Empat Golongan Ini Dirindukan Surga, Siapa Saja?

You are currently viewing Empat Golongan Ini Dirindukan Surga, Siapa Saja?

Empat Golongan yang Dirindukan Surga – Sahabat, seorang mukmin tentu harus memiliki visi dalam kehidupannya, salah satu visi yang harus dimiliki ialah meraih kehidupan kekal dan abadi kelak di surga. Nikmat dan kehidupan yang indah sesungguhnya adalah keindahan dan kenikmatan yang ada di surga, sehingga kehidupan tersebutlah pada hakikatnya yang harus kita perjuangkan.

Meski demikian, manusia sebagai tempatnya khilaf dan salah terkadang terjerumus pada perbuatan dosa yang dapat menjauhkan dirinya dari jalan untuk meraih surga. Bahkan, tidak sedikit dari dosa tersebut terlupa dan belum sempat untuk memohonkan ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

Rajin membaca Al-Quran jadikan seorang mukmin dirindukan oleh surga.

Lantas, bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan ridha-Nya dan kemudian meraih surga-Nya? Tentunya cara utama untuk meraih ridha dan surga-Nya ialah dengan mengerjakan amal shaleh dan kebaikan yang diridhai-Nya.

Selain itu, ada sebagian orang yang termasuk ke dalam golongan orang yang dirindukan surga. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW bersada, “Surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Alquran, orang yang memelihara lisan dari ucapan keji dan mungkar, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Berdasarkan sabda Nabi diatas, terdapat empat golongan orang yang dirindukan oleh surga. Pertama, orang yang gemar membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi seorang mukmin. Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada mukmin yang rajin dalam membaca Al-Quran, dalam sebuah riwayat satu huruf yang dibaca dalam Al-Quran akan dikalikan dengan sepuluh kebaikan.

Selain membaca Al-Quran, seorang mukmin juga dianjurkan untuk mentadaburi, menghafalkan, memahami, dan mengamalkan isi dari Al-Quran. Tidak kerugian sedikitpun bagi seorang mukmin yang menjadikan Al-Quran sebagai bagian dari hidupnya kecuali ia akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan keridhoan dari-Nya.

Kedua, orang yang selalu menjaga lisannya dari perkataan yang kotor. Ucapan ataupun perkataan merupakan istrumen dari komunikasi yang menjadi bagian terpenting bagi kehidupan seorang manusia. Tidak ada satupun manusia yang bisa hidup tanpa berbicara dengan orang lain (berkomunikasi).

Dengan demikian, menjaga lisan dari perkataan kotor menjadi hal yang utama untuk dilakukan seorang mukmin untuk menghindarkan diri dari dampak buruk yang bisa timbul dari perkataan kotor. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah menganjurkan kepada setiap muslim agar berkata baik dan jika tidak mampu melakukannya maka lebih baik diam.

Empat Golongan yang Dirindukan Surga
Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan menjadi orang yang dirindukan oleh Surga.

Ketiga, orang yang memberi makan kepada orang yang kelaparan. Kelaparan merupakan sebuah musibah yang harus diatasi bersama-sama. Dengan demikian seorang mukmin dianjurkan untuk bersedekah dengan makanan atau bahan makanan pokok kepada saudaranya yang membutuhkan atau berada dalam kondisi kekurangan.

Baca Juga : Hikmah Saling Berbagi, Banyak Doa Baik Datang Tanpa Disadari

Keempat, orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang baligh dan berakal. Seorang mukmin tentunya harus memaksimalkan bulan Ramadhan dengan menghadirkan berbagai amalan yang dapat menjadikannya dirindukan oleh surga.

Sahabat, diatas adalah empat golongan yang dirindukan surga. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan yang beruntung dan dirindukan oleh surga. Aamiin

Share on Whatsapp

Leave a Reply