Jumat Berkah, Amalan Apa yang Sahabat Lakukan Hari Ini?

You are currently viewing Jumat Berkah, Amalan Apa yang Sahabat Lakukan Hari Ini?

Amalan Terbaik di Hari Jumat – Sahabat, Alhamdulillah kita disampaikan lagi pada hari Jumat yang mulia, amalan apa saja yang sahabat lakukan pada hari ini?

Hari Jumat merupakan hari yang mulia bagi umat Islam. Pada hari Jumat, umat islam dianjurkan untuk meningkatkan amal shaleh dan ketaatan di dalamnya. Allah tidak menciptakan hari yang mulia ini melainkan banyak peristiwa luar biasa yang terjadi di Hari Jumat.

Amalan Terbaik di Hari Jumat
Memakai parfum untuk shalat Jumat berjamaan menjadi salah satu sunnah di hari Jumat.

Dianjurkannya umat Islam untuk mengerjakan dan meningkatkan amal shaleh pada hari Jumat tak lain adalah karena keistimewaan hari ini. Guna memperoleh keutamaan tersebut, ada beberapa amalan terbaik yang bisa dikerjakan di setiap hari Jumat seperti halnya memperbanyak shalawat, dzikir, membaca surat Al-Kahfi, sedekah, memakai parfum saat shalat Jumat berjamaah, serta amal sunnah yang lainnya.

Mengenai amalan yang dianjurkan pada hari Jumat, Imam Syafi’i dalam kitab karangannya meriwayatkan sebuah hadits Nabi sebagai berikut.

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Sahabat, hadits dalam hadits diatas disebutkan dua amalan yang dianjurkan pada hari Jumat yakni memperbanyak shalawat kepada Nabi dan melakukan sedekah. Dalam hadits tersebut disebutkan juga bahwasannya pahala bersedekah pada hari Jumat akan dilipatgandakan.

Baca Juga : Menjadi Pedagang yang Bertakwa

Berkaitan dengan sedekah pada hari Jumat, Ibnu Qayyim ra. Berkata “Sesungguhnya shadaqah pada hari Jum’at itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.” Zaadul Ma’aad (I/407)

Amalan Terbaik di Hari Jumat
Sedekah merupakan salah satu amalan terbaik di hari Jumat.

Sedekah yang ditunaikan memiliki banyak keutamaan bagi para penunainya, selain dapat menyucikan diri dari dosa, sedekah juka dapat menumbuhkan akhlak yang mulia hingga mengikis sifat bakhil atau serakah. Sedekah juga dapat menjadi amal pembuka pintu-pintu rezeki yang bisa saja datang dari berbagai arah yang tidak disangka.

Diantara banyaknya amalan yang bisa dikerjakan pada hari Jumat, apa saja yang sudah dan bahkan sering sahabat lakukan? Yuk terus tingkatkan dan teruslah berlomba-lomba dalam kebaikan untuk meraih keberkahan pada hari Jumat yang mulia.

Jangan lupa untuk terus memperbanyak shalawat di hari Jumat ini dan tunaikan sedekah terbaikmu untuk membantu dan berbagai terhadap sesama. Sahabat bisa menunaikan sedekah dan berbagi kepada orang yang membutuhkan bersama kami dengan mengakses tautan di bawah ini.

Share on Whatsapp

Leave a Reply