Keutamaan dan Manfaat Wakaf dalam Kehidupan Sehari-hari

You are currently viewing Keutamaan dan Manfaat Wakaf dalam Kehidupan Sehari-hari

Wakaf dapat menumbuhkan jiwa sosial dan memudahkan banyak orang lain dengan luasnya manfaat dari harta yang diwakafkan. Yuk simak keutamaan dan manfaat wakaf dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.


Indonesiaberbagi.id – Tujuan diciptakan manusia di muka bumi adalah semata-mata untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

Wakaf adalah salah satu jenis ibadah maliyah yang lebih banyak dilakukan menggunakan sarana harta atau ibadah yang diwujudkan dengan cara melakukan sebuah pemberian harta.

Dari sisi pengertiannya secara bahasa, wakaf berasal dari Bahasa Arab yang memiliki arti penahanan atau larangan atau menyebabkan sesuatu berhenti.

Kemudian, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wakaf adalah benda bergerak maupun tidak bergerak yang digunakan untuk kepentingan umum sebagai pemberian yang ikhlas. Singkatnya, wakaf adalah hadiah atau pemberian yang bersifat suci.

Keutamaan Wakaf

Manfaat Wakaf

Wakaf merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh setiap muslim guna memberikan kebermanfaatan yang luas bagi masyarakat pada umumnya.

Berikut adalah beberapa keutamaan wakaf dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pahalanya Terus Mengalir

Karena manfaatnya yang luas dan tanpa batas waktu, wakaf juga disebut sebagai sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir sekalipun orang yang berwakaf (wakif) telah meninggal dunia. Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR Muslim).

2. Harta Benda yang Diwakafkan Tetap Utuh Terpelihara

Wakaf menjadikan harta atau benda yang diwakafkan menjadi utuh dan terpelihara, ia tidak bisa hilang atau berpindah tangan. Hal itu dikarenakan prinsip wakaf melarang harta atau benda wakaf untuk ditasarrufkan (dijuak, dihibahkan, atau diwariskan).

3. Manfaatnya Terus Dirasakan Oleh Orang Banyak

Harta wakaf akan terpelihara dan utuh sehingga manfaatnya akan terus dirasakan oleh banyak orang. Adapun materi yang diambil dari harta wakaf ialah hanya manfaatnya saja, sementara itu harta yang diwakafkan tetap utuh dan kekal.

4. Menebar Kebaikan dan Meringankan Beban Orang Lain

Harta yang diwakafkan pada umumnya dapat diambil manfaatnya oleh siapa saja yang membutuhkan termasuk fakir miskin, anak yatim, janda, orang yang tidak punya pekerjaan, para pejuang di jalan Allah, pengajar, penuntut ilmu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis Wakaf yang Perlu Diketahui

Manfaat Wakaf

Manfaat Wakaf

1. Menyadari Bahwa Harta di Dunia Hanyalah Sebatas Titipan

Wakaf menjadi amalan yang dapat menyadarkan umat Muslim bahwa harta yang dimiliki saat ini hanyalah sebatas titipan. Namun demikian, melalui harta tersebut kita dapat menjadikannya sebagai wasilah untuk bekal pada kehidupan akhirat kelak.

Dengan demikian, kita diharuskan bijak dalam memanfaatkan dan mengelola harta, salah satunya ialah dengan menunaikan sebagiannya untuk diwakafkan. Sebab, wakaf menjadi satu amalan yang pahalanya akan mengalir terus.

2. Mendorong Pembangunan di Tengah Masyarakat

Manfaat wakaf berikutnya ialah dapat menjadi pendorong dalam pembangunan di tengah masyarakat. Mulai dari pembangunan sumber daya manusia dengan adanya wakaf pembangunan sekolah, pesantren dan sarana pendidikan lainnya, hingga pembangunan ekonomi dengan adanya wakaf pembangunan jalan atau jembatan.

3. Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Selanjutnya, manfaat wakaf ialah dapat mningkatkan rasa persaudaraan diantara umat Islam. Hal itu karena wakaf akan menjadi jalan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain sehingga dengannya akan terbangun rasa persaudaraan di antara wakif dan penerima manfaat wakaf tersebut.

4. Menumbuhkan Jiwa Sosial dan Saling Membantu Sesama

Manfaat wakaf dalam kehidupan juga dapat menumbuhkan jiwa sosial dalam diri seseorang. Seorang wakfi dapat membantu meringankan atau mempermudah orang lain dalam melakukan aktivitas ibadah, belajar, ataupun aktivitas lainnya.

Misalkan, dengan adanya wakaf pembangunan sekolah di pelosok daerah, para penerima manfaat dapat lebih mudah untuk mengakses pendidikan yang layak.

5. Mendorong Kesejahteraan Umat

Harta dan benda yang diwakafkan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum dapat menjadi pendorong terciptanya kesejahteraan sosial, terutama bagi penerima manfaat.

Dalam hal ini, dengan adanya wakaf masyarakat yang kurang mampu akan merasakan manfaat dengan menikmati sarana publik yang mungkin sebelumnya sulit untuk mereka akses.

Baca Juga: Syarat dan Rukun Wakaf yang Wajib Diketahui, Apa Saja?

6. Mendukung Sarana Ibadah dan Aktivitas Sosial

Manfaat wakaf berikutnya ialah dapat membantu masyarakat mendapatkan sarana ibadah dan fasilitas lainnya yang lebih baik. Hal itu dapat terwujud melalui program wakaf pembangunan Masjid, Madrasah, pondok pesantren, rumah belajar, ataupun sekolah gratis yang nantinya dapat dijadikan sebagai sarana dakwah dan pendidikan Islam serta pelayanan umat lainnya.

Referensi:

https://almanhaj.or.id/3035-keutamaan-waqaf.html

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/07/hikmah-wakaf

Share on Whatsapp

Leave a Reply