Empat Amalan yang Mendatangkan Rezeki Menurut Ibnu Qayyim

You are currently viewing Empat Amalan yang Mendatangkan Rezeki Menurut Ibnu Qayyim

Ibnu Qayyim rahimahullah menyebutkan ada beberapa amalan yang dapat mendatangkan rezeki antara lain shalat malam, istighfar, sedekah, dan dzikir pagi petang.

Indonesiaberbagi.id – Rezeki setiap orang merupakan ketentuan Allah SWT, dan setiap orang memiliki takaran atau ketentuan yang berbeda-beda.

Kondisi seseorang kadang terus mengalami perubahan, suatu masa berada dalam kesulitan dan suatu masa ia dapat berada dalam kebahagiaan.

Meskipun telah menjadi ketentuan-Nya, setiap orang dianjurkan untuk berikhtiar untuk mendatangkan rezeki, entah dengan bekerja, berdo’a serta mengerjakan amal-amal shaleh lainnya.

Manusia selalu dituntut untuk terus berikhtiar dalam menggapai sesuatu, baik ikhtiar dengan tindakan maupun dengan do’a.

Tindakan tersebut merupakan wujud nyata yang perlu dilakukan untuk mendapatkan atau mendatangkan sesuatu.

Tindakan dan do’a merupakan salah satu upaya yang bisa seseorang kerjakan untuk mendatangkan rezeki. Selain itu ada juga beberapa hal yang bisa dapat menjamin atau mendatangkan rezeki bagi seseorang. Adapun konteks mendatangkan disini bukan berarti memudahkan, melainkan menjadi salah satu sebab datangnya rezeki itu sendiri.

Empat Amalan yang Mendatangkan Rezeki

Selain berikhtiar dengan bekerja dan diiringi dengan memanjatkan doa, seorang Muslim juga dapat melakukan berbagai amalan yang disebut dapat mendatangkan rezeki.

Dalam hal ini, Ibnu Qayyim menyebutkan setidaknya ada empat amalan yang dapat dirutinkan oleh setiap Muslim untuk mendatangkan rezeki dari-Nya..

1. Shalat Malam

Shalat malam atau shalat sunnah Tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh rasulullah SAW, adapun untuk waktu pelaksanaannya shalat tahajud dilaksanakan pada 2/3 malam.

Mendirikan shalat di waktu ini menjadi salah satu amalan yang dapat mendatangkan rezeki bagi yang mengerjakannya.

Selain itu, dalam QS. Al-Isra ayat 79 menyebutkan orang yang melaksanakan sahalat tahajud akan diangkat ketempat yang terpuji. “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” QS. Al- Isra : 79.

Pada waktu 2/3 malam disebutkan sebagai waktu terbaik dan mustajab untuk memanjatkan doa. Doa yang dipanjatkan oleh seorang muslim pada waktu tersebut insyaallah akan lebih dekat untuk dikabulkan.

Menurut Imam Syafii, doa yang dipanjatkan pada waktu tahajud ibaratkan anak panah yang tepat mengenai sasarannya.

2. Banyak Beristighfar di Waktu Sahur

Waktu sahur merupakan waktu yang utama untuk melantunkan kalimat istighar kepada Allah Ta’ala. Allah akan mengabulkan permohonan ampunan hamba-Nya pada waktu tersebut. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi berikut ini.

Pada setiap malam, Allah SWT turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir.  Allah berfirman, “Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan Siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan aku ampu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Membiasakan Diri Bersedekah

Sedekah merupakan amalan yang dapat membuka pintu-pintu rezeki dari berbagai arah. Disaat rezeki terasa sempit dan sukar untuk didapat, Allah SWT telah memberikan jawaban untuk kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini Allah SWT berfirman:

” ..Dan barangsiapa yang sedang disempitkan rezekinya, maka hendaknya ia menafkahkan sebagian rezeki yang Allah berikan padanya”

4. Berdzikir Pagi dan Petang

Dzikir merupakan salah satu amalan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah swt. Dzikir juga bisa dilakukan pada pagi hari maupun petang hari. Banyak keutamaan dari berdzikir salah satunya ialah dapat mendatangkan rezeki.

Adapun salah satu dzikir yang mungkin sangat mudah diamalkan ialah membaca QS. Al-Ikhlas 3 kali di waktu sepertiga malam menjelang shalat subuh, dimana pahalanya seperti membaca Al-Qur’an 30 Juz.

Sahabat, diatas merupakan amalan yang bisa mendatangkan rezeki bagi seorang hamba, semoga kita semua bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan semoga kita juga diberikan rezeki yang melimpah dan diringankan untuk bersedekah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang amalan yang mendatangkan rezeki, semoga bermanfaat dan juga mampu kita aplikasikan serta tebarkan kepada saudara-saudara disekitar kita. Aaamiin

Baca Juga : Zakat Mudahkan Urusan Kita


Tunaikan kebaikan sedekahmu bersama kami dengan mengakses tombol di bawah ini.

Share on Whatsapp

Leave a Reply