4 Aktivitas Berbagi yang Seru di Bulan Ramadhan

You are currently viewing 4 Aktivitas Berbagi yang Seru di Bulan Ramadhan
(Foto: Unsplash)

Aktivitas Berbagi di Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan sering disebut dengan bulan berbagi, hal itu karena pada bulan Ramadhan aktivitas berbagi terhadap sesama mengalami peningkatan dan juga terdapat pahala yang dilipatgandakan bagi mereka yang berbagi.

Dengan demikian, tidak heran jika pada bulan yang penuh berkah ini banyak umat islam yang berlomba-lomba dalam berbagi kebaikan terhadap sesama.

Banyak sekali aktivitas berbagi yang seru di bulan Ramadhan, mulai dari berbagi menu takjil hingga berbagi hampers yang sering dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri.

Aktivitas Berbagi di Bulan Ramadhan
Dokumentasi berbagi menu makan Rahmatan Pandu Kemanusiaan (RPK).

Berikut adalah beberapa ide aktivitas berbagi seru di bulan Ramadhan yang dapat kamu lakukan.

1. Memasak dan berbagi menu buka sahur untuk keluarga dan tetangga

Berbagi di bulan Ramadhan tak selamanya dilakukan dengan sejumlah uang, ada banyak cara untuk berbagi kebaikan terhadap orang lain salah satunya dengan berbagi makanan untuk sahur atau buka kepada tetangga maupun orang yang membutuhkan.

Memasak makanan yang banyak dan kemudian dibagikan kepada tetangga atau orang yang membutuhkan termasuk aktivitas yang bernilai ibadah. Disebutkan bahwasannya seorang muslim dapat men-copy paste pahala puasa muslim lainnya dengan memberikan makanan atau takjil pada orang yang berpuasa.

Selain itu, memasak makanan yang banyak dan kemudian dibagikan kepada tetangga merupakan aktivitas yang seru dan asyik dilakukan selama bulan Ramadhan.

2. Membuat takjil dan membagikannya

Menu takjil dan menu buka puasa meskipun sekilas sama namun memiliki perbedaan. Menu takjil biasanya terdiri dari makanan dan minuman olahan ataupun buah-buahan yang dapat dicicipi untuk berbuka puasa. Selanjutnya, menu buka puasa biasanya dipahami sebagai menu makan berat setelag membatalkan puasa dengan takjil.

Kegiatan berbagi takjil di bulan Ramadhan merupkan kegiatan yang seru dan tentunya bernilai pahala. Untuk melakukannya, buatlah menu takjil dalam jumlah banyak baik kolak, sop buah, ataupun menyajikan buah kurma, kemudian bagikan kepada jemaah mesjid, tetangga, atau pada orang yang lewat di sekitar tempat tinggalmu.

3. Berbagi pakaian layak

Tak bisa dipungkiri, sebagian dari kita saat ini masih belanja dengan landasan keinginan dan bukan kebutuhan. Hingga pada akhirnya banyak sekali pakaian yang numpuk dan kita sendiri pusing untuk pakai yang mana.

Agar pakaianmu lebih bermanfaat, kamu dapat melakukan aktivitas seru dengan membagikan pakaian layak pakai yang kamu miliki kepada orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

Tentu hal ini jauh lebih bermanfaat dibandingkan kamu harus melihat tumpukan pakaian di lemarimu.

4. Berbagi hampers lebaran

Tidak semua orang yang berada di sekitar sama beruntungnya dengan kita, untuk itu jadikan momen bulan Ramadhan sebagai momen melatih diri menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

Buatlah aktivitas peduli dengan membagikan hampers atau bingkisan berupa kebutuhan dasar rumah tangga untuk tetangga atau saudara yang membutuhkan.

Dalam berbagi, kamu dapat mempriorotaskan orang terdekat dan membutuhkan di sekitarmu. Setelah itu barulah berbagi kepada kerabat atau teman yang lebih jauh.

Baca Juga: Bekal Ramadhan untuk Yatim dan Dhuafa

Sahabat, demikianlah aktivitas berbagi seru yang dapat kamu lakukan selama bulan Ramadhan baik sendiri ataupun bersama komunitasmu.

Jangan lupa untuk tetap menjaga niat yang tulus dan ikhlas karena Allah dalam aktivitas berbagi yang kamu lakukan.

Sementara itu, kamu juga dapat berbagi kebaikan bersama kami di bulan Ramadhan di platform donasi online kami dengan mengakses situs ini https://indonesiaberbagi.id/donasi/donasi-ramadhan/.

Share on Whatsapp

Leave a Reply