Cara Menghitung Zakat Pertanian

You are currently viewing Cara Menghitung Zakat Pertanian

Agar tidak keliru saat menunaikannya, penting sekali untuk mengetahui cara menghitung zakat pertanian.

Rahmatanlilalamin.or.id – Banyak yang mengatakan bahwa pertanian merupakan salah satu ilmu yang paling tua di muka bumi ini. Lebih dari itu, hasil pertanian juga disebutkan sebagai kebutuhan asasi bagi manusia.

Para ulama menyebutkan bahwa pertanian merupakan soko guru kekayaan dari masyarakat, hal itu dikareanakan kekayaan tersebut berawal dari pertanian.

Hasil pertanian menjadi salah satu jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Berkaitan dengan zakat pertanian, Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 267 yang artinya sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

“Wahai orang- orang yang beriman, infakkanlah (zakatkanlah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik , dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”

Baca Juga: Jenis Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

Nisab Zakat Pertanian

Cara Menghitung Zakat Pertanian

Nisab zakat pertanian terdiri dari 5 wasaq. Hal itu sebagaimana sabda Nabi SAW berikut ini.

لَيْسَ فِيْ حَبٍّ وَلاَ ثَمَرٍ صَدَقَةٌ حَتَّى يَبْلُغَ خَمْسَةَ أَوْسُق

“Tidak wajib dibayar zakat pada kurma yang kurang dari 5 Ausaq.” (HR. Muslim)

Berdasarkan dalil di atas, kita dapat memahami beberapa hal, salah satunya adalah batasan minimal hasil pertanian yang wajib dizakati ialah 5 wasaq.

Kata wasaq berasal dari kata ausaq yang memiliki arti mengumpulkan. Kemudian, dalam pengertiannya secara istilah wasaq adalah jumlah pertanian yang berhasil dikumpulkan oleh para petani.

Wasaq sendiri merupakan ukuran berat, jika diuraikan lagi, 1 wasaq sama nilainya dengan 60 sho’. Sedangkan satu sho’ nilainya setara dengan 4 mud. Kemudian 4 mud memiliki nilai yang setara dengan dua telapak tangan penuh pria dewasa.

5 Wasaq dalam Satuan Kilogram

Setelah mengetahui bahwa nisab zakat pertanian adalah 5 wasaq, yang menjadi pertanyaannya adalah berapa nilai 5 wasaq dalam satuan kilogram?

Seperti telah diuraikan sebelumnya bahwa 1 wasaq sama dengan 60 sho’ dan satu sho’ sama dengan 4 mud. Nah, berkaiatan dengan ukuran sho’ kita mungkin sudah sering mendengarnya, terutama dalam perhitungan zakat fitrah.

Sebagian ulama ada yang mentayakan bahwa ukuran wajib zakat fitrah adalah 1 sho’ yang nilainya sama dengan 2,4 kilogram. Namun, dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat dari beberapa ulama. Syaikh Ibnu Baz mengatakan bahwa 1 sho’ sama nilainya dengan 3 kilo gram.

Perbedaan disini adalah hal yang wajar mengingat semua benda memiliki massa jenis yang berbeda. Sehingga bisa dikatakan bahwa tidak ada yang menjelaskan dengan pasti berapa besar nilai satu sho’ dalam satuan kilogram.

Namun, dalam menghitung zakat pertanian, kita dapat mengambil salah satu pendapat ulama dalam mengkonversikan nilai 5 wasaq ke dalam satuan kilogram.

Dalam hal ini, kita dapat mengambil salah satu pendapat ulama yang mengatakan bahwa 1 sho’ sama dengan 2,4 kilogram. Maka 5 wasaq adalah 5 wasaq x 60 sho’ x 2,4 kilogram = 720 kilogram.

Lalu bagaimana jika kita mengambil pendapat Syaikh Ibnu Baz yang mengatakan satu sho’ sama dengan 3 kilogram? Jika satu sho’ sama dengan 3 kilogram, maka nilai 5 wasaq adalah 5 wasaq x 60 sho x 3 kilogram = 900 kilogram.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nisab zakat pertanian adalah 720 kilogram jika mengikuti pendapat ulama yang mengatakan 1 sho’ sama denagn 2,4 kilogram dan 900 kilogram jika mengikuti pendapat yang mengatakan 1 sho’ sama dengan 3 kilogram.

Kadar Zakat Pertanian yang Harus Dikeluarkan

Kadar zakat hasil pertanian dibedakan menjadi dua berdasarkan cara mendapatkan air untuk mengairi lahan pertanian. Berikut adalah kadar zakat hasil pertanian yang harus dikeluarkan seorang muzzaki.

1. 10 %, seorang muzzaki wajib mengeluarkan 10% hasil pertaniannya jika tanamannya diari dengan air hjan atau dengan air sungai tanpa ada biaya yang keluarkan atau bahkan tanaman tersebut tidak membutuhkan air.

2. 5 %, seorang muzzaki wajib mengeluarkan 5 % dari hasil pertaniannya jika tanamannya diari menggunakan irigasi (mengeluarkan biaya).

Baca Juga: Golongan yang Tidak Berhak Menerima Zakat

Cara Menghitung Zakat Pertanian

Nah, bagi kamu yang masih bingung cara menghitung zakat pertanian, simak uraian contohnya di bawah ini.

Contoh 1

Bapak Umar adalah seorang petani, ia menanam padi di sawah yang luasnya 2 HA. Dari awal proses penanaman padi hingga panen ia mengeluarkan biaya sebanyak Rp. 5000.000. Ketika penen, hasilnya sebanyak 5 ton beras. Berapakah zakat hasil tani yang harus dikeluarkannya.

Jawaban:

Ketentuan Zakat Hasil Pertanian

– Nisab 720 kg beras.

– Kadarnya 5% karena memerlukan biaya.

Cara menghitung zakat Bapak Umar

Hasil panen 5 ton = 5.000 kilogram (melebihi nisab).

5.000 x 5% = 250 kilogram.

Zakat yang wajib dikeluarkan oleh Bapak Umar adalah 250 kilogram beras. Jika diuangkan maka 250 x 10.000 (misalkan harga beras per kilogram) =  Rp.2.500.000;

Contoh 2:

Bapak Aris adalah seorang petani, ia menanam padi pada sawah tadah hujan dengan luas  2.500 m2. Pada masa panen, ia menghasilkan 950 kilogram beras. Berapakah zakat yang harus dikeluarkan Bapak Aris?

Jawaban:

Ketentuan zakat pertanian

Nisab zakat 720 Kilogram.

Kadar zakat 10% karena pengarian menggunakan air hujan.

Cara menghitung zakat Bapak Aris

Hasil tani sebanyak 950 kilogram beras (masuk nisab).

950 kilogram x 10% = 95 kilogram.

Zakat yang wajib dikeluarkan oleh Bapak Aris adalah 95 kilogram beras. Jika diuangkan maka 95 x 10.000 (misalkan harga beras per kilogram) =  Rp.950.000;

Sahabat, menunaikan zakat merupakan salah satu bentuk ketaatan kita terhadap perintah Allah dan wujud rasa syukur atas nikmat-Nya. Mari tunaikan zakatmu sekarang di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur melalui tombol di bawah ini.

Share on Whatsapp

Leave a Reply