Jangan Berhenti Jadi Orang Baik

You are currently viewing Jangan Berhenti Jadi Orang Baik

Jangan Berhenti Jadi Orang Baik – Sebagai manusia yang memiliki ketergantungan satu sama lainnya. Sebab itu, setiap orang dianjurkan untuk berbuat baik terhadap sesama dengan segenap cara atau kemampuan yang dimilikinya.

Dalam berbuat baik, islam menganjurkan untuk memaksimalkan setiap kesempatan yang ada. Artinya, selama masih ada kesempatan walaupun itu sangat kecil, tetaplah berbuat baik dan jangan pernah berhenti untuk jadi orang baik.

Dalam salah satu hadits Nabi yang diriwatkan oleh Imam Bukhori, Rasulullah SAW bersabda:

“Kendatipun hari kiamat segera datang, sedang di tangan salah seorang dari kalian terdapat satu bibit pohon kurma, dan kiamat itu tidak segera datang sebelum ia menanam bibit itu, maka hendaklah dia menanamnya.”

Hadits tersebut menggambarkan tentang keindahan islam, yang mana setiap muslim dianjurkan untuk terus berbuat baik dalam kondisi apapun meski kesempatannya sangat kecil.

Jangan berhenti jadi orang baik
Program kebaikan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Dalam kehidupan yang telah kita lalui, kita mungkin pernah melihat orang tua atau kakek nenek kita menanam pohon, misalnya pohon kelapa. Orang tua atau kakek nenek kita mungkin tidak sempat untuk memanen kelapa atau menikmati hasil dari apa yang ditanamnya, akan tetapi anak, cucu, dan bahkan orang lain di generasi setelahnya yang mungkin menikmati hasil dari apa yang telah ditanam tersebut.

Sahabat, ketika kita berbuat baik maka akan banyak orang yang merasakan manfaat dari apa yang kita kerjakan. Misalkan disaat kita menanam pohon atau tanaman, banyak sekali yang dapat merasakan manfaat dari apa yang kita tanam tersebut.

Nabi SAW Bersabda : “Tidaklah seorang Muslim menanam suatu tanaman, kecuali apa yang dimakan darinya merupakan sedekah baginya, dan apa yang tercuri darinya juga merupakan sedekah, dan apa yang dimakan binatang buas darinya juga merupakan sedekah baginya, dan apa yang dimakan burung adalah sedekah baginya, dan apa yang dikurangi oleh seseorang maka hal itu sedekah baginya.” (HR Muslim, dari Jabir).

Sahabat, menanam pohon merupakan satu diantara banyaknya contoh kebaikan yang bisa kita tunaikan. Tentu disaat kita menanam satu pohon saja banyak sekali manfaat yang bisa dituai. Selain menanam pohon, masih banyak juga amal kebaikan lainnya yang bisa dikerjakan untuk saling membantu dan menolong dengan sesama.

Dalam kondisi saat ini, kita bisa berbuat baik dengan memberikan bantuan kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Baik bantuan berupa sembako, modal usaha, pembinaan dan pendampingan life skill, dan bantuan dalam bentuk lainnya yang memiliki nilai manfaat.

Dalam konteks lain sahabat juga bisa membantu dana pendidikan bagi anak-anak kurang mampu, membantu pembangunan pondok pesantren ataupun sekolah, atau juga menyalurkan bantuan terhadap korban bencana mulai dari bantuan logistik hingga bantuan di masa pemulihan paska bencana.

Selanjutnya, kebaikan juga bisa sahabat tebarkan dengan menyebarkan hal-hal positif, menginspirasi, mengajak berbuat baik, dan menumbuhkan harapan melalui berbagai platform media sosial yang sahabat miliki.

Tak hanya sendirian, kebaikanpun bisa sahabat tunaikan secara bersama-sama atau goton goyong. Hal itu dikarenakan berbagai kebaikan yang dikerjakan sendirian mungkin akan memberatkan pada satu orang. Namun, beda halnya jika kebaikan tersebut dilakukan secara bersama-sama, manfaat kebaikan tersebut akan lebih luas dan lebih besar lagi.

Sebab itu, mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan dan jangan pernah berhenti untuk jadi orang baik. Insyaallah amal baik yang sahabat kerjakan akan menjadi manfaat yang tiada henti.

Sahabat yuk tunaikan kebaikanmu dengan berdonasi untuk program kebaikan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan mengakses tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi/

Share on Whatsapp

Leave a Reply