Sedekah yang Paling Utama

You are currently viewing Sedekah yang Paling Utama

Sedekah yang Paling Utama – Sahabat, dalam mengerjakan ibadah kepada Allah kita harus melakukannya secara maksimal, baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah dalam melakukan setiap amal kebaikan.

Amal kebaikan yang dilakukan secara maksimal dan tulus hanya mengharap keridhoan Allah semata dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya ketakwaaan seorang hamba. Dalam hal ini, seorang mukmin dianjurkan untuk terus memaksimalkan dan istiqamah dalam mengerjakannya.

Demikian juga dalam menunaikan sedekah, hendaklah setiap muslim menunaikannya secara maksimal dan istiqamah. Sebagai amalan yang memiliki ragam manfaat, ternyata ada sedekah yang paling utama dan bisa kamu tunaikan.

Sedekah yang Paling Utama
Memaksimalkan diri dalam sedekah dan menebar manfaat kepada sesama.

Pada dasarnya, sedekah semuanya baik dan dianjurkan kepada setiap mukmin untuk mengerjakannya. Namun, ada beberapa hal yang menjadikan antara satu dengan yang lainnya memiliki keutamaan dan nilai yang berbeda.

Perbedaan tersebut tergantung pada niat, konidisi orang yang bersedekah, dan sasaran atau penerima manfaat dari sedekah tersebut. Berikut adalah beberapa sedekah paling utama yang bisa kamu kerjakan.

1. Sedekah Sirriyyah

Sedekah sirriyyah atau sedekah secara sembunyi-sembunyi merupakan salah satu bentuk pelaksanaan sedekah yang bisa sahabat tunaikan. Salah satu nilai utama dari sedekah ini dapat menghindarkan kamu dari riya’ dalam beramal dan juga lebih mendekati pada ikhlas. Allah SWT berfirman :

“Jika kamu Menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.” (QS. Al Baqarah: 271).

Dalam ayat diatas disebutkan bahwa yang paling utama untuk disembunyikan adalah sedekah kepada fakir dan miskin. Selanjutnya ada juga beberapa jenis sedekah yang mau tidak mau harus ditampakan seperti halnya membangun mesjid, membangun sekolah, jembatan, sumur, dan beberapa sedekah lainnya.

2. Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah adalah sedekah yang pahalanya terus mengalir meskipun seorang penunainya telah meninggal dunia. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila cucu Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga; sedekah jariyah, ilmu yang dimanfa’atkan atau anak shalih yang mendo’akan (orang tua)nya.” (HR. Muslim)

Adapun yang termasuk ke dalam sedekah jariyah adalah wakaf, pembangunan mesjid, madrasah, menanam pohon, berbagai sarana lainnya yang bermanfaat untuk masyarakat secara umum.

3. Sedekah Kepada Kerabat

Dalam menunaikan sedekah, ada baiknya kita mengedepankan orang terdekat yang terkena musibah atau membutuhkan bantuan. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:

“Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua (kebaikan); sedekah dan silaturrahim.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim, Shahihul Jami’ no. 3858)

Sedekah kepada kerabat jika dikhususkan dapat ditunaikan kepada anak yatim yang masih ada hubungan kerabat dan kepada kerabat yang memendam permusuhan.

Sahabat, diatas adalah tiga sedekah yang paling utama, baik dari cara pelaksanaannya, jenis sedekah, dan penerima manfaat dari sedekah yang ditunaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita untuk maksimal dan istiqamah dalam menunaikan sedekah.

Yuk tunaikan sedekah sekarang untuk manfaat tiada henti, klik disini untuk tunaikan sedekahmu.

Share on Whatsapp

Leave a Reply