Meraih Takwa Melalui Ibadah Qurban

You are currently viewing Meraih Takwa Melalui Ibadah Qurban

Ibadah Qurban – Sebagai ibadah yang sangat dianjurkan bagi muslim yang mampu di hari raya Idul Adha, Ibadah Qurban juga menjadi washilah bagi seorang muslim untuk meraih takwa. Adapun bagi orang yang bertakwa, Allah menjanjikan tempat yang mulia disisi-Nya.

Ditinjau dari sejarah, perintah untuk menunaikan ibadah qurban salah satunya tujuannya ialah menguji seberapa besar keikhlasan dan kesabaran seorang hamba. Dimana keikhlasan dan kesabaran tersebut merupakan salah satu barometer ketakwaan seorang hamba kepada Allah.

Ibadah Qurban | Kurban Bersama Yatim dan Dhuafa
Pahala berqurban lebih dahulu sampai dibandingkan darah hewan yang menetes keatas tanah.

Kita bisa mengambil hikmah pada dua kisah yang sangat masyhur ditengah-tengah kita yakni kisah Qabil dan Habil serta kisah Nabi Ibrahim AS. dan Nabi Ismail AS. Dari kisah Qabil dan Habil kita mengambil pelajaran bahwa Allah hanya akan menerima qurban terbaik dari seorang hamba yang ikhlas semata-mata hanya mencari ridho-Nya.

Selanjutnya pada kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail kita dapat melihat betapa besar kesabaran dan keikhlasan keduanya. Saat itu Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah melalui mimpi untuk menyembelih putra semata wayangnya Ismail AS.

Ibrahim pun menceritakan mimpi tersebut kepada anaknya Ismail AS. Mendengar cerita ayahnya, sikap Ismail justru sangat mengejutkan. Ismail berkata “Hai ayahku, kerjakan lah apa yang diperintahkan kepadamu; termasuk menyembelihku insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar,” ucap Nabi Ismail. Lalu dikerjakanlah perintah Allah tersebut, namun Allah mengutus malaikat untuk mengganti Nabi Ismail dengan seekor domba.

Dalam pelaksanaan ibadah qurban, umat islam diperintahkan untuk belajar menyedekahkan harta terbaiknya untuk menggapai ridha Allah SWT. Harta yang dikeluarkan tersebut nantinya akan berbuah keberkahan karena dapat mendekatkan seorang hamba pada keikhlasan dan ketakwaan.

Manfaat Ibadah Qurban

Ibadah Qurban | Kurban Bersama Yatim dan Dhuafa
Qurban bersama yatim dan dhuafa’

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Berqurban merupakan ibadah yang amat dicintai oleh Allah pada hari raya Idul Adha. Ibadah qurban juga merupakan ibadah yang paling cepat pahalanya, dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pahala qurban lebih dahulu sampai dibandingkan darah yang menetes diatas tanah.

2. Menyadarkan bahwa segala sesuatu hanya milik Allah

Qurban yang dianjurkan bagi umat muslim pada dasarnya memiliki tujuan untuk menyingkirkan jauh-jauh rasa kepemilikan  terhadap harta. Qurban juga mengajarkan umat islam untuk merasa bahwa semua harta yang dimiliki hanyalah titipan Allah.

3. Sebagai wujud rasa syukur

Penyembelihan hewan qurban yang dilakukan oleh umat islam di hari raya Idul Adha merupakan wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh-Nya. Bersyukur juga merupakan salah satu ciri dari seorang hamba yang bertakwa pada-Nya. Allah berjanji akan melipatgandakan nikmat yang diberikannya pada seorang hamba yang mampu bersyukur.

Baca Juga : Harga Hewan Qurban 2021

4. Menghapuskan Dosa

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan olegh Al Bazaar dan Ibnu Hibban. tetesan darah hewan yang disembelih untuk qurban merupakan penebus dan pengampun dosa-dosa pada masa lalu.

“Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu”. (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

Betapa besarnya manafat qurban yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dan berbagi kebahagiaan bersama mereka yang kurang beruntung.

Sahabat bisa menunaikan qurban bersama anak-anak yatim dan dhuafa’ di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Selain menyelenggarakan layanan qurban yang transparan dan seusai syari’at, pihak yayasan juga menyediakan hewan qurban yang memenuhi syarat qurban dengan harga yang kompetitif dan relatif murah. Yuk wujudkan rencana qurbanmu dengan mengakses link berikut ini.

http://indonesiaberbagi.id/program/qurban

Share on Whatsapp

Leave a Reply