Jangan Biarkan Ramadhan Pergi Begitu Saja

You are currently viewing Jangan Biarkan Ramadhan Pergi Begitu Saja

Jangan Biarkan Ramadhan Berlalu – Alhamdulillah kita semua disampaikan umur dan diberikan kesempatan untuk beribadah di bulan Ramadhan. Semoga kita semua dapat memaksimalkan ibadah di bulan ini semaksimal mungkin. Semoga juga seluruh target ibadah kita di bulan ini tercapai.

Sahabat, Allah menciptakan waktu termasuk bulan Ramadhan salah satu tujuannya ialah agar manusia mengisinya dengan berbagai amal shaleh dan sadar bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara. Bila waktu itu tak dimanfaatkan dengan hal yang berguna dalam hal ini amal-amal shaleh, betapa meruginya diri kita.

Jangan Biarkan Ramadhan Berlalu
Ramadhan merupakan momen untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya

Betapa sayangnya jika waktu yang terbatas dan berharga malah diisi dengan hal yang sia-sia atau melakukan sesuatu yang dilarang. Terlebih ketika waktu itu disebut sebagai waktu yang istimewa oleh Allah dan Rasulnya dibanding waktu-waktu lainnya karena amal shaleh yang dikerjakan di dalamnya bernilai pahala yang besar.

Sahabat, Ramadhan adalah waktu yang istimewa. Meskipun pada hakikatnya semua waktu istimewa karena kapanpun dan dimanapun amal shaleh dapat dikerjakan. Akan tetapi, Ramadhan berbeda dengan yang lainnya, karena didalamnya terdapat kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh. Dan tentunya kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh tidak ada pada bulan-bulan lainnya.

Kewajiban puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun islam. Artinya keislaman seseorang belum sempurna ketika ia tidak menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan. Disamping itu, Allah juga memberikan keringanan kepada orang sakit, wanita hamil atau menyusui, wanita haid dan nifas, orang tua renta, anak kecil yang belum balig dan orang-orang yang sedang berada dalam perjalanan untuk tidak berpuasa.

Pada bulan ini Allah memberi pahala lebih banyak dibanding pada bulan-bulan sebelumnya. Sebaliknya, orang yang berbuat jahat atau maksiat, maka dosanya juga akan jauh lebih banyak dan berlipat ganda. Untuk itu Jangan biarkan ramadhan berlalu begitu saja, mari kita isi dengan berbagai amal shaleh dan bermanfaat.

Agar Ramadhan Tidak Berlalu Begitu Saja

Ramadhan adalah  bulan yang indah, penuh kasih sayang dan kebersamaan. Banyak sekali pemandangan yang hanya dijumpai di bulan Ramadhan. Seperti aktivitas berbagi takjil baik itu dijalan ataupun dimesjid, santunan anak yatim, buka bersama, ramainya masjid oleh orang yang beritikaf dan lain sebagainya.

Berbuat kebaikan di bulan Ramadhan tentunya memiliki manfaat yang banyak. Untuk itu, sahabat bisa melakukan hal-hal berikut sebagai bentuk aktivitas berbagi di bulan Ramadhan agar Ramadhan kita tidak berlalu tanpa meninggalkan banyak pahala.

1. Membantu Sesama Muslim Berpuasa dengan Tenang

Berbagi bersama orang yang membutuhkan

Bagi sebagian kita yang memang hidup dalam keadaan ekonomi yang bagus, menjalankan ibadah puasa bukanlah hal yang sulit. Bahkan sebaliknya, di bulan Ramadhan ini menjadi spesial dengan menyajikan hidangan menu sahur dan berbuka puasa yang spesial dari pada hari-hari biasanya.

Namun, bagi sebagian masyarakat dengan perekonomian yang kurang bagus. Kadang, untuk sahur atau berbuka saja mereka kebingungan, apakah bisa makan atau tidak?

Untuk itu, saling berbagi menjadi penting agar semuanya bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyu. Dan berbagi tak selalu harus dengan jumlah yang besar, tapi bisa dimulai dengan nominal atau hal yang sesuai dengan kemampuan kita.

2. Mendapatkan Pahala Seperti Orang yang Berpuasa

Sahabat, percayakah ketika kita memberikan hidangan berbuka puasa kepada saudara kita, teman atau orang lain yang menjalankan ibadah puasa, maka pahalanya seperti orang yang berpuasa. Terlebih jika diberikan kepada mereka yang membutuhkan bantuan.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikit pun mengurangi pahalanya.” (HR. At-Tirmidzi).

3. Membantu Pekerja Menyegerakan Berbuka Puasa

Kewajiban mencari nafkah dan kewajiban beribadah puasa harus dijalani dengan seimbang, artinya jangan sampai ada salah satunya yang ditinggalkan. Hal demikian menjadikan banyak para pekerja yang harus pulang dan menghabiskan waktu di jalan saat adzan magrib berkumandang.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi takjil ataupun menu berbuka puasa bagi para pekerja yang masih berada dalam perjalanan. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka untuk menyegerakan berbuka puasa.  Mengingat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk disegerakan.

Baca Juga : Tabungan Amal Kebaikan

4. Berbagi Bersama Anak Yatim

Berbagi bersama anak-anak yatim menjadi salah satu aktivitas yang tidak kalah istimewa di bulan Ramadhan. Hal tersebut menjadikan yayasan atau panti asuhan menjadi tempat untuk memberikan kebaikan dengan mengadakan agenda buka puasa sekaligus santunan anak yatim.

Jangan Biarkan Ramadhan Berlalu
Santunan Anak Yatim Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Berbagi bersama anak-anak yatim tentunya menjadi sangat bermanfaat baik itu untuk anak-anak yatim maupun bagi orang yang menyantuninya. Dari Abu Umamah, bahwasannya Rasulullah SAW pernah berkata,

“Barang siapa yang mengusap kepala anak yatim laki-laki atau perempuan karena Allah, adalah baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu terdapat banyak kebaikan, dan barang siapa berbuat baik kepada anak yatim perempuan atau laki-laki yang dia asuh, adalah aku bersama dia di surga seperti ini, beliau mensejajarkan dua jarinya.”

Yuk isi Ramadhanmu dengan berbagi terhadap sesama. Sahabat, bisa mendonasikan donasi terbaiknya melalui link donasi ini.

Share on Whatsapp

Leave a Reply