Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
Meraih Keberkahan Ramadhan

Amalan untuk Meraih Keberkahan Ramadhan

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang indah, berkah, dan maghfirah. Terdapat banyak kemuliaan pada bulan ini diantaranya dibukakannya pintu surga serta ditutupnya pintu neraka, dibelenggunya setan yang sering menggoda manusia agar jauh dari Allah, serta dilipatgandakannya pahala kebaikan di bulan ini.

Seorang muslim hendaknya menyambut bulan ini dengan perasaan bahagia dan gembira agar mampu meraih keberkahan yang ada pada bulan Ramadhan ini.  Rasululullah SAW Bersabda:

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah wajibkan puasa Ramadhan. Pintu langit dibuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu. Di dalamnya (bulan Ramadhan) ada lailatulqadar,” (H.R Nasai).

Disampaikannya usia hingga bulan Ramadhan merupakan salah satu nikmat yang besar bagi seorang muslim, hal itu karena kesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya pada bulan Ramadhan ini.

Disamping itu, ada juga sebagian orang yang sangat merindukan bulan Ramadhan dan senantiasa memanjatkan doa agar disampaikan pada bulan yang berkah ini, namun ajal lebih dahulu datang pada dirinya dibandingkan bulan yang dirindukannya tersebut sehingga ia tak sampai usia kepada bulan Ramadhan.

Berdasarkan hal itu, seorang muslim hendaknya bersungguh-sungguh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan untuk meraih keberkahan bulan Ramadhan sekaligus sebagai bentuk rasa syukur karena disampaikannya usia hingga bulan Ramadhan.

Untuk memaksimalkan diri di bulan Ramadhan, berikut adalah beberapa amalan yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan selain menjalankan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh.

1. Shalat tarawih

Meraih Keberkahan Ramadhan
(Foto: Unplash)

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang hanya ada pada bulan Ramadhan, artinya dalam satu tahun umat islam hanya bisa menjalankan shalat tarawih hanya pada bulan Ramadhan.

Pelaksanaan shalat tarawih sendiri dilaksanakan pada bakda shalat Isya dan biasanya dilaksanakan secara berjamaah di mesjid. Salah satu hikmah atau keutamaan dari mendirikan shalat tarawih ialah mendapat ampunan atas dosa yang dikerjakan di masa lalu.

Rasulullah SAW Bersabda: “Barang siapa beribadah di malam Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka dihapus dosanya yang telah lampau,” (HR al-Bukhari).

2. Memperbanyak dzikir

Meraih Keberkahan Ramadhan
(Foto: Unsplash)

Memperbanyak dzikir merupakan salah satu amalan yang dapat dikerjakan pada bulan Ramadhan, terutama di waktu malam hari. Berdzikir berarti selalu mengingat Allah, mensyukuri nikmatnya, serta merendahkan diri dihadapan-Nya.

Diantara hikmah memperbanyak dzikir ialah melembutkan hati serta terhindar dari maksiat kepada Allah. Orang yang senantiasa berdzikir ia akan diberikan ketenangan serta dijauhkan dari kegelisahan dan kesedihan.

3. Tilawah Al-Quran

Meraih Keberkahan Ramadhan
(Foto: Unplash)

Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan terbaik yang bisa dimaksimalkan pada bulan Ramadhan. Jika Ramadhan diibaratkan sebagai tamu, maka kita harus menjamunya dengan sesuai yang disenangi olehnya yakni dengan membaca Al-Quran serta memaknai maksud yang terkandung di dalamnya.

Dengan mengisi Ramadhan dengan membaca Al-Quran diharapkan dapat menambah keimananan dan keyakinan kita terhadap keistimewaan Al-Quran. Agar Ramadhan lebih dekat dengan Al-Quran, seorang muslim dianjurkan untuk mencari lingkungan atau komunitas pecinta Al-Quran.

Menumbuhkan kecintaan dan kebiasaan membaca Al-Quran harus dilakukan secara terus-menerus utamanya pada bulan Ramadhan. Dalam hal ini Al-Quran harus dibaca dan dipahami secara bertahap dan konsisten kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memberi makan atau sedekah buka puasa

Meraih Keberkahan Ramadhan
(Foto: Unsplash)

Memberi makan pada orang yang berbuka puasa merupakan salah satu amalan terbaik di bulan Ramadhan. Bentuknya tidak perlu mewah atau mahal, minimal satu gelas air dan tiga butir kurma untuk berbuka puasa.

Memberi makan pada orang yang berbuka puasa memiliki keutamaan yang besar yakni seseorang akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa tanpa berkurang sedikit pun. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun, “(Bukhari Muslim).

5. Memperbanyak sedekah

Aktivitas Berbagi di Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash)

Bulan Ramadhan identik juga dengan bulan berbagi, banyak yang berlomba-lomba dalam menunaikan sedekah pada bulan Ramadhan. Selanjutnya, disebutkan bahwa sedekah di bulan Ramadhan merupakan sebaik-baiknya sedekah.

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan,” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Aktivitas Berbagi yang Seru di Bulan Ramadhan

Disamping itu, Rasulullah sebagai sosok yang paling dermawan, beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan. Hal ini dapat dijadikan sebagai teladan bagi umat islam dalam mengeluarkan sedekah di bulan Ramadhan.

Demikianalah beberapa amalan utama yang dapat dikerjakan selama  bulan Ramadhan untuk meraih keberkahan Ramadhan. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari Ramadhan tahun sebelumnya.

Yuk berbagi untuk sesama di bulan Ramadhan di platform Indonesia Berbagi dengan mengakses situs ini https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *