Syarat dan Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah

You are currently viewing Syarat dan Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah
(Foto: Canva)

Indonesiaberbagi.id – Zakat fitrah merupakan salah satu jenis zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadhan dengan syarat harus mampu dan memenuhi syarat lainnya yang telah ditetapkan. Pelaksanaan zakat fitrah hanya dilakukan pada bulan Ramadan sehingga mengharuskan setiap muslim untuk mengetahui syarat dan waktu mengeluarkan zakat fitrah.

Syarat dan waktu mengeluarkan zakat fitrah ini telah ditetapkan agar umat islam mampu melaksanakannya dengan tepat sehingga para mustahik mampu merasakannya juga di waktu yang tepat.

Anjuran untuk mengeluarkan zakat fitrah sendiri memiliki tujuan untuk memberdayakan para mustahik agar mereka mampu merasakan kebahagiaan di hari raya Idul Fitri sebagaimana kebahagiaan yang dirasakan oleh orang lain pada umumnya.

Selanjutnya, zakat fitrah juga disebutkan dapat mensucikan diri seorang muslim yang menunaikannya dengan menghilangkan sifat kikir dan serakah dalam dirinya. Disamping itu, zakat juga mampu menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat serta menumbuhkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh-Nya.

Syarat Wajib Zakat Fitrah

Syarat dan Waktu Zakat Fitrah
(Foto: Canva)

Sebagai ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh seorang muslim, hendaknya seorang muslim mengetahui dan memahami terlebih dahulu syarat mengeluarkan zakat fitrah. Dikutip dari zakat.or.id berikut adalah beberapa syarat mengeluarkan zakat fitrah.

1. Islam dan Merdeka

2. Menemui dua waktu yaitu diantara bulan Ramadhan dan Syawal walaupun hanya sesaat.

3. Mempunyai harta yang lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari untuk dirinya dan orang-orang yang berada di bawah tanggungannya pada hari raya dan malamnya.

Ketiga syarat diatas merupakan syarat wajib bagi orang yang memiliki kewajiban zakat fitrah. Selanjutnya, ada juga beberapa syarat tidak wajib zakat fitrah yang terdiri dari.

1. Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadhan.

2. Anak yang lahir selepas terbenam matahari pada akhir Ramadhan.

3. Orang yang baru memeluk agama Islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

4. Tanggungan istri yang baru saja dinikahi selepas matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

Waktu yang Tepat Mengeluarkan Zakat Fitrah

Syarat dan Waktu Zakat Fitrah
(Foto: Canva)

Setelah mengetahui syarat-syarat mengeluarkan zakat fitrah, ada baiknya kamu juga mengetahi beberapa waktu mengeluarkan Zakat agar kamu mampu mengeluarkannya di waktu yang tepat.

Mengetahui waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat fitrah menjadi penting sebab jika terlewat dari waktu yang ditentukan, waktu tersebut menjadi waktu yang haram untuk mengeluarkan zakat fitrah.

Lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa waktu yang tepat untuk mengeluarkan Zakat Fitrah.

1. Waktu jawaz/harus

Waktu ini merupakan waktu untuk menunaikan zakat fitrah yang sering dilakukan oleh umat Islam. Pada waktu ini, rentang waktunya cukup panjang yakni semenjak awal masuk Ramadhan sampai sebelum shalat Idul Fitri.

2. Waktu wajib

Waktu wajib untuk mengeluarkan zakat fitrah ialah setelah matahari terbenam pada akhir bulan Ramadhan.

3. Waktu afdhal

Waktu yang paling utama atau waktu afdhal untuk mengeluarkan zakat fitrah ialah setelah shalat subuh sebelum shalat Idul Fitri. Mengingat waktunya cukup sempit, umat Islam dianjurkan untuk sangat berhati-hati jika berniat membayar zakat fitrah di waktu ini.

4. Waktu makruh

Waktu makruh untuk mengeluarkan zakat fitrah ialah setelag shalat Idul Fitri hingga sebelum matahari terbenam pada tanggal 1 Syawal.

5. Waktu haram

Pembayaran zakat fitrah dihukumi haram jika dilakukan setelah matahari terbenam pada tanggal 1 Syawal.

Demikianlah, syarat dan waktu mengeluarkan zakat fitrah yang harus kamu ketahui. Yuk tunaikan zakat fitrahmu bersama kami di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan mengakses situs https://indonesiaberbagi.id/donasi/donasi-zakat/.

Share on Whatsapp

Leave a Reply