Obati Sakitmu dengan sedekah

You are currently viewing Obati Sakitmu dengan sedekah

OBATI SAKITMU DENGAN SEDEKAH – Sahabat percayakah bahwa sedekah dapat mengobati penyakit? Pada dasarnya setiap penyakit memang ada obatnya dan setelah masa sakit pasti akan ada masa sembuh. Adapun jika sakit yang dialami tak kunjung hilang dan sembuh meski telah berobat kemana-mana, maka kemungkinan sang obat belum ditemukan dan belum mendapatkan izin Allah atas kesembuhannya.

Saat kita sakit, maka ada dua cara yang seharusnya kita lakukan yakni ikhtiar dan doa. Ikhtiar dilakukan dengan berobat ke dokter, mengonsumsi obat atau dirawat secara intensif dan disempurnakan dengan doa.

berobat dengan sedekah
Setiap penyakit pasti ada obatnya.

Namun, banyak diantara kita yang belum menyadari bahwa ada salah satu obat yang mujarab atas sakit yang dialami yakni sedekah.

Al-Aswad bin Yazid meriwayatkan dari Abdullah, ia berkata, “Rasulullah Shalallaahu ‘Alahi Wasallam bersabda: ‘Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah, bentengilah harta kalian dengan zakat, dan siapkanlah doa untuk menghadapi musibah.” (HR Baihaqi)

Hadits diatas merupakan nash yang menyebutkan bahwa sedekah merupakan salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan untuk pengobatan dan penyembuhan atas izin Allah SWT.

Dengan demikian, bersedekah selain akan membuat harta kita menjadi berkah dan memiliki nilai manfaat lebih, juga bisa menjadi wasilah datangnya kesembuhan dari Allah SWT atas sakit yang diderita.

Ibnul Qayyim berkata, “Setiap dokter yang tidak mengobati pasiennya dengan memeriksa hati, kebaikan, kekuatan ruhani, dan tidak menguatkan itu semua dengan sedekah, berbuat kebaikan dan kebajikan serta kembali kepada Allah dan hari akhir, berarti ia bukan dokter sejati. Akan tetapi, seseorang yang baru belajar menjadi dokter.”

Sahabat, selain dapat mengobati sakit yang diderita, sedekah juga dapat mencegah datangnya penyakit. Tentunya dalam hal apapun mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Sedekah dapat mencegah datangnya penyakit sebagaimana juga bisa mengobati penyakit atas izin Allah.

Apapun Penyakitnya Insyaallah Kesembuhan akan Datang Pada Kita

berobat dengan sedekah
Obati Sakitmu Dengan Sedekah.

Sahabat, kita perlu meyakini bahwa setiap penyakit ada obatnya, dan setelah masa sakit pasti ada masa-masa sehat kembali. Tumbuhkanlah kepercayaan serta keyakinan pada Allah, bahwasannya hanya dzat-Nya lah yang memberikan kesembuhan pada diri kita.

Kembalilah pada-Nya dengan melakukan berbagai amal shalih seperti dzikir, shalawat, taubat dan sedekah. Bantulah orang-orang yang berada dalam kekurangan, berilah mereka makan hingga kenyang atau santunilah anak-anak yatim.

Selanjutnya bersabarlah saat badan ini mulai tidak nyaman dengan rasa sakit yang dialami. Sebagaimana telah disebutkan dalam pepatah arab “Sabar itu seperti obat pahit yang tidak enak rasanya, tetapi hasilnya indah.”

Baca Juga : Manfaat Sedekah Jadikan Rezeki Semakin Bertambah

Saat sakit datang, sabar mampu menghindarkan diri dari berbagai pikiran negatif yang dapat melemahkan semangat untuk meraih sembuh. Ketika kita mampu bersabar atas tak nyamannya sakit yang dialami, hal tersebut akan menjadikan kita lebih semangat dalam menjalani perawatan dan optimis untuk sembuh kembali.

ketahuilah bahwa penyakit yang datang bukan berarti kita sedang berada dalam keburukan. Bisa jadi hal itu merupakan ujian dan cara menyembuhkannya salah satunya dengan bersedekah.

Sedekah terbaik ialah sahabat yang disegerakan, sahabat bisa menunaikan sedekah online di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin dengan mengakses tautan dibawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi

Share on Whatsapp

Leave a Reply