Cara sedekah subuh 40 hari

Empat Cara Agar Mampu Disiplin Sedekah Subuh 40 Hari

Cara sedekah subuh 40 hari

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Amalan yang dilakukan secara istiqamah atau konsisten adalah sebaik-baik amal. Begitu juga dengan sedekah subuh di pagi hari, ia akan menjadi sebaik-baik amal ketika seorang Muslim menunaikannya secara konsisten.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat kosisten dalam bersedekah adalah sedekah subuh 40 hari tanpa putus. Sahabat dapat melakukannya dengan berbagai cara, baik dengan memberi sejumlah uang, makanan, atau hal lainnya yang bermanfaat.

Tidak selalu harus dalam jumlah yang banyak, amalan yang dilakukan dengan istiqamah meskipun dalam jumlah yang sedikit lebih dicintai oleh Allah dibanding dengan amalan yang banyak tapi hanya sesaat.

Istiqamah dalam beramal juga menjadi salah satu tanda diterimanya sebuah amalan. Hal itu sebagaimana disebutkan oleh para ulama salaf berikut ini.

مِنْ ثَوَابِ الحَسَنَةِ الحَسَنَةُ بَعْدَهَا، وَمِنْ جَزَاءِ السَّيِّئَةِ السَّيِّئَةُ بَعْدَهَا

“Di antara balasan kebaikan adalah kebaikan selanjutnya dan di antara balasan kejelekan adalah kejelekan selanjutnya.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir, 8/417, Daar Thoyyibah, cetakan kedua, 1420 H)

Cara Sedekah Subuh 40 Hari

Berikut adalah cara melatih diri disiplin sedekah subuh 40 hari yang dapat sahabat aplikasikan.

1. Membuat Celengan Sedekah Subuh

Membiasakan diri bersedekah di waktu subuh secara konsisten dapat dilakukan dengan cara membuat celengan sedekah subuh. Caranya antara lain: Pertama, siapkan celengan atau wadah khusus untuk menyimpan uang sedekah subuh. Kedua, setiap waktu subuh masukan sejumlah uang yang ingin kamu sedekahkan pada waktu tersebut. Ketiga, lakukan secara istiqamah selama 40 hari dan salurkan dana sedekah subuh tersebut baik sepuluh hari sekali atau pun di hari ke 40 sekaligus.

Latihan disiplin sedekah subuh 40 hari menggunakan celengan ini akan cukup efektif. Namun demikian, hal ini kembali lagi pada niat dan kesungguhan masing-masing.

2. Membuat catatan sedekah subuh

Cara berikutnya adalah membuat catatan amal harian sedekah subuh. Bukan untuk mengingat-ingat amalan yang telah dikerjakan, namun untuk melakukan evaluasi apakah amalan yang kita lakukan telah konsisten dilakukan atau belum.

Setiap saat kamu menunaikan sedekah subuh, tulislah dalam buku catatan tersebut sampai kamu benar-benar bisa istiqamah beramal tanpa harus diingatkan setiap saat

3. Buat alarm sedekah

Alarm sedekah berfungsi sebagai pengingat di pagi hari untuk bersedekah subuh. Sahabat dapat membuatnya dengan judul pertanyaan “Sudahkah Sedekah Subuh Hari Ini? atau “Jangan Lupa Sedekah Subuh Pagi Ini”.

4. Sedekah melalui Indonesia Berbagi

Bagi sahabat yang ingin sedekah subuh secara konsisten tapi bingung kemana harus menyalurkannya, sahabat dapat bersedekah melalui layanan sedekah online Indonesia Berbagi.

Bersedekah melalui layanan Indonesia berbagi memiliki banyak kmnfaat bagi sahabat, terutama bagi sahabat yang memliki banyak kesubukan di tempat kerja.

Cukup dengan menggunakan ponsel yang berada di genggamanmu, sedekah subuh dapat sahabat tunaikan dan insyaallah akan disalurkan kepada orang yang berhak serta membutuhkan.

Sahabat, demikianlah beberapa cara disiplin sedekah subuh selama 40 hari yang dapat kamu coba. Semoga kita semua dapat istiqamah dan konsisten dalam bersedekah membantu orang lain yang membutuhkan.

Mari sedekah subuh 40 hari secara konsisten tanpa putus melalui layanan donasi online Indonesia Berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *