viewing Lima Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan

Indonesiaberbagi.id, Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan – Berbagi merupakan salah satu aktivitas positif yang harus dirawat dan ditularkan pada orang lain. Sebagai makhluk sosial, setiap manusia dianjurkan untuk saling menolong dengan sesama salah satunya dengan cara saling berbagi terhadap siapa saja saudaranya yang sedang membutuhkan atau berada dalam kesulitan.

Tak hanya bermanfaat bagi kehidupan sosial, berbagi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat berbagi bagi kesehatan kita? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Sebagai aktivitas yang sering diidentikan dengan aktivitas saling bantu dan tolong menolong, berbagi dapat menjadikan pelakunya merasa gembira. Hal itu terjadi disaat seseorang berbagi dengan ikhlas, baik dalam jumlah kecil ataupun besar.

Dalam islam, berbagi sendiri disandingkan dengan salah satu amal terbaik yakni sedekah. Salah satu pahala yang akan didapatkan saat seseorang berbagi dengan ikhlas terhadap sesama ialah mendapatkan kegembiraan di hari akhir kelak.

Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang menjumpai saudaranya yang Muslim dengan (memberi) sesuatu yang disukainya agar dia gembira, maka Allah akan membuatnya gembira pada hari kiamat.” (HR. Thabrani).

Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan

Manfaat Berbagi Bagi Kesehatan

Selain ganjaran berupa pahala kebaikan dan perasaan bahagia, aktivitas berbagi terhadap sesama juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat berbagi bagi kesehatan.

1. Memperbaiki Kualitas Hidup

Meski sering dikaitkan dengan sejumlah uang atau harta, ternyata banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagi. Artinya berbagi tak hanya dilakukan dengan mengeluarkan sebagian dari harta, meskipun itu merupakan hal itu manfaatnya lebih terasa.

Aktivitas berbagi memungkinkan seseorang akan lebih sering berinteraksi dengan orang lain yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres serta meningkatkan kepuasan hidup. Menurunnya tingkat stres dalam tubuh sama halnya dengan menjaga sel-sel tubuh agar lebih sehat sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

2. Meningkatkan Kebahagiaan

Salah satu manfaat dari berbagi ialah dapat meningkatkan kebahagiaan, yang mana kebahagiaan tersebut akan berbanding lurus dengan kesehatan.

Seseorang yang bahagia ia akan memiliki jantung yang sehat dan terjaga. Selain itu, dengan tubuhnya yang sehat seseorang yang bahagia tidak adakn cepat merasa lelah.

Kebahagiaan yang didapat saat berbagi sendiri terjadi karena terjadinya peningkatan hormon dopamine saat aktivitas nernagi dilakukan. Hormon dopamine disini merupakan hormon yang menghasilkan perasaan bahagia.

Selain dopamine, aktivitas berbagi jyga dapat memproduksi hormion oksitosin, yang mana hormon ini berperan untuk membantu mengurangi tingkat stres pada tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kebahagiaan yang didapat saat aktivitas berbagi juga dapat berpengaruh terhadap tekanan darah sehingga menjadi stabil. Seperti diketahui, ada berbagai penyakit yang disebabkan dari tekanan darah yang kurang stabil.

Dengan demikian, bagi kamu yang mengalami gangguan dengan tekanan darah, tidak salahnya mencoba untuk terjun dalam aktivitas sosial dengan berbagi terhadap sesama.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Berbagi dapat meningkatkan rasa percaya diri pada diri kamu. Kegiatan berbagi membutuhkan rasa saling percaya yang cukup kuat. Berbagi membuat kualitas hidup kamu meningkat karena dapat melepaskan rasa prasangka buruk pada orang lain.

Selain itu, berbagi juga dapat menjadikan hidupmu lebih berwarna. Hal ini terjadi disaat kamu merasakan kebahagiaan bersama orang lain disaat kamu berbagi terhadapnya.

5. Meningkatkan Rasa Peduli

Berbagi erat kaitannya dengan rasa peduli, dalam hal ini aktivitas berbagi dapat meningkatkan rasa peduli terhadap sesama. Sebagai makhluk sosial, peduli terhadap sesama menjadi salah satu aspek yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Teruskan Kebaikan Ramadhan dengan Persiapan Qurban Terbaik

Demikianlah beberapa manfaat berbagi bagi kesehatan, selain menjaga kesehatan dengan menjaga asupan nutrisi, olahraga secara teratur, serta tidur yang cukup, berbagi juga menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan agar kamu tetap sehat baik secara fisik maupun mental.

Berbagi Bersama Indonesia Berbagi

Donasi online menjadi salah satu berbagi yang menyenangkan dan lebih praktis. Indonesia Berbagi merupakan platform donasi online Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang memudahkan kamu untuk berbagi.

Yuk tebar kebermanfaatan dan kebahagiaan lebih luas dengan donasi terbaikmu dengan mengakses tautan ini https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

Share on Whatsapp

Leave a Reply