Hilangkan Gelisah dengan Sedekah

You are currently viewing Hilangkan Gelisah dengan Sedekah

Hilangkan Gelisah Dengan Sedekah – Siapapun yang hatinya tidak tenteram dan diselimuti oleh perasaan gelisah tentu menjadikan hidupnya tidak nyaman. Perasaan gelisah tersebut juga bisa berdampak pada berkurangnya kualitas tidur, tidak enak makan, serta tidak memiliki semangat untuk beraktivitas.

Perasaan gelisah tentunya bisa datang dan hadir pada siapa saja, namun setiap orang diberikan jalan untuk mengatasinya. Lalu bagaimana kita mengatasinya?

Sahabat, rasa gelisah yang menimpa diri tentunya pasti ada sebabnya. Diantara penyebab datangnya perasaan gelisah ialah kurang bersyukur dan banyaknya dosa. Dengan demikian, cara agar dapat mengatasi dan terhindar dari perasaan gelisah ialah dengan meningkatkan rasa syukur kita serta mengerjakan berbagai amal kebaikan.

Hilangkan gelisah dengan sedekah
Santunan anak yatim binaan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Diantara amal kebaikan yang dapat menjadi wasilah agar mampu mengatasi perasaan gelisah adalah dengan bersedekah. Sedekah memiliki arti suatu pemberian dari seseorang pada orang yang membutuhkan dan dilakukan dengan cara spontan serta sukarela tanpa ada batasan waktu dan jumlah.

Karena tidak ada batasan waktu dan jumlah, sedekah bisa dilakukan kapan saja dan dalam jumlah berapapun. Allah akan mencatat setiap sedekah yang dikeluarkan dan membalasnya dengan pahala kebaikan yang berlipat ganda.

Selanjutnya, Allah juga akan memberikan ganjaran kepada orang yang bersedekah yaitu diangkatnya perasaan gelisah dan sedih dalam hati orang tersebut. Dalam hal ini, Allah SWT berfirman :

“Orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah : 274).

Pada ayat diatas, orang yang hendak bersedekah dianjurkan untuk bersedekah secara diam-diam ataupun terang-terangan. Adapun sedekah secara diam-diam akan menjaga kemurnian niat dan keikhlasan dalam menunaikannya. Kemudian, sedekah secara terang-terangan juga perlu dilakukan agar mampu mensyiarkan sedekah itu sendiri dan setidaknya mampu mengajak orang lain seperti keluarga, teman, atau sahabat terdekat.

Orang-orang yang bersedekah akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Dan yang tak kalah pentingnya dari ayat diatas bahwa orang yang bersedekah akan diangkat segala kekhawatiran dan rasa sedih yang ada pada dirinya.

Sahabat, saat bersedekah pada hakikatnya kita sedang berniaga dengan Allah dan tentu saja tidak akan mengalami kerugian sedikitpun. Berikut adalah manfaat sedekah bagi para penunainya.

1. Memberikan ketenangan jiwa

Orang yang senantiasa bersedekah ia akan terhindar dari perasaan bingung, gelisah, atau juga bimbang mengenai urusan dunianya. Hatinya akan selalu dihiasi dengan ketenangan dan ketentraman sehingga hidup yang dijalaninya akan terasa aman dan damai.

2. Memberikan perasaan bahagia

Segala bentuk pemberian yang bermanfaat bagi orang lain tentunya akan mendatangkan perasaan bahagia pada orang yang melakukannya. Terlebih ketika seseorang memberikan bantuan pada orang lain dengan sedekah yang diberikannya, maka perasaan lega dan bahagia tersebut secara alami akan muncul karena sudah menolong orang lain.

3. Mendapat derajat yang tinggi

Orang yang senantiasa mengeluarkan hartanya untuk disedekahkan kepada orang lain yang membutuhkan derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT.

Sahabat, sekecil apapun itu, tak ada kebaikan yang sia-sia. Sedekah dari kamu bisa menjadi hal yang sangat berarti bagi orang lain. Mari kita sedekah dan berikan seidkit dari rezeki kita kepada saudara yang sedang berada dalam keadaan sulit atau membutuhkan bantuan. Pupuk pahala kebaikanmu dan hilangkan perasaan gelisah dengan Sedekah bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin. Kamu dapat menunaikan sedekah terbaikmu dengan mengakses tautan di bawah ini.

http://indonesiaberbagi.id/donasi/

Share on Whatsapp

Leave a Reply