Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
keutamaan membayar zakat fitrah

6 Keutamaan Membayar Zakat Fitrah Bagi Umat Islam

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Membayar zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, dalam hal ini zakat fitrah sendiri menjadi bagian dari rukun Islam. Salah satu keutamaan zakat fitrah ialah menjadi amalan yang dapat menghapuskan dosa-dosa.

Membayar zakat fitrah menjadi salah satu amalan penutup serta penyempurna ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan. Pelaksanaan zakat ini dilakukan dengan cara mengeluarkan bahan makanan pokok sesuai dengan jumlah yang ditentukan yakni 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras.

Zakat fitrah dapat ditunaikan melalui amil atau lembaga amil zakat terdekat. Selain menggunakan beras, menurut para ulama termasuk Syaikh Yusuf Qardawi, zakat fitrah boleh dibayar dengan uang yang setara dengan nilai bahan makanan pokok 2,5 kilogram atau 3,5 liter.

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah

Berikut adalah beberapa keutamaan membayar zakat yang ada dalam Al-Quran dan Hadits Nabi.

1. Menyempurnakan Agama dan Pahala Puasa

Membayar zakat fitrah merupakan bagian dari rukun islam yang lima. Dalam hal ini, kita mengetahui bahwasannya zakat terbagi menjadi dua yakni zakat fitrah dan zakat mal (harta).

Dengan demikian, membayar zakat fitrah menjadi salah satu amalan yang menyempurnakan keislaman seseorang. Di samping itu, membayar zakat fitrah juga menjadi penyempurna ibadah puasa Ramadan yang dilaksanakan selama satu bulan penuh.

2. Menghapus kesalahan

Membayar zakat fitrah pada bulan Ramadan dapat menghapuskan kesalahan-kesalahan seperti berkata kotor, bersuta, hasad dan dengki yang dilakukan baik disengaja ataupun tidak. Dalam ayat Al-Quran disebutkan bahwa orang yang mendirikan shalat serta menunaikan zakat akan ditutupi dosanya dan dimasukan ke dalam surga. Allah SWT berfirman:

“Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman: Sesungguhnya aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Ku-masukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (QS Al-Maidah: 12)

3. Mendapat pahala terbaik

Membayar zakat fitrah menjadi salah satu amalan yang khusus hanya ada di bulan Ramadan. Semua umat islam diwajibkan membayar zakat untuk menyempurnakan ibadah puasanya selama satu bulan penuh di bulan Ramadan. Membayar zakat menjadi salah satu amalan yang disebutkan memiliki pahala yang besar bagi siapa saja yang melakukannya, hal itu sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT berikut ini:

“Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.” (QS An-Nisa’: 162)

4. Mendapat petunjuk

Orang yang senantiasa membayar zakat fitrah, ia memiliki harapan besar untuk mendapatkan petunjuk dalam menjalankan segala urusannya. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT sebagai berikut.

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS At-Taubah: 18)

5. Menjadikan harta lebih berkah

Zakat fitrah termasuk ke dalam jenis sedekah wajib. Siapa saja umat Islam wajib menjalankan amalan ini baik laki-laki maupun perempuan. Mengeluarkan zakat pada dasarnya menjadi salah satu wasilah yang dapat menjadikan harya berkembang dan semakin banyak.

Seorang muslim tentunya harus memahami bahwasannya membayar zakat lantas tidak menjadikan hartanya berkurang. Sebaliknya, zakat tersebut akan menjadi wasilah berkembang atau bertambahnya harta tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi SAW berikut:

“Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta.” (HR Muslim).

6. Menciptakan kemaslahatan umat

Membayar zakat fitrah menjadi salah satu pilar kemaslahatan umat, yang mana dengan menunaikan kewajiban tersebut dapat menjadi bukti kepedulian terhadap sesama terutama bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Pembayaran zakat fitrah dalam hal ini dapat dijadikan sebagai momen untuk berbagi terhadap sesama sehingga semuanya dapat merayakan hari kemenangan bersama-sama dengan penuh kebahagiaan. Dalam hal ini, kita menyadari bahwa kebahagiaan dan kemenangan muncul disaat kita berbagi dan juga membuat orang lain bahagia.

Dengan zakat fitrah, saudara kita yang berada dalam kondisi sulit akhirnya akan mendapat bantuan sehingga ia juga dapat merayakan hari kemenangan dengan suka cita.

Sahabat itulah beberapa keutamaan zakat fitrah yang dapat sahabat ketahui, pada dasarnya zakat fitrah merupakan amalan wajib bagi setiap Muslim, sahabat dapat membayarnya dengan mengeluarkan sejumlah makanan pokok atau dengan uang. Ketahui cara membayar zakat fitrah lengkap dalam artikel berikut: Cara Membayar Zakat Fitrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *