Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
keutamaan sedekah jumat

5 Manfaat Beserta Contoh Sedekah di Hari Jumat

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Seorang Muslim dianjurkan untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan berbagai amal kebaikan yang dianjurkan padanya. Salah satu amal baik yang dianjurkan adalah sedekah, yang mana sedekah ini termasuk ibadah serta amalan mulia yang dicintai oleh Allah SWT.

Sedekah di hari Jumat merupakan salah satu bentuk sedekah yang sangat dianjurkan, hal itu karena banyaknya keutamaan pada hari Jumat. Disamping itu, sedekah juga merupakan bagian dari rasa syukur atas rezeki yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al Baqarah 2 ayat 254).

Pada ayat di atas, terdapat anjuran untuk menginfakkan atau menyedekahkan harta yang telah diberikan Allah kepada kita. Hal itu dikarenakan ada sebagian hak orang lain yang terdapat dalam harta yang kita miliki.

Apakah Sedekah Harus di Hari Jumat?

Sedekah pada dasarnya dapat dilakukan kapan dan di mana saja, tidak ada batasan waktu dan berapa jumlah yang diberikan. Namun, sedekah di hari Jumat sangat dianjurkan karena keutamaan-keutamaan yang ada pada hari Jumat.

Dalam kitab Al-Umm bab “hal-hal yang diperintahkan di hari dan malam Jumat” Imam Syafii meriwayatkan hadits berikut ini:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Hari Jumat merupakan hari yang memiliki banyak keutamaan dan keberkahan. Rasulullah menyebutkan bahwa hari Jumat merupakan sebaik-baik hari diantara hari yang baik, hal itu sebagaimana sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA berikut ini.

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Kemudian, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk mengamalkan berbagai amalan pada hari Jumat sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Jabin bin Abdillah RA berikut ini.

“Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah SAW bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali pada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekahlah di saat sepi dan ramai, maka kalian akan diganjar, ditolong dan diberi rezeki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

Sebagai seorang Muslim yang dianjurkan untuk mendulang pahala kebaikan sebanyak-banyaknya sebagai persiapan untuk kehidupan akhirat, kita harus senantiasa memanfaatkan dengan baik kesempatan ini dengan cara bersedekah dalam kondisi apapun dan pada waktu-waktu yang dianjurkan, salah satunya sedekah di hari Jumat.

Syekh Ibnu Hajar al-Haitami dalam al-Minhajul Qawim mengatakan: “Dan lebih utama menekankan sedekah di waktu-waktu utama seperti hari Jumat, bulan Ramadhan, terutama 10 hari terakhirnya, 10 hari awal bulan Dzulhijjah dan beberapa hari raya.”

Manfaat Sedekah Jumat

Berikut adalah sejumlah manfaat sedekah Jumat yang insyaallah akan didapat oleh orang yang menunaikannya.

1. Membuka pintu rezeki

Manfaat pertama dari sedekah termasuk sedekah di hari Jumat yang dilakukan dengan ikhlas adalah dapat membuka pintu rezeki.

Dalam hal ini, ikhlas menjadi kunci diterimanya amal sedekah yang kita berikan. Hal itu dikarenakan orang yang ikhlas dalam beramal senantiasa mengabdikan dan menyerahkan hidupnya kepentingan akhirat serta memanfaatkan hartanya di jalan kebaikan. Dan kepada orang yang ikhlas tersebut, Allah akan memberikan harta serta kekayaan di dalam jiwa seseorang tersebut. Lebih dari itu, Allah akan mengabulkan apa saja yang diinginkan orang tersebut di dunia ini.

Terdapat juga beberapa kisah orang yang rezekinya terus berlipat ganda karena ia rajin dalam bersedekah. Baca Juga: Kisah Suami Istri yang Menjadi Kaya Karena Sedekah

2. Mendapat pahala setara dengan sedekah di bulan Ramadhan

Disebutkan bahwasannya sedekah yang dilakukan pada hari Jumat pahalanya setara dengan sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Hal itu sebagaimana disampaikan Ibnul Qayyim rahimahullah yang mengatakan ” “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407).

3. Termasuk ke dalam amal shaleh

Hari Jumat merupakan hari yang utama dan juga hari raya bagi umat Islam, memperbanyak amalan pada hari tersebut merupakan salah satu cara terbaik untuk mengisi hari yang memiliki banyak keutamaan ini.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari Jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (Al-Iqna’, 1/170)

Jika melihat riwayat hadits di atas, memperbanyak shalawat  merupakan salah satu amalan yang dianjurkan pada hari Jumat karena termasuk pada hari yang afdhal.

Lebih dari itu, sedekah pun dalam hal ini termasuk pada amalan yang harus diperbanyak pada hari Jumat, yang mana hari Jumat aadalah hari terbaik jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

4. Mengikuti sunnah Rasulullah

Dalam pengertiannya, amalan sunnah adalah amalan yang dianjurkan namun sifatnya tidak wajib, barang siapa yang melakukannya maka ia akan mendapatkan pahala kebaikan dan tidak menjadi dosa ketika seseorang tidak mengerjakannya. Amalan sunnah merupakan amalan yang menjadi penyempurna dari amalan wajib, dengan menajalankannya tentunya akan memberikan kebaikan dan keberkahan dalam hidup seorang Muslim.

Iman yang ada dalam dada seseorang akan senantiasa terus bertambah ketika seseorang mengisi hidupnya dengan berbagai amal shaleh termasuk amalan sunnah. Sedekah jumat dalam hal ini merupakan amalan sunnah yang dapat dikerjakan oleh seorang Muslim.

Disebutkan dalam  Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib yang membahas mengenai hari Jumat bahwa umat Islam disunnahkan untuk memperbanyak sedekah pada siang dan malam hari Jumat.

“Disunnahkan memperbanyak sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jumat. Juga disunnahkan memperbanyak shalat atas Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar.”

5. Mendapatkan Pertolongan atau Syafaat di Hari Akhir

Seorang Muslim hendaknya mengimani dan meyakini akan datangnya hari akhir, salah bentuk keimanan terhadap hari akhir ialah dengan mengerjakan berbagai amal shaleh termasuk sedekah pada hari Jumat. Sedekah merupakan salah satu amalan yang paling dicintai Allah SWT.

Ibnu Khuzaimah pernah menyebutkan: “Naungan orang mukmin pada hari Kiamat kelak adalah shadaqahnya” Hasan: Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, dinilai shahih oleh al-Albani yang terdapat dalam kitab Shahiih at-Targhiib (no. 872).

Berdasarkan riwayat di atas, salah satu amalan yang dapat menaungi umat Islam pada hari akhir ialah sedekah. Sehingga seorang Muslim dapat mengisi hari-harinya dengan amalan yang paling utama ini terutama pada hari Jumat.

Contoh Sedekah yang Dapat Dilakukan di Hari Jumat

Sedekah merupakan bentuk rasa syukur seorang Muslim atas segala nikmat dan rezeki yang telah diberikan Allah SWT. Sedekah termasuk sedekah Jumat dapat dilakukan kapan saja dan dengan cara apapun. Berikut adalah beberapa contoh sedekah Jumat yang dapat dilakukan oleh seorang Muslim.

1. Sedekah makanan Jumat berkah

Contoh sedekah Jumat yang pertama adalah sedekah makanan Jumat berkah yang diberikan kepada para jamaah shalat Jumat dan bahkan bisa juga diberikan kepada kaum dhuafa serta pejuang nafkah keluarga.

Memberi makan terhadap sesama merupakan amalan sederhana yang dapat menjadi salah satu sebab bagi kita untuk mendapatkan surganya. Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai manusia! terbarkan salam, berilah makan, shalatlah saat manusia tidur maka kalian akan masuk surga dengan kesejahteraan.” (HR Al-Tirmidzi, beliau nyatakan sebagai hadits shahih)

2. Sedekah kepada anak yatim

Selanjutnya, pada hari Jumat sedekah juga dapat diberikan kepada anak yatim. Tak hanya uang, kita juga dapat bersedekah kepada anak yatim dalam bentuk perlengkapan sekolah seperti alat tulis dan seragam kepada anak yatim.  Salah satu lembaga atau panti yatim yang dapat dipilih adalah Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang saat ini tengah membina kurang lebih 1400 anak yatim dan dhuafa.

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa jarak antara Nabi dengan orang yang memuliakan atau menyantuni anak yatim bagaikan jari tengah dan jari telunjuk (sangat dekat). Oleh karena itu, kita dapat membayar sedekah hari Jumat dengan menyantuni anak yatim.

3. Mengisi kotak amal masjid

Selanjutnya, sedekah jumat juga dapat dilakukan dengan mengisi kotak amal di masjid ataupun di tempat lainnya. Hal ini juga dapat dilakukan oleh laki-laki saat melaksanakan shalat Jumat berjamaah di Masjid.

4. Membantu orang sakit

Membantu orang sakit juga termasuk bagian dari sedekah yang dapat dilakukan pada hari Jumat. Misalkan ketika ada seseorang yang mengalami musibah, kita dapat membantunya dengan bersedekah.

Demikianlah uraian mengenai keutamaan dan contoh sedekah Jumat yang dapat sahabat kerjakan. Mari manfaatkan momen hari Jumat dengan menunaikan sedekah terbaikmu melalui Indonesia Berbagi dengan mengakses tautan ini https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

Sumber

7 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat. Diakses dari https://masjidpedesaan.or.id/.

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat. Diakses dari tps://islam.nu.or.id/.

Keutamaan Sedekah pada Hari Jumat dan Tuntunan Rasulullah SAW. Diakses dari https://mui.or.id/.

ni Hadits Shahih Tentang Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Bahkan Allah Memuji Orang Tersebut. Diakses dari https://www.suaramerdeka.com/.

Keutamaan Sedekah Jumat. Diakses dari https://pppa.id/.

Keutamaan Sedekah Jumat, Dasar Hukum & Pengertiannya. Diakses dari https://yatimmandiri.org/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *