Lima Keutamaan Malam Lailatul Qadar

You are currently viewing Lima Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Keutamaan Lailatul Qadar – Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu oleh umat islam di bulan Ramadhan. Hal tersebut dikarenakan pada malam Lailatul Qadar Allah akan membuka pintu-pintu ampunannya kepada umat yang mendirikan ibadah dan memohon ampunannya pada malam tersebut.

Umat islam dianjurkan untuk mencari malam lailatul qadar pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Adapun cara yang tepat untuk mencari malam Lailatul Qadar adalah dengan menghidupkan malam-malam di bulan Ramadhan khususnya sepuluh malam terakhir dengan mendirikan ibadah.

Keutamaan Lailatul Qadar
Barang siapa yang mampu mendirikan ibadah di malam lailatul qadar maka ia akan mendapatkan pahala sepeti ibadah seribu bulan.

Diantara ibadah tersebut ialah memperbanyak dzikir, mendirikan shalat sunah dan memperbanyak tilawah Al-Qur’an. Adapun bagi yang memperbanyak tilawah Al-Qur’an, tidak diragukan lagi ia akan mendapatkan pahala yang besar.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa, ia memiliki banyak keutamaan antara lain :

1. Malam Turunnya Al-Qur’an

Sudah menjadi ijma’ para ulama bahwa Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Qur’an. Adapun dalil mengenai turunnya Al-Qur’an di malam lailatul qadar terdapat dalam QS Al-Qadar ayat 1 : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar.”

Al-Qur’an adalah kitab suci yang paling mulia, bagi siapa saja yang membacanya ia akan mendapatkan banyak pahala, bahkan satu huruf yang dibaca dalam Al-Qur’an akan diganjar dengan sepuluh kebaikan.

Al-Qur’an juga merupakan mukjizat terbesar untuk Rasulullah SAW, kitab suci yang abadi dan keabadiannya dijamin Allah SWT sampai hari akhir. Selain itu, Al-Qur’an juga merupakan pedoman hidup bagi seluruh orang yang bertaqwa kepada-Nya.

2. Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar adalah satu malam yang teramat penting dan terjadi di bulan Ramadhan. Dalam Al-Qur’an dijelaskan sebagai malam yang lebih baik daripada seriu bulan. Allah SWT berfirman : “Dan tahukah kamu apakah malam Qadar itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadar : 2-3)

Para ulama sepakat bahwa jika seorang yang mendirikan ibadah dan beramal shaleh pada malam yang mulia ini, ia akan mendapat pahala seperti melakkan ibadah selama seribu bulan. Jika dihitung kedalam tahun, seribu bulan kurang lebih adalah 83 tahun.

Keutamaan Lailatul Qadar
Umat islam dianjurkan untuk menghidupkan malam-malam di bulan Ramadhan, khususnya sepuluh malam terakhir.

3. Turunnya Para Malaikat

“Para malaikat dan ruh turun di malam itu dengan izin dari Tuhan mereka dengan segala urusan,” (QS. Al-Qadar : 4)

Salah satu makna dari lailatul qadar menurut para ahli tafsir ialah malam yang sempit. Hal tersebut dikarenakan pada malam ini para malaikat turun ke bumi.

Imam Al-Qurthubi menyebutkan bahwa dari setiap lapis langit dan juga dari Sidratul Muntaha. para malaikat turun ke bumi untuk mengamini do’a umat Islam yang dipanjatkan selama malam itu hingga terbitnya fajar atau datangnya waktu shubuh.

Selain itu, disebutkan juga bahwa para malaikat turun pada waktu itu untuk membawa ketetapan taqdir untuk satu tahun kedepan.

4. Malam yang Penuh Keselamatan

“Sejahteralah malam itu sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadar : 5) Pada ayat tersebut disebutkan bahwa pada malam ini didalamnya terdapat keselamatan atau kesejahteraan hingga terbitnya fajar.

Dalam tafsir kemenag disebutkan bahwa dalam ayat ini Allah  menyatakan bahwa malam tersebut dipenuhi kebajikan dan keberkahan dari permulaan sampai terbit fajar, karena turunnya Al-Qur’an yang disaksikan oleh para malaikat ketika Allah melapangkan dada Nabi-Nya dan memudahkan jalan untuk menyampaikan petunjuk serta bimbingan kepada umatnya.

Baca Juga : Zakat Fitrah, Kewajiban Lain Diluar Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

5. Malam yang Dikhususkan Bagi Umat Islam

Jumhur ulama sepakat bahwa kemuliaan dan keistimewaan Lailatul Qadar dikhususkan untuk bagi umatnya Nabi Muhammad SAW. Sedangkan umat-umat terdahulu tidak mendapatkannya.

Malam yang setara dengan seribu bulan ini merupakan salah satu fasilitas bagi umat Nabi Muhammad SAW yang ingin mendapatkan banyak pahala. Sebab, jika dibandingkan dengan umat terdahulu, umat Nabi Muhammad Umur umat Nabi SAW jauh lebih singkat.

Sahabat, sepuluh hari menjelang Ramadhan ini mari kita manfaatkan untuk terus meningkatkan ibadah. Selain itu, sepuluh hari terakhir ini menjadi momen yang tepat untuk berbagi cinta dan kasih sayang terhadap sesama. Yuk tebar paket lebaran untuk yatim dan dhuafa’ bersama kami dengan cara berdonasi melalui link donasi dibawah ini.

Https://indonesiaberbagi.id/donasi/donasi-ramadhan/

Share on Whatsapp

Leave a Reply