Kekalkan Hartamu Dengan Menunaikan Wakaf

You are currently viewing Kekalkan Hartamu Dengan Menunaikan Wakaf

Wakaf dalam pengertiannya menurut bahasa dapat diartikan berhenti, menghentikan dan dapat pula berarti menahan. Pengertian menahan tersebut dapat dihubungkan dengan menahan harta kekayaan.

Selanjutnya wakaf dapat diartikan sebagai harta yang ditahan haknya untuk diperjual belikan, diwariskan dan diwasiatkan, dikekalkan sumber dan pokoknya dan manfaatnya digunakan untuk kebaikan bersama.

Tujuan dari berwakaf ialah memanfaatkan sejumlah harta yang diwakafkan sesuai dengan fungsinya. Adapun fungsinya ialah menggali potensi dan manfaat ekonomis yang ada dalam harta yang diwakafkan untuk kepentingan ibadah dan memajukan kesejahteraan umum.

Islam menganjurkan wakaf sebagai fasilitas bagi umat muslim yang memiliki keinginan untuk menjaga keberkahan dari hartanya. Dimana tujuan menjaga keberkahan tersebut semata-mata untuk meraih ridha dan mendekatkan diri kepada Allah.

Dilain sisi, wakaf bisa diartikan juga sebagai amalan yang paling mudah dan perniagan terbaik dengan Allah Subhanahu Wata’ala. Amalan ini juga termasuk kedalam sedekah jariah yang pahalanya akan terus mengalir selama harta yang diwakafkan memiliki nilai manfaat.

Adapun harta yang diwakafkan sama sekali tidak akan menghabiskan harta kita atau membuat kita jatuh miskin. Akan tetapi sebaliknya dengan menunaikannya sama halnya dengan mengekalkan harta kita yang akan menjadi jalan untuk meraih ridha dan ampunan-Nya.

Bagi seorang muslim, berwakaf merupakan ibadah yang istimewa. Hal itu dikarenakan pahala wakaf akan terus mengalir meskipun sang pewakaf telah meninggal dunia. Prinsipnya semakin bertambah manfaatnya, maka semakin bertambah pula pahalanya. Selain itu, tak hanya manfaat bagi pewakafnya saja, manfaat berwakaf bisa dirasakan oleh banyak orang yang yang merasakan manfaatnya.

Wakaf Itu Mudah Berkahnya Melimpah

Sebagai amalan yang dicontohkan langsung oleh Rasulullah beserta para sahabat. Wakaf memiliki banyak kebaikan baik bagi perwakaf, penerima manfaat dan seluruh orang yang terlibat dalam prosesinya.

Berwakaf dapat menjadi penyempurna keberkahan dalam hidup kita. Dan ketika Allah swt menyempurnakan keberkahan pada hidup kita, Maka kebahagian, kecukupan, ketenangan, keselamatan dan rasa syukur akan Allah berikan kepada kita.

Manfaat berwakaf juga akan dirasakan oleh orang banyak bahkan sampai lintas generasi, karena kepemilikan harta wakaf tidak bisa dipindah tangankan. Adapun yang digunakan dari harta wakaf ialah hanyalah nilai dan kegunaan dari harta tersebut, sedangkan harta yang diwakafkan akan langgeng dan kekal.

Ketahuilah bahwa harta yang diwakafkan setiap saat akan memberikan manfaat dan kebaikan serta meringankan beban orang-orang yang membutuhkan. Baik itu fakir miskin, anak yatim, para pelajar yang sedang menuntu ilmu dan lain sebagainya.

Berwakaf juga menjadi salah satu penopang dalam kemajuan dakwah islam. Ia dapat menghidupkan lembaga sosial keagamaan, mengembangkan potensi umat membangun perekonomian dan lain sebagainya.

Sahabat betapa besarnya manfaat dari berwakaf, perlu diketahui juga bahwasannya berwakaf itu mudah dan tentunya berkahnya melimpah. Allah akan menjamin kebaikan bagi hambanya yang menunaikannya baik untuk urusan dunia, bahkan Allah akan mengalirkan pahala baginya hingga ke surga.

Setiap orang pasti menginginkan keberkahan dan kebaikan baginya baik di dunia maupun di akhirat. Berwakaf merupakan amalan terbaik atau perniagaan terbaik yang bisa sahabat tunaikan untuk meraiah keberkahan tersebut. Yuk tunaikan dan  raih banyak keberkahan berwakaf sekarang juga.

Bagi sahabat yang ingin meraih keberkahan dengan berwakaf bisa langsung menunaikannya di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan meng-klik link wakaf ini.

Share on Whatsapp

Leave a Reply