Langganan Berita

Silahkan isi data anda untuk kita kirimkan update berita terbaru

Edit Content
sedekah subuh bagi perempuan

Cara Sedekah Subuh Bagi Perempuan Tanpa Keluar Rumah

Table of Contents

Indonesiaberbagi.id – Sedekah subuh merupakan salah satu amalan sedekah yang dilakukan pada waktu Subuh hingga matahari terbit. Amalan ini dapat dikerjakan oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan, termasuk di dalamnya perempuan yang sedang dalam masa haid.

Bagi perempuan, sedekah menjadi salah satu amalan yang dianjurkan oleh Nabi SAW dalam hadits nabi yang berisi tentang fitnah perempuan beserta anjuran baginya untuk memperbanyak sedekah. Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai wanita, bersedekahlah dan perbanyaklah beristighfar (mohon ampun kepada Allâh) karena sungguh aku melihat kalian sebagai penghuni neraka yang paling banyak.”

Pada dasarnya, neraka akan dihuni oleh siapa saja (laki-laki maupun perempuan) sesuai dengan amal dan perbuatannya. Namun, dalam hadits di atas Rasulullah mewanti-wanti pada kaum perempuan agar memperbanyak sedekah dan istighfar agar selamat dunia dan akhirat.

Dengan mengerjakan sedekah subuh di pagi hari, seorang perempuan telah berperan dalam membantu orang yang membutuhkan serta memperluas pahala kebaikan.

Bolehkah Sedekah Subuh Bagi Perempuan yang Sedang Haid?

Saat perempuan sedang berada dalam masa haid, terdapat banyak amalan atau ibadah yang dapat dikerjakan termasuk sedekah subuh. Sedekah subuh bagi perempuan haid dapat dilakukan dari rumah baik dengan cara memberi makan kepada orang yang membutuhkan ataupun melakukan donasi online pada waktu tersebut.

Berkaitan dengan kebolehan perempyan yang sedang haid dalam bersedekah, ditinjau dari syarat dan hukumnya, tidak ada larangan bagi orang yang sedang berhadas besar untuk mengamalkan sedekah. Artinya seorang perempuan yang sedang berada dalam masa haid diperbolehkan untuk menunaikan sedekah subuh.

Cara Sedekah Subuh Bagi Perempuan Tanpa Keluar Rumah

Bagi seorang laki-laki, sedekah subuh dapat dilaksanakan ketika pergi ke masjid untuk shalat subuh berjamaah. Adapun bagi perempuan, baik yang berada dalam kondisi suci atau pun dalam kondisi haid, dapat menunaikan sedekah subuhnya dari rumah. Nah, berikut adalah cara sedekah subuh bagi perempuan tanpa harus keluar dari rumah.

1. Membuat Celengan Sedekah Subuh

Celengan sedekah subuh dapat dijadikan sebagai sarana untuk membiasakan diri dan istiqamah dalam menunaikan sedekah subuh. Celengan tersebut dapat disimpan di rumah kemudian diisi di setiap waktu subuh. Setelah beberapa hari/pekan, dana yang terkumpul dapat disalurkan kepada orang yang membutuhkan atau lembaga terdekat.

2. Memberi sarapan kepada orang yang membutuhkan

Selanjutnya, bagi seorang perempuan ia dapat memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan. Baik ke panti asuhan ataupun orang-orang lain yang membutuhkan. Dalam hal ini, memberi makan kepada orang yang membutuhkan atau panti asuhan dapat dilakukan dengan memberikannya secara lansgung atau menggunakan jasa ojek online.

3. Menunaikan donasi online

Cara sedekah subuh tanpa keluar rumah berikutnya adalah menunaikan donasi online melalui telepon genggam. Cari lembaga platform sedekah online terpercaya dan tunaikan donasi sedekah subuh mu cukup dari rumah.

Platform Donasi Online Indonesia Berbagi

Indonesia Berbagi merupakan salah satu platform sedekah online terpercaya yang dikelola oleh Yayasan Rahmatan Lilalamin Jakarta Timur. Bagi sahabat perempuan, Indonesia Berbagi dapat dijadikan pilihan untuk menunaikan sedekah subuh tanpa harus keluar rumah.

Sedekah sahabat kemudian akan kami salurkan kepada anak yatim, kaum dhuafa, serta orang lainnya yang membutuhkan uluran tangan, baik secara personal maupun kelembagaan. Disamping itu, dalam penyaluran sedekah yang sahabat diberikan, kami mengemasnya dengan berbagai program pemberdayaan sehingga sedekah yang diberikan akan mendatangkan banyak manfaat bagi penerimanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *