Ketahui Ini Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

You are currently viewing Ketahui Ini Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
(Foto: Canva)

Indonesiaberbagi.id, Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga – Zakat fitrah merupakan salah satu ibadah wajib yang hanya dianjurkan pada bulan Ramadhan bagi setiap muslim. Setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, besar atau kecil, tua atau muda, dan bayi yang baru lahir di akhir mendapat kewajiban untuk menunaikan zakat.

Meski demikian, setiap orang yang mendapat kewajiban zakat tidak selamanya harus menanggung kewajibannya sendiri. Dalam hal ini, orang yang bertanggung jawab atas nafkah seseorang misalkan anak dan istri, maka orang tersebut wajib mengeluarkan zakat untuk anak dan istrinya.

Kewajiban zakat fitrah sendiri mulai disyariatkan pada tahun ke-2 Hijirah, tujuan disyariatkannya zakat fitrah ialah agar umat islam mampu kembali dalam keadaan fitrah dan suci. Dari sisi sosial, tujuan zakat fitrah sendiri ialah untuk memberdayakan para mustahik agar mereka mampu merayakan hari raya idul fitri dengan penuh suka cita dan kebahagiaan seperti orang lain pada umumnya.

Sebagai ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim, untuk mengeluarkan zakat fitrah seseorang harus memahami niat dari zakat fitrah tersebut terlebih bagi yang telah menjadi penanggung nafkah keluarga dalam hal ini seorang ayah yang menanggung nafkah istri dan anaknya.

Niat zakat fitrah sendiri terdiri dari niat untuk diri sendiri, istri, anak, keluarga dan orang yang mewakilkan. Perihal zakat yang diwakilkan, islam memberikan kemudahan kepada setiap muslim yang memiliki keterbatasan dalam menunaikan zakat untuk menunaikannya dengan cara diwakilkan kepada orang lain.

Dikutip dari nu.or.id, niat dalam zakat memiliki kedudukan yang lebih penting dibanding dengan ijab qabul. Pasalnya, zakat fitrah bukanlah transaksi seperti jual beli dan sewa menyewa, zakat fitrah adalah sebuah pemberian searah dari seorang muzaki kepada seorang mustahik.

Niat sendiri merupakan itikad yang penuh ketakinan untuk melakukan sebuah perbuatan. Niat dianjurkan untuk dilaparkan agar membantu seseorang untuk mempertegas niat tersebut.

Untuk menunaikan zakat, berikut adalah beberapa lafal niat zakat mulai dari untuk diri sendiri hingga untuk orang yang mewakilkan.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga
Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga. (Foto: Canva)

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk… (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Demikainlah beberapa niat zakat fitrah yang perlu diketahui sebelum menunaikan zakat. Semoga menjadi penambah wawasan serta mampu dipraktikan saat menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadhan ini.

Zakat Fitrah di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur merupakan salah satu lembaga sosial di Jakarta Timur yang menerima, mengelola, serta menyalurkan dana zakat termasuk zakat fitrah. Dana zakat tersebut kemudian akan disalurkan kepada para dhuafa yang berhak menerimanya.

Untuk menunaikan zakat fitrah di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, kamu dapat menunaikannya secara online melalui situs https://indonesiaberbagi.id/donasi/donasi-zakat atau datang langsung ke kantor layanan kami.

Selain itu, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur juga membuka layanan zakat drive thru bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk layanan zakat drive thru berlokasi di Kantor Layanan Donasi Yayasan Rahmatan Lil-Alamin di Jalan Pondok Kopi Raya No. 7 Duren Sawit Jakarta Timur.

Yuk raih kesempurnaan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan menunaikan zakat fitrah segera sesuai dengan ketetapan waktu yang telah ditetapkan.

Share on Whatsapp

Leave a Reply