Bekal Ramadhan untuk Yatim dan Dhuafa

You are currently viewing Bekal Ramadhan untuk Yatim dan Dhuafa

Bekal Ramadhan untuk Yatim dan Dhuafa – Awal Ramadhan tahun ini diperkirakan akan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022, menyusul sidang isbat satu Ramadhan tahun 2022 yang akan diselenggarakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hasil dan keputusan sidang isbat tentunya akan menjadi penentu kapan awal Ramadhan tahun 2022.

Menjelang datangnya bulan Ramadhan, umat islam dianjurkan untuk melakukan berbagai persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan agar mampu lebih maksimal dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Persiapan tersebut terdiri dari persiapan diri dengan memulai diri membiasakan untuk meningkatkan amalan sehari-hari, menghadiri majelis ilmu, serta mempersiapkan fisik dengan berolahraga dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Bekal Ramadhan untuk Yatim dan Dhuafa
Santunan anak yatim di Asrama Yatim Pusat Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Selain beberapa persiapan tersebut, persiapan ekonomi atau finansial menjelang Ramadhan juga perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya persiapan. Hal itu tak lain karena pada bulan Ramadhan terdapat amalan yang memerlukan persiapan harta mulai dari sedekah, zakat, hingga bagi-bagi takjil atau menu buka puasa.

Selain itu, kondisi harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan juga seringnya mengalami kenaikan, dengan demikian persiapan finansial juga sangat diperlukan supaya kita mampu lebih fokus dalam menyambut Ramadhan.

Namun demikian, tidak semua orang mampu dengan baik mempersiapkan ekonomi atau finansial menjelang Ramadhan. Ada sebagian golongan seperti keluarga yatim atau kaum dhuafa yang mungkin tidak memiliki kapasitas untuk mempersiapkan finansial menjelang Ramadhan.

Berdasarkan hal itu, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur mengusung program ‘Sangu Persiapan Ramadhan untuk Yatim dan Dhuafa’. Melalui program tersebut, yayasan mengajak sahabat semua untuk bersama membantu keluarga yatim dan dhuafa untuk mempersiapkan ekonomi dengan lebih baik menjelang Ramadhan.

Bantuan bekal persiapan Ramadhan ini akan didistribusikan kepada keluarga yatim dan binaan yayasan dalam bentuk sembako dan beberapa keperluan yang diperlukan pada bulan Ramadhan. Harapannya, keluarga yatim dan dhuafa sebagai penerima manfaat dapat lebih siap menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

Mari bersama mengulurkan tangan untuk bantu keluarga yatim dan dhuafa mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan persiapan ekonomi yang lebih baik. Yuk donasi sekarang melalui situs kami di https://indonesiaberbagi.id/donasi/.

Share on Whatsapp

Leave a Reply