Empat Bekal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Ramadhan

You are currently viewing Empat Bekal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Ramadhan
(Foto: Pixabay)

Indonesiaberbagi.id – Ramadhan terasa semakin dekat, terdapat sisa beberapa hari yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan bekal menyambut Ramadhan bagi diri sendiri dan keluarga agar lebih siap dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah di dalamnya.

Mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan merupakan salah satu perkara yang telah dicontohkan oleh Rasulullah beserta para sahabat pada masanya.

Persiapan tersebut dilakukan supaya dapat memaksimalkan diri pada bulan Ramadhan untuk mengerjakan ibadah puasa selama satu bulan penuh beserta rangkaian ibadah lainnya.

Seperti kita ketahui, pada bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Allah swt berfirman dalam QS. Al-Baqarah : 183 sebagai berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa wajib diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS Al Baqarah: 183)

Ramadhan adalah bulan penuh pahala dan ampunan, jika diibaratkan sebagai sebuah sistem Ramadhan terdiri dari tiga bagian, pertama input-nya ialah iman, kedua prosesnya ialah puasa, dan ketiga output-nya ialah taqwa.

Dengan demikian, perlu adanya bekal yang cukup untuk memaksimalkan ketiga hal tersebut. Berikut adalah empat bekal menyambut Ramadhan yang harus dipersiapkan, apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Keimanan

Bekal Menyambut Ramadhan
Tingkatkan iman dengan memperbanyak ibadah dan memaksimalkannya. (Foto: Pixabay)

Beribadah di bulan Ramadhan merupakan sebuah panggilan iman dalam diri kita. Dengan demikian, dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, hal pertama yang harus kita benahi adalah keimanan yang ada dalam diri kita.

Adapun cara untuk membenahi kondisi iman dalam diri kita ialah memperbanyak ibadah kepada Allah Ta’ala dengan menyempurnakan ibadah wajib dan melengkapinya dengan ibadah sunnah, memperbanyak taubat dan istighfar, doa, serta memperbanyak amalan puasa, sedekah dan lain sebagainya.

Iman menjadi bagian terpenting dalam mengerjakan amal bagi seorang Muslim, begitupun dalam mengerjakan berbagai rangkaian ibadah puasa di bulan Ramadhan termasuk ibadah puasa selama satu bulan penuh, semunya harus didasari dengan keimanan.

Bagi siapa saja Muslim yang menjalankan ibadah puasa dengan didasari oleh keimanan, maka dosa-dosanya yang telah berlalu akan Allah ampuni. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR Bukhari dan Muslim)

2. Keikhlasan

Bekal Menyambut Ramadhan
Setiap ibadah yang dikerjakan harus didasari dengan keikhlasan. (Foto: Pixabay)

Ikhlas menjadi kunci diterima atau tidaknya sebuah amal yang dikerjakan oleh seorang Muslim, artinya setiap ibadah yang dikerjakan oleh seorang Muslim harus didasari dengan hati yang ikhlas.

Demikian juga dalam menjalan rangkaian ibadah pada bulan Ramadhan, setiap Muslim harus menjalankannya dengan ikhlas.

Sebelum Ramadhan tiba, sebaiknya kita merenungkan dan terus meluruskan niat kita dalam menjalankan ibadah, yakni dengan mendasarkan semuanya pada keikhlasan semata-masa mengharap keridhaan Allah Ta’ala.

3. Bekal Ilmu

Bekal Menyambut Ramadhan
Ilmu berpengaruh pada kualitas ibadah seorang Muslim. (Foto: Pixabay)

Kualitas ibadah seorang Muslim pada bulan Ramadhan akan sebanding dengan bekal ilmu yang dimilikinya. Semakin tinggi kualitas ilmu yang dimilikinya, maka kualitas ibadahnya pun akan semakin baik.

Sebab itu, orang yang berilmu jauh lebuh baik kualitas ibadahnya walau sedikit dibandingkan dengan orang yang beribadah tanpa ilmu dengan kuantitas yang banyak.

Dengan demikian, bekal ilmu menjelang Ramadhan ini kian penting untuk dipersiapkan. Hal itu karena pada bulan Ramadhan ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan mulai dari puasa wajib selama satu bulan, shalat tarawih, zakat, dan ibadah-ibadah lainnya.

Persiapkanlah bekal ilmu sebaik mungkin, caranya ialah dengan mengikuti pengajian atau majelis, membaca buku tentang ibadah, atau bertanya langsung kepada orang yang lebih ahli (ulama) mengenai ibadah-ibadah di bulan Ramadhan.

Saat seorang muslim beribadah dengan ilmu, selain ia mengerjakannya dengan kualitas yang baik disertai dengan niat yang ikhlas dan keimanan, ia juga dapat mengambil banyak hikmah dari apa yang ia kerjakan.

4. Istiqamah

Bekal Menyambut Ramadhan
Istiqamah merupakan salah satu bekal dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. (Foto: Pixabay)

Istiqamah termasuk ke dalam bagian dari bekal diri untuk menyambut bulan Ramadhan. Pasalnya, tidak sedikit orang yang bersemangat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan hanya di awal bulan saja.

Namun, setelah beberapa hari menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, semangat tersebut perlahan redup dan bahkan berubah jadi malas atau tidak sempat sama sekali.

Cara yang bisa dilakukan agar mampu istiqamah dalam menjalankan berbagai rangkaian ibadah di bulan Ramadhan ialah dengan membiasakan diri dalam menjalankan ibadah puasa sunnah, shalat malam, sedekah, tilawah, dan beberapa ibadah lainnya.

Baca Juga: Sejumlah Amalan yang Dianjurkan Pada Hari Jumat

Ketika seseorang mampu istiqamah mengerjakan berbagai ibadah di bulan Ramadhan, besar kemungkinan ia juga akan menjalankan seluruh rangkaian ibadah yang dijalankannya setelah Ramadhan berakhir pada bulan-bulan berikutnya.

Sahabat, demikianlah empat bekal yang harus kamu persiapkan dalam menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan agar bisa maksimal. Semoga kita semua disampaikan pada bulan yang kita rindukan tersebut dan mampu mengisinya dengan berbagai ibadah secara maksimal.

Ramadhan ini saatnya berbagi kembali, yuk berbagi di bulan Ramadhan bersama kami di https://ramadhanberbagi.id/.

Share on Whatsapp

Leave a Reply