TIGA KEUTAMAAN MENYANTUNI ANAK YATIM

You are currently viewing TIGA KEUTAMAAN MENYANTUNI ANAK YATIM

Yayasan Anak Yatim di Jakarta – Sahabat, Para anak yatim di mata Allah adalah anak yang mulia dan menjadi salah satu pemicu datangnya kebahagiaan bagi siapa saja yang mengurusi serta memperlakukannya dengan baik. Adanya anak yatim ditengah kita menjadi salah satu ladang amal kebaikan yang dapat kita raih guna mengumpulkan bekal untuk kehidupan di alam akhirat kelak.

Sangat beruntung bagi mereka yang gemar berbagi dan selalu memperlakukan anak yatim dengan baik. Rasulullah SAW akan mencintai siapa saja umatnya yang gemar berbagi kepada anak yatim. Nabi SAW bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim, di syurga seperti ini “Beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya.”

Yayasan Anak Yatim di Jakarta
Yayasan Anak Yatim di Jakarta

Masyaallah, berada dekat bersama rasulullah di surga merupakan impian umat muslim diseluruh muka bumi ini. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang yang diberi kesempatan untuk terus menunaikan kebaikan, dalam hal ini menyantuni dan menyayangi anak yatim.

Sahabat, dengan sifat rahmat dan kasih sayang-Nya, Allah Ta’ala pada dasarnya selalu memberikan kemudahan kepada hamba-Nya melalui berbagai jalan agar hamba-Nya selalu berbuat kebaikan. Salah satunya adalah dengan memberikan jalan kepada kita untuk senantiasa berlaku baik dan menyayangi anak yang menjadi tanggungan bagi umat muslim yakni para yatim.

Menyayangi dan gemar berbagi kepada anak yatim merupakan salah satu perbuatan yang terpuji disisi-Nya. Lebih dari itu, menyayangi anak yatim dalam hal ini menanggungi kebutuhan hidup dan pendidikannya merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan.

Dalam firman-Nya, Allah Ta’ala secara tegas mengatakan bahwa anak yatim adalah seorang anak yang harus dikasihi, dipelihara dan di perhatikan segala kebutuhannya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah ” memperbaiki keadaan mereka adalah baik.” (QS. Al-Baqarah : 220).

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Setiap amal kebaikan yang dikerjakan pasti memiliki keutamaan tersendiri termasuk menyantuni anak yatim. Berikut adalah tiga keutamaan menyantuni anak-anak yatim.

Yayasan Anak Yatim di Jakarta

1. Melembutkan Hati

Salah satu hal yang bisa dilakukan agar mampu lebih bersyukur atas kehidupan yang dijalani saat ini ialah dengan cara melihat kebesaran-Nya serta melihat ke bawah. Banyak sekali diantara kita yang Allah uji dengan ujian-Nya, dan kita sendiri akan mampu lebih bersyukur ketika tidak diberikan ujian oleh Allah sesuatu hal yang tidak kita inginkan.

Dengan melihat dan berbagi bersama anak yatim, kita sendiri akan merasakan betapa sedihnya kehilangan seorang idola pertama yakni seorang ayah dalam hidup. Hal itu dapat menjadikan diri ini lebih bersyukur serta terhindari dari berbagai hal yang dapat mengeraskan hati seperti kikir, iri, dengki, tamak dan penyakit hati lainnya. Allah juga akan mencukupkan rezeki orang-orang yang gemar berbagi kepada anak-anak yatim.

2. Mendapat Syafaat Rasulullah

Orang yang mencintai anak yatim akan mendapatkan keistimewaan sendiri dari Rasulullah. Ia akan menjadi orang yang beruntung karena kelak akan memiliki kesempatan untuk dekat bersama rasulullah seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah.

Rumah yang didalamnya terdapat anak yatim juga menjadi rumah yang terbaik. Rasulullah SAW bersabda :“Rumah terbaik di antara umat Islam adalah rumah di mana seorang yatim piatu dirawat dengan baik, dan rumah terburuk di antara umat Islam adalah rumah di mana seorang yatim piatu diperlakukan dengan buruk.”

3. Memperoleh kebaikan dunia dan akhirat

Bagi siapa saja saja orang yang beriman lalu ia berbuat amal kebaikan maka Allah akan memberikan rahmat-Nya, begiti pula bagi mereka yang membantu orang lain maka Allah akan membantu segala urusannya. Menyayangi dan berbagi kepada anak yatim termasuk perbuatan baik dan dicintai Allah. Dengan demikian, siapa saja yang melakukannya maka Allah akan memperbaiki kehidupannya baik di dunia dan akhirat.

Yuk Bahagiakan Yatim

Yayasan Anak Yatim di Jakarta

Sahabat, memperlakukan anak-anak yatim dengan perlakuan yang baik, menolong dan menjamin kebutuhannya merupakan ibadah yang dapat mendatangkan pertolongan Allah. Sebagaimana sabda Nabi SAW berikut ini “Barang siapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di dunia dan akhirat.”

Yuk kita bahagiakan mereka dan bantu meraih cita-citanya dimasa yang akan datang dengan cara menyisijkan sebagian harta yang kita miliki. Semoga harta yang kita sisihkan menjadi kebahagiaan untuk mereka. Klik tautan dibawah ini untuk memberikan donasi terbaikmu.

https://indonesiaberbagi.id/donasi

Share on Whatsapp

Leave a Reply