Manfaat Sedekah Subuh Secara Rutin

You are currently viewing Manfaat Sedekah Subuh Secara Rutin

Manfaat Sedekah Subuh Secara Rutin – Allah memberikan kesempatan kepada umat islam untuk melakukan ibadah di setiap detik waktu yang dilaluinya. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur setiap detik waktu yang dilaluinya dapat bernilai ibadah, dan bahkan tidurnya pun bahkan bisa menjadi ibadah baginya.

Sejak waktu subuh kesempatan untuk meraih pahala kebaikan sudah sangat terbuka mulai dari mengerjakan shalat subuh, dzikir pagi, tilawah, dan bahkan sedekah di waktu subuh.

Sedekah merupakan salah satu amalan yang banyak memiliki keutamaan. Dengan bersedekah harta pun akan menjadi lebih bersih dan suci.

Sebagai amalan sunnah, ia menjadi pelengkap dari ibadah wajib zakat. Berbeda dengan zakat yang ada batasan waktu dan jumlahnya, sedekah bisa dilakukan dengan jumlah berapa pun dan kapan pun itu.

Manfaat Sedekah Subuh

Sedekah juga baik dilakukan di waktu lapang maupun sempit, namun ternyata ada beberapa keutamaan sedekah jika dilakukan di waktu subuh.

Mengawali pagi hari dengan sedekah subuh tentu memberikan banyak dampak baik bagi diri kita, baik secara lahir maupun batin. Berikut adalah beberapa manfaat sedekah subuh yang dilakukan secara rutin.

Mendapatkan Doa dari Malaikat

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”  (HR Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits diatas, kita dapat mengetahui bahwa di waktu subuh malaikat datang dan berdoa kepada Allah untuk memberikan pahala dan memberikan ganti kepada orang yang menunaikan sedekah di subuh hari.

Dengan demikian, kesempatan subuh ini jangan sampai terlewatkan begitu saja, mari manfaatkan dan raih pahala terbaik di pagi hari sebelum menunaikan aktivitas lainnya.

Dihapuskannya dosa

Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi bahwa sedekah dapat menghapus dosa seperti halnya air memadamkan api. Dengan demikian, sedekah merupakan amalan yang harus kita lakukan dengan ikhlas dan istiqamah setiap waktu termasuk waktu subuh.

Menolak Bala

Sedekah juga menjadi jalan untuk menghindari bala dan marabahaya. Dengan merutinkan sedekah subuh, maka hal tersebut dapat menjadi jalan kita untuk memohon kepada Allah agar dihindarkan dari segala musibah dan bencana. Sebagaimana apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya berikut ini.

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR Tirmidzi)

Dilipatganakan harta dan pahala

Allah SWT berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

Berdasarkan ayat diatas, Allah menghendaki pahala dan harta yang berlipatganda bagi orang yang menunaikan sedekah, bahkan dengan jalan yang tidak disangka-sangka.

Dengan demikian, sedekah tidak menjadikan siapapun miskin, bahkan sebaliknya Allah akan membukakan pintu-pintu rezeki bagi orang yang istiqamah sedekah setiap waktu termasuk di waktu subuh.

Cara-cara Sedekah Subuh

Manfaat Sedekah Subuh

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk sedekah subuh diantaranya sebagai berikut.

1. Mengisi Kotak Amal di Mesjid

Selepas menunaikan shalat Subuh, sahabat dapat memanfaatkan kesempatan untuk menunaikan sedekah subuh dengan cara menyisihkan sedikit uang untuk mengisi kotak amal di mesjid.

Adapun bagi wanita yang tidak menunaikan shalat subuh di mesjid dapat menitipkan sedekah subuhnya ke suami, kakak, adik, atau anak yang pergi ke mesjid. Selain itu, dapat juga membuat celengan sedekah subuh sendiri di rumah yang kemudian dapat disalurkan setelah celengan penuh.

2. Berbagi dengan orang disekitar

Selain di mesjid kamu juga dapat menunaikan sedekah subuh kepada orang yang berada di sekitarmu, utamanya mereka yang membutuhkan.

Misalnya dengan memberi makanan, sembako, atau uang tunaikan kepada saudara kita yang sedang sakit, kekurangan ekonomi, anak yatimm, dan lain sebagainya.

3. Berdonasi secara online

Donasi online menjadi salah satu kemudahan yang dapat kamu manfaatkan untuk menunaikan sedekah subuh.

Melalui ponsel yang berada di genggamanmu, kamu dapat menunaikan sedekah subuh dan meraih ragam pahala dan keutamaannya.

Baca Juga: Cara Memulai Kebiasaan Sedekah Subuh

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur menyediakan layanan sedekah/donasi online bagi siapa saja untuk memudahkan sedekah termasuk sedekah subuh.

Dana yang terhimpun dari sedekah subuh yang sahabat tunaikan, baik di masjid ataupun secara online ke lembaga pengelola ZIS terpercaya nantinya akan disalurkan kepada orang yang membutuhkan, perbaikan dan pengembangan fasilitas umum, ataupun keperluan pemberdayaan sosial lainnya.

Yuk tunaikan sedekah subuhmu sekarang juga di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan mengakses tautan berikut ini.

https://indonesiaberbagi.id/donasi/

Share on Whatsapp

Leave a Reply