7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir, Apa Saja?

You are currently viewing 7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir, Apa Saja?

Diantara banyaknya banyaknya jenis amal kebaikan, ada tujuh amalan yang pahalanya terus mengalir. Meskipun seorang pelakunya telah meninggal dunia, pahala kebaikan dari amalan tersebut terus mengalir kepadanya.


Indonesiaberbagi.id – Salah satu tujuan penciptaan manusia di muka bumi ini ialah agar beribadah kepada Allah. Di mana ibadah tersebut menjadi salah satu tanda ketaatan seorang hamba kepada Allah Ta’ala.

Tentunya, setiap amal kebaikan atau ibadah yang dikerjakan oleh seorang Muslim akan di balas oleh Allah dengan pahala kebaikan. Pahala kebaikan tersebut akan menjadi pemberat timbangan kebaikan di hari perhitungan kelak.

Di antara banyaknya amal kebaikan, amal ibadah yang pahalanya berhenti bersamaan dengan selesainya amal tersebut dilakukan. Selain itu, ada juga ibadah atau amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun amalan tersebut telah selesai dilaksanakan bahkan orang yang melakukannya telah meninggal dunia.

Kira-kira apa saja amalan tersebut? Mari simak penjelasannya dalam artikel ini sampai akhir.

Baca Juga: Empat Amalan yang Rezeki Menurut Ibnu Qoyyim

7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir

Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir

Terdapat amal ibadah yang pahalanya akan terus mengalir meskipun amalan tersebut telah selesai dilakukan. Amalan ini disebut dengan amal jariyah, bagi siapa saja yang melakukannya malaikat akan terus mencatatan pahala kebaikan untuk orang yang melakukannya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyebut ada tujuh amalan yang pahalanya terus mengalir. Amalan tersebut merupakan amalan yang manfaatnya tak hanya dirasakan oleh pelakunya saja, melainkan orang lain juga turut mendapatkan manfaatnya.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ada tujuh amalan yang akan mengalir pahalanya bagi seorang hamba, meskipun ia berbaring di lubang kuburan setelah meninggal: (1) mengajarkan ilmu, (2) mengalirkan air sungai, (3) membuat sumur, (4) menanam kurma, (5) membangun masjid, (6) membagikan mushaf Al-Qur’an, atau (7) meninggalkan anak yang akan memintakan ampun baginya setelah ia meninggal. “ (HR. Al-Bazzar. Dinilai hasan oleh Al-Albani)

Selengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun pelakunya telah meninggal dunia.

1. Mengajarkan Ilmu

Mengajarkan ilmu disini ialah mengajarkan ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu yang dapat menjadikan seseorang memahami ilmu agama, mengenal Rabbnya, dan melaksanakan amal shaleh. Selain itu, ilmu yang bermanfaat juga dapat dipahami sebagai sebuah karya yang bermanfaat bagi orang lain serta mampu mempermudahnya dalam melakukan sesuatu.

Baca Juga: Sejumlah Amalan yang Dapat Dikerjakan Pada Hari Jumat

2. Mengalirkan air sungai

Mengalirkan air sungai disini dapat dipahami juga dengan mengalirkan air dari mata air atau sungai ke tempat-tempat penduduk sehingga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti masak, bersuci, menyiram tanaman, dan bahkan untuk minum hewan.

3. Membuat Sumur

Selanjutnya, amalan yang pahalannya terus mengalir ialah membuat sumur. Sebagai salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan orang banyak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mulai dari memasak, mencuci hingga bersuci, membuat sumur dan dimanfaatkan oleh orang banyak akan menjadi amalan yang pahalanya terus mengalir.

Selama sumur tersebut dapat dirasakan manfaatnya, pahalanya akan terus mengalir kepada orang yang membuatnya meskipun ia telah meninggal dunia.

Kamu dapat mengaplikasikan amalan ini ke daerah-daerah yang kekurangan air bersih, misalkan daerah pedalaman yang jauh dari aliran sungai dan minim sumur. Yayasan Rahmatan Lil-ALamin Jakarta Timur dalam hal ini mengajak untuk turut berkontribusi dalam pembangunan saluran air dan pembuatan MCK untuk di daerah Jonggol Bogor. Kamu dapat klik link ini untuk memberikan kontribusi terbaikmu.

4. Menanam Pohon Kurma

Pohon kurma merupakan salah satu pohon yang baik, buahnya juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ataupun kesehatan.

Siapa saja yang menanam pohon kurma dan buahnya dapat diambil dan dikonsumsi oleh kaum muslimin, maka pahalanya akan tetap mengalir selama buahnya dimanfaatkamn untuk dikonsumsi.

Hal ini juga berlakuk bagi seluruh jenis tanaman yang apabila ditanam, maka akan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Disebutkannya pohon kurma dalam hadits diatas ialah karena adanya keutamaan dan keistimewaan tersendiri pada pohon kurma.

Baca Juga: 5 Amalan Bulan Muharram yang Harus Dilakukan Seorang Muslim

5. Membangun Mesjid

Membangun mesjid sehingga dapat digunakan oleh orang banyak untuk beribadah merupakan amalan yang pahalanya akan terus mengalir.

Hal itu terjadi ketika mesjid telah dibangun dan salat didirikan didalamnya, Al-Quran dibacakan di dalamnya, dzikrullah dilantunkan, ilmu disyiarkan, dan ibadah lainnya yang dilakukan dalam mesjid, maka bagi orang yang membangunnya akan mendapatkan seluruh pahala tersebut.

6. Membagikan Mushaf Al-Quran

Membagikan mushaf Al-Quran kepada para santri ataupun ke mesjid, pesantren, dan majelis merupakan salah satu amal shalih yang dianjurkan dan pahalanya terus mengalir.

Orang yang membagikannya akan mendapatkan pahala setiap ada orang yang membaca, mentadaburi, dan mengamalkan isi Al-Quran tersebut.

7. Mendidik anak sehingga menjadi anak shaleh

Mendidik anak agar besar dalam keimanan dan ketakwaan sehingga menjadi anak baik dan shaleh merupakan salah satu tugas dari orang tua.

Kelak mereka akan berdoa dan memohon ampunan serta rahmat untuk kedua orang tuanya.

Share on Whatsapp

Leave a Reply