Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
Keutamaan Puasa Senin Kamis

Yuk Ketahui 4 Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Kamis

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Puasa sunnah hari senin dan kamis merupakan amalan puasa yang dicontohkan oleh Rasulullah yang memiliki banyak kebermanfaatan salah satunya dalam aspek kesehatan. Selain itu, terdapat juga sejumlah keutamaan yang menjadikan amalan ini harus dijadikan sebagai amalan rutin.

Berikut adalah sejumlah keutamaan puasa senin kamis yang dapat sahabat jadikan sebagai motivasi dan referensi untuk membiasakan diri berpuasa senin kamis.

1. Ibadah puasa yang dirutinkan oleh Rasululullah

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar menjalankan ibadah puasa senin kamis, dalam hal ini beliau senantiasa menjaga ibadah sunnah ini dan bahkan rutin melakukannya.

Dari Siti Aisyah RA beliau menyampaikan bahwa Nabi senantiasa puasa di hari senin dan kamis. “Nabi SAW senantiasa menjaga puasa senin dan kamis.” (HR Tirmidzi dan Ahmad)

2. Hari senin dan kamis merupakan hari dihadapkannya amal

Dalam salah satu hadits Nabi SAW disebutkan bahwa salah satu alasan nabi SAW berpuasa pada hari senin dan kamis adalah karena pada kedua hari tersebut berbagai amalan akan dihadapkan kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

“Amal perbuatan manusia akan disampaikan pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diserahkan saat aku berpuasa” (HR Tirmidzi).

3. Merupakan hari dibukanya pintu surga

Pada hari senin dan kamis Allah SWT membuka pintu surga. Rasulullah SAW bersabda:  “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan.” (HR Muslim, No. 4652)

4. Hari kelahiran Rasulullah

Hari senin merupakan hari Rasulullah SAW dilahirkan. Begitu juga wahyu Allah pun diturunkan pada hari itu. Dalam salah satu hadits disebutkan: “Nabi ditanya soal puasa pada hari Senin, beliau menjawab: Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim: 1162).

Sahabat, itulah beberapa keutamaan puasa sunnah hari senin dan kamis yang dapat sahabat ketahui dan jadikan inspirasi untuk melakukan salah satu amalan istimewa tersebut. Disamping itu, sahabat juga dapat berbagi kebaikan serta meraih pahala puasa senin dan kamis dengan bersedekah paket  makanan buka puasa senin dan kamis anak-anak yatim. Yuk tunaikan sedekah makanan untuk buka puasa senin dan kamis anak yatim melalui tautan berikut ini: Sedekah Makanan untuk Buka Puasa Senin Kamis