Sedekah dapat Hapuskan Dosa, Ini Penjelasannya

You are currently viewing Sedekah dapat Hapuskan Dosa, Ini Penjelasannya

Sedekah Menghapus Dosa – Sahabat, tahukah bahwasannya sedekah dapat menjadi menghapus dosa atau kesalahan? Nah bagi sahabat yang belum mengetahuinya, simak sabda Nabi SAW berikut ini.

Dari Muadz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda : “Maukah aku tunjukkan kepadamu berbagai pintu kebaikan? Puasa itu perisai, Sedekah bisa menghapus kesalahan sebagaimana air bisa memadamkan api.” (Hr. Tirmidzi).

Sebagai makhluk yang lemah dan tempatnya salah, manusia tentu tak luput dari perbuatan dosa. Jika ditafakuri setiap hari, mungkin banyak dosa yang telah diperbuat namun semua itu kita anggap sebagai hal biasa.

Sedekah Menghapus Dosa
Sedekah menghapus dosa.

Seringnya kita menyepelekan dosa kecil dan menganggapnya sebagai hal biasa, padahal ibaratkan sebuah titik hitam yang menempel pada sebuah kanvas, dosa kecil yang dilakukan terus menerus lama-lama akan menjadikan hati kita kotor ataupun keras sehingga tidak bisa melihat dan mendengar petunjuk-Nya.

Sungguh, Maha Baiknya Allah yang senantiasa memberikan kesempatan bagi manusia untuk terus memperbaiki dirinya agar terhindari dari dosa. Lebih dari itu, agar umatnya bersih dari dosa-dosa yang telah diperbuat Allah menyedikan berbagai penawar dosa yakni dengan melakukan perbuatan baik yang diridhoi-Nya.

Allah SWT Berfirman :

“sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk..” QS. Hud: 114.

Sedekah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi orang mukmin yang dapat menjadi penawar dosa. Allah menjadikan sedekah sebagai salah satu amalan terbaik bagi umatnya yang juga menjadi penyebab diampuninya dosa, dihilangkannya keburukan, dan dimaafkannya berbagai kekhilafan.

Dalam sabda nabi yang telah disebutkan di awal artikel ini, disebutkan bahwasannya sedekah dapat menghapus kesalahan sebagaimana api memadamkan api. Tak hanya itu, sedekah juga mengundang keberkahan bagi orang yang melakukannya. Baik berupa nikmat dipeliharanya dalam kebaikan, diberi kesehatan yang paripurna, dilindungi dari musibah dan bencana, serta dibukakannya pintu-pintu rezeki dari berbagi arah.

Sedekah dapat juga dipahami sebagai anugerah yang penuh berkah dari Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Sebuah keajaiban yang Allah beirkan dari sekian banyaknya keajaiban. Ia mampu meluaskan rezeki yang sempit, membersihkan hati yang kotor, serta melapangkan hati yang sempit.

Sedekah Menghapus Dosa
Bakti sosial Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Sahabat, harta yang kita miliki pada hakikatnya merupakan sebuah titipan dari Allah SWT. Mengingat hal itu, tentunya kita harus menggunakan harta ini sebaik mungkin dan tetap berada dalam jalan yang diridhai-Nya. Sedekah merupakan salah satu cara terbaik untuk mengelola harta yang kita miliki agar harta tersebut memiliki nilai keberkahan.

Tak hanya menjadi pembuka pintu rezeki, harta yang kita sedekahkan juga pada hakikatnya merupakan harta yang kita miliki sesungguhnya. Ia akan menjadi pahala kebaikan yang kelak akan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di hari perhitungan.

Secara umum, sedekah merupakan perbuatan terpuji sesama manusia. Semakin banyak seseorang bersedekah, maka semakin banyak perbuatan baik yang dikerjakan serta semakin banyak pula ganjaran yang kelak akan diterimanya. Tentu semuanya meyakini bahwa Allah berjanji akan memberi imbalan yang besar kepada mereka yang berbuat kebaikan termasuk bersedekah.

Sahabat bisa menunaikan sedekah terbaiknya bersama kami di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan mengakses tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi

Share on Whatsapp

Leave a Reply