Sejumlah Amalan yang Dianjurkan di Hari Jumat

You are currently viewing Sejumlah Amalan yang Dianjurkan di Hari Jumat
(Foto: Pexels/pok-rie)

Amalan di Hari Jumat – Sejumlah keutamaan di hari Jumat menjadikan hari ini disebut sebagai hari yang baik bagi umat Islam. Hal tersebut juga dikuatkan dengan sabda Rasulullah SAW sebagai berikut.

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Sebagai hari yang memiliki keutamaan lebih dibandingkan dengan hari yang lainnya, umat Islam dianjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan serta meningkatkannya di hari Jumat.

Salah satu amalan sunnah di hari Jumat adalah membaca surat Al-Kahfi (Foto: Pexels/abdulmeilk-aldawsari)

Berikut ini adalah amalan yang dianjurkan pada hari Jumat.

1. Membersihkan diri

Bagi sahabat yang hendak melaksanakan ibadah shalat Jumat berjamaah disunnahkan untuk membersihkan diri atau mandi terlebih dahulu. Selain itu, sahabat juga dianjurkan untuk memakai minyak wangi, membersihkan kuku, dan memotong rambut.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR. Bukhari)

2. Shalat Jumat

Bagi kaum adam, salah satu kewajiban yang harus dipenuhi pada hari Jumat ialah menunaikan shalat Jumat berjamaah di mesjid. Rasululullah SAW bersabda:

“Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit”. (HR. Abu Daud)

Pada hadits diatas juga disebutkan beberapa orang yang dibolehkan untuk tidak menunaikan shalat Jumat yakni hamba sahaya, perempuan, anak kecil, dan orang sakit.

Amalan di Hari Jumat
Pada hari Jumat terdapat waktu mustajab untuk memanjatkan doa (Foto: Pexels/alenda-darmel)

3. Membaca surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan pada hari Jumat. Membaca surat Al-Kahfi sebagai amalan sunnah di hari Jumat bisa kamu lakukan mulai dari Kamis malam hingga Jum’at sore.

4. Bersedekah

Dianjurkan bagi seorang muslim untuk memperbanyak sedekah di hari Jumat. Sedekah di hari Jumat bisa kamu lakukan dalam benguk uang, makanan, atau hal lainnya yang memiliki nilai manfaat bagi yang lain.

Sedekah dikenal sebagai salah satu amalan terbaik bagi seorang muslim. Sebab itu, dianjurkan bagi seorang muslim untuk memperbanyak sedekah, utamanya di hari Jumat.

5. Memperbanyak shalawat dan dzikir

Shalawat dan dzikir merupakan salah satu amalan harian yang semestinya dilakukan seorang muslim. Shalawat dan dzikir memiliki keutamaan bagi siapa saja yang membacanya seperti menenangkan hati hingga menjadi salah satu wasilah pembuka rezeki.

Pada hari Jumat, umat islam dianjurkan untuk lebih memperbanyak bacaan shalawat dan dzikir dari hari yang lainnya. Rasulullah SAW bersabda: “Maka perbanyaklah (selawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).

Amalan di Hari Jumat
Sedekah di hari Jumat memiliki keutamaan yang lebih daripada hari yang lainnya (Foto: Pexels/madrosah-sunnah)

6. Memanjatkan doa

Berdoa pada hakikatnya dapat dilakukan kapan saja dan di hari apa saja. Namun demikian, pada hari Jumat umat islam dianjurkan untuk lebih memperbanyak doa, hal itu karena pada hari ini terdapat waktu mustajab bagi siapa saja yang memanjatkan doa. Rasulullah SAW bersabda:

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Baca Juga: Menanti Keistimewaan Bulan Ramadhan

Berdoa sendiri menjadi amalan yang menjadi tanda ketakwaan seorang muslim sehingga ia merasa lebih dekat dengan Allah Ta’ala.

Sahabat, itu dia beberapa amalan di hari Jumat yang bisa kamu lakukan di hari yang utama ini. Selain memiliki beragam manfaat dan kebaikan di dalamnya, menunaikan ibadah dan amal shaleh akan menjadikan hidupmu lebih baik.

Share on Whatsapp

Leave a Reply