Olahraga Tepat Untuk Jaga Kesehatan Paska Lebaran

You are currently viewing Olahraga Tepat Untuk Jaga Kesehatan Paska Lebaran

Olahraga Tepat Paska Lebaran – Momen lebaran tidak lengkap tanpa sajian makanan spesial yang beragam. Hidangan lebaran identik dengan menu penih lemak dan tinggi kalori seperti opor ayam, ketupat, daging sapi, minuman manis dan lain-lain.

Kudapan yang khas dan menggugah selera ini seringnya menjadikan kita lupa diri dan kalaf. Hal tersebut terjadi bukan hanya karena faktor makanannya saja yang khas, melainkan kondisi lebaran yang merupakan waktu berbuka setelah berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

Olahraga Tepat Paska Lebaran
Makanan khas lebaran yang menggugah selera.

Tentunya jika menyantap makanan khas lebaran tidak dikontrol dengan baik maka akan berpengaruh pada kesehatan dan berat badan. Makan enak di saat lebaran tentunya boleh-boleh saja, akan tetapi dalam hal ini kita harus mengimbanginya dengan olahraga agar kesehatan dan berat badan terjaga.

Berikut adalah olahraga tepat yang bisa sahabat kerjakan agar tetap sehat paska lebaran.

1. Jogging

Jogging adalah jenis olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Jogging bisa dilakukan dengan cara berlari santai di halaman rumah, jalanan sekitar maupun lapangan yang ada disekitar tempat tinggal. Adapun jogging sangat pas jika dilakukan di pagi hari ataupun sore hari.

Tak hanya mudah dan praktis, jogging juga efektif dalam membakar lemak. Berlari dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar lemak sebanyak 206 kalori. Bahkan lebih dari itu, jika jogging dilakukan selama satu jam dengan jarak minimal lima kilometer, jogging dapat membakar 550 sampai 800 kalori.

2. Olahraga naik turun tangga

Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan, tentunya bagi siapa saja yang disekitar area rumahnya ada tangga. Aktivitas turun tangga dapat menurunkan kalori 175 hingga 275 kalori per jam.  Sedangkan naik tangga, kalori yang akan terbakar akan sangat tinggi yaitu sekitar 530 hingga 830 kalori per jam.

Selain itu naik turun tangga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menghindarkan dari osteoporosis.

3. Berenang

Olahraga Tepat Paska Lebaran

Berenang adalah olaraga yang sangat menyenangkan. Olahraga air ini adalah salah satu olahraga yang juga disaranklan untuk membakar banyak kalori. Selain dapat membakar kalori, berenang juga adalah olahraga yang menyenangkan sehingga dapat mengurangi stress bagi yang melakukannya.

4. Lompat tali

Meski terlihar sangat sederhana, olahraga skipping atau lompat tali sangat efektif untuk menurunkan kalori. Hal tersebut dikarenakan skipping dapat membuat seluruh tubuh bergerak. Jika dilakukan selama 30 menit, skipping atau lompat tali dapat membakar 300 sampai 400 kalori.

5. Bersepeda

Olahraga Tepat Paska Lebaran

Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan dan sangat direkomendasikan untuk menjadi olahraga rutin. Bersepeda juga ternyata merupakan olahraga yang efektif dalam menurunkan kalori. Bersepeda dengan kecepatan 22 kilometer per jam dapat membakar hingga 700 kalori. Tak hanya itu, bersepeda juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan resiko terkena stroke.

Diatas adalah olahraga yang bisa sahabat lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan berat badan paska lebaran. Selanjutnya, jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga tergantung dari durasi, kecepatan dan intensitasnya. Semakin tinggi kecepatan dan intensitas olahraga yang dilakukan, semakin banyak lemak dalam tubuh yang akan terbakar.

Oleh karena itu, jangan biarkan lemak dalam tubuh kita mengendap usai lebaran. Sahabat, bisa lakukan olahraga-olahraga diatas sesuai dengan kondisi dan kemampuan sahabat guna membakar kalori dan tetap sehat.

Share on Whatsapp

Leave a Reply