Ingin Berqurban? Yuk Kenali Ciri Hewan Qurban yang Sehat

Ingin Berqurban? Yuk Kenali Ciri Hewan Qurban yang Sehat

Ciri Hewan Qurban Sehat – Ibadah qurban merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh umat islam di berbagai penjuru dunia. Adanya penyelenggaran ibadah qurban yang digelar setiap tahun menjadi asal muasal banyaknya penyedia hewan ternak menyediakan hewan qurban.

Dalam pelaksanaannya, ibadah qurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan dan kemudian bagi-bagi daging. Akan tetapi ada makna yang paling penting dalam pelaksanaan qurban yaitu sebagai simbol tersembelihnya keangkuhan, kerakusan, ketamakan serta segala sifat buruk yang terdapat dalam diri manusia.

Qurban ini juga ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah serta menguji ketaqwaan hamba-hamba-Nya. Adapun hewan ternak yang dapat dijadikan sebagai hewan qurban ialah sapi, unta, kambing ataupun domba yang mencapai batas usia minimal serta sehat dan tidak cacat.

Bagi sahabat yang ingin membeli hewan untuk qurban ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain menyiapkan dana yang cukup untuk membeli hewan qurban terbaik, sahabat juga sangat perlu untuk mempersiapkan ilmu dalam menunaikan ibadah qurban di hari raya Idul Adha. Hal itu dilakukan agar sahabat bisa memilih hewan qurban yang berada dalam kondisi sehat dan prima agar menjadi qurban terbaik.

Hewan qurban bukanlah sembarang hewan yang dapat disembelih di hari raya Idul Adha, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi seperti usianya yang harus mencapai usia minimal serta kesehatan dari hewan itu sendiri. Berikut adalah ciri hewan yang sehat dan dapat dijadikan sebagai hewan qurban.

1. Bulunya bersih

Sebelum membeli hewan qurban yang sesuai dengan kriteria, pastika terlebih bahwa bulu hewan tersebut bersih dan tidak berdiri. Sebab, bulu hewan yang berdiri bisa menjadi salah satu ciri hewannya cacingan.

2. Lincah dan tidak cacat

Pastikan hewan yang sahabat pilih lincah dan tidak cacar, baik  buta matanya ataupun kecacatan lainnya yang nampak terlihat.

3. Memiliki nafsu makan yang baik

Pada umumnya, hewan yang sehat adalah hewan yang memiliki nafsu makan yang baik. Pastikan hewan qurban pilihanmu memiliki nafsu makan yang baik.

4. Memiliki suhu tubuh yang normal

Suhu badan hewan yang normal ialah 37 derajat celcius. pastikan hewan qurban yang akan anda beli suhu tubuhnya.

5. Gemuk dan tidak kurus kering

Hewan yang kurus selain menjadi tanda tidak sehatnya hewan tersebut juga menjadikan tidak sahnya qurban seseorang. Pastikan hewan pilihanmu adalah hewan yang gemuk dan montok. Berqurban dengan hewan yang gemuk merupakan salah satu sunnah dari ibadah qurban.

Harga Hewan Qurban Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Dalam upaya merealisasikan ibadah qurban para dermawan dan umat islam pada umumnya, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin bekerja sama dengan peternak untuk menyediakan hewan qurban tahun ini. Adapun harga yang tersedia sangat terjangkau dan hewan qurban yang tersedia adalah hewan yang berkualitas, sehat dan tidak cacat. Berikut adalah harga hewan qurban yang harus kamu ketahui.

1. Harga Kambing atau Domba

Baca Juga : Meraih Takwa Melalui Ibadah Qurban

2. Harga Sapi Qurban

Harga Hewan Qurban | Ciri Hewan Qurban Sehat

3. Harga Sapi Qurban 1/7

Harga Hewan Qurban | Ciri Hewan Qurban Sehat

Menunaikan ibadah qurban pasti memerlukan harta. Setiap harta yang kita keluarkan untuk ibadah tentunya akan Allah balas dengan balasan yang berlipat ganda. Terlebih jika harta yang dikeluarkan tersebut didapatkan lewat ikhtiar dan kerja keras yang halal.

Yuk tebar kebaikan di hari raya Idul Adha dengan berqurban. Sahabat bisa menunaikan qurban terbaiknya di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan cara mengakses link dibawah ini.

https://indonesiaberbagi.id/program/qurban

Share on Whatsapp

Leave a Reply